Jenis Sayuran yang Bagus Untuk Ibu Hamil agar Selalu Bugar

Jenis Sayuran yang Bagus Untuk Ibu Hamil agar Selalu Bugar

kehamilan. Makanan tersebut bukan hanya demi memenuhi asupan nutrisi ibu hamil saja, tetapi juga dibutuhkan guna mendukung tumbuh kembang janin. 

Sejumlah kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi seperti sayuran yang bagus untuk ibu hamil, protein, kalsium, dan zat besi. Kebutuhan nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari berbagai makanan. Oleh sebab itu, penting untuk ibu hamil mengetahui jenis sayuran yang bagus seperti berikut. 

Pilihan Sayur Sehat untuk Ibu Hamil 

Supaya mendapatkan manfaat sayur secara maksimal, pilih jenis sayur yang segar dan bersih seperti: 

1. Brokoli 

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil yang sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Sayur yang satu ini memiliki banyak serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalsium yang bagus untuk kebugaran ibu hamil. 

Dengan mengkonsumsi brokoli juga dianggap bisa mencegah sembelit dan mengurangi resiko terjadinya kekurangan bobot tubuh pada bayi.  

2. Bayam 

Mirip dengan brokoli, bayam pun bisa menjadi pilihan sayuran sehat yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan kalsium, asam folat, serat dan vitamin yang ada didalamnya mempunyai peran penting guna mendukung pertumbuhan sel dan jaringan yang normal untuk janin, serta mengurangi resiko terjadinya bayi terlahir cacat. 

3. Kale 

Kale adalah sayuran yang bisa dikonsumsi kamu selama masa kehamilan sebab memiliki kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya. Selain nutrisi, ada pula vitamin C dan vitamin A yang berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kamu selama hamil. 

Terlebih lagi, kale juga bisa memenuhi lebih dari 10 kali asupan vitamin K harian. Tentunya ini penting sekali demi mendukung pembekuan darah dan menghindari kekurangan vitamin K ketika bayi lahir. 

4. Selada 

Selada adalah sumber folat yang bagus untuk kamu konsumsi selama kehamilan. Hal tersebut penting karena kurangnya folat saat masa kehamilan dapat meningkatkan resiko adanya cacat pada tabung saraf, seperti spina birida. Lalu, selada juga mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat kamu selalu terhidrasi. 

5. Tomat 

Tidak hanya selada, tomat juga mampu memenuhi asupan folat saat kamu hamil. Tomat bisa kamu oleh menjadi berbagai hidangan seperti sup tomat, jus tomat, dan tumis tomat. 

Selain itu, jenis polong-polongan seperti kacang panjang dan kacang merah serta umbi-umbian seperti ubi, wortel, dan kentang pun dapat menjadi pilihan sayur yang bagus untuk kamu konsumsi selama hamil. Ada banyak nutrisi di dalamnya yang bisa membantu pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. 

Buah-Buahan untuk Ibu Hamil 

Daripada kamu mengkonsumsi cemilan yang belum pasti mengandung manfaat, ada baiknya mengkonsumsi buah-buahan saja yang jelas memiliki banyak nutrisi dan menyehatkan tubuh. Berikut buah-buahan yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. 

1. Alpukat 

Tidak hanya menjadi sumber serat dan vitamin, alpukat juga menjadi sumber kalium yang bagus guna mencegah terjadinya kram yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Apalagi, lemak sehat alpukat juga dibutuhkan untuk membangun jaringan otak, tubuh dan kulit bayi. 

2. Pisang 

Manfaat pisang bagi ibu hamil juga tidak kalah banyak, seperti bisa mencegah sembelit, sampai meredakan muntah dan mual. Manfaat ini tentunya berkat nutrisi yang ada di dalamnya seperti kalium, vitamin B6, vitamin C dan serat. 

3. Mangga 

Mangga menjadi buah selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena menjadi sumber vitamin A. Nutrisi tersebut sangat penting karena jika bayi lahir dan kekurangan vitamin A bisa beresiko merasakan komplikasi seperti infeksi saluran pernapasan, diare, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

4. Jeruk 

Jeruk dapat membantu kamu untuk mencukupi asupan cairan dalam tubuh, hal ini penting supaya kamu tetap terhidrasi. Lalu, jeruk juga menjadi sumber folat yang bagus guna mencegah kerusakan sumsum tulang belakang dan otak janin. 

Tidak hanya folat, jeruk memiliki banyak vitamin C yang fungsinya menjadi antioksidan untuk mencegah dampak buruk akibat radikal bebas dan membantu menyerap zat besi dalam tubuh. 

5. Apel 

Selain memiliki banyak apel, vitamin A, vitamin C dan serat, ternyata apel juga mempunyai banyak probiotik yang fungsinya menjadi asupan untuk bakteri baik yang ada di dalam usus. Hal ini sangat bagus untuk mencegah terjadinya sembelit yang sering dirasakan ibu hamil dan juga menjaga kesehatan usus. 

Demikianlah, ulasan mengenai sayuran yang bagus untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui. Jaga semua asupan selama kamu sedang hamil untuk kesehatan diri sendiri dan janin kamu. Nah, untuk dapatkan sayur dan buah berkualitas, kamu bisa membelinya di Astro dengan mudah, hanya perlu mengunduh aplikasinya di Play Store dan App Store saja! Yuk, belanja kebutuhan sayur dan buah kamu lewat Astro!

Referensi:

Bunda, Ini Daftar Sayur dan Buah yang Disarankan Saat Hamil

11 Sayur yang Bagus untuk Ibu Hamil, Enak & Bernutrisi!

10 Buah untuk Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.