Kenali Jam Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat

Kerap kali disepelekan ternyata jam tidur yang baik untuk ibu hamil sangatlah penting. Ibu hamil memang mudah mengalami gangguan tidur karena perubahan hormonal. Ibu hamil yang memiliki gangguan tidur rendah sehingga bisa mengganggu kesehatannya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui jam tidur yang tepat untuk ibu hamil supaya tidur tetap normal. Dengan demikian, kamu tetap produktif ketika hamil.  

Lalu, kamu harus tahu jika tidur siang juga sangat dibutuhkan sebab kebiasaan ini bagus untuk kesehatan ibu hamil dan calon buah hati. Walaupun begitu, tidur siang terlalu lama juga tidak bagus untuk kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa waktu terbaik untuk ibu hamil tidur agar tetap sehat. 

Baca Juga: 6 Jenis Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Alasannya!

Waktu Tidur Terbaik bagi Ibu Hamil 

Dilansir dari buku Asuhan Kebidanan Kehamilan karya dari Rr. Catur Leny Wulandari (2021:30), untuk durasi tidur ibu hamil memang ada berbagai macam sesuai dengan kebutuhan dan umur. Tetapi, waktu tidur yang disarankan untuk ibu hamil sekitar 7 sampai 9 jam setiap harinya. 

Apabila kurang dari waktu tersebut, maka bisa jadi ibu hamil kekurangan waktu untuk tidur. Sebaliknya, bila ibu hamil tidur lebih dari 9 sampai 10 jam, itu menjadi tanda jika ibu hamil kelebihan jam tidur. Durasi tidur yang bagus untuk ibu hamil dan individu mempunyai perbedaan. 

Apabila ibu hamil membutuhkan waktu 9 sampai 10 jam untuk beristirahat, bila orang normal biasa hanya membutuhkan sekitar 7-8 jam saja. Bila kurang dari itu dan terjadi pada waktu yang lama, dampak negatif bisa terjadi kepada ibu hamil. 

Ragam Manfaat Tidur Siang untuk Ibu Hamil 

Sesudah kamu mengetahui jam tidur yang baik untuk ibu hamil, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui manfaat tidur siang untuk ibu hamil seperti berikut ini. 

1. Mengatasi rasa kelelahan 

Beraktivitas selama hamil memang dapat menjadikan tubuh mu mudah lelah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa beristirahat sebentar dengan tidur siang. Apalagi pada trimester pertama dan ketiga, tubuhmu akan merasakan lelah yang luar biasa. Sehingga kamu bisa memanfaatkan tidur siang ini, ya! 

2. Meningkatkan konsentrasi 

Tidak hanya bisa menambahkan energi, tidur siang yang cukup pun bisa melancarkan aliran darah ke otak. Sehingga, sesudah tidur siang kamu bisa menjadi lebih segar, mudah berkonsentrasi, lebih produktif dan memiliki daya ingat yang lebih bagus lagi. 

3. Meredakan sakit kepala 

Sakit kepala ketika hamil dapat dikarenakan dari hormon progesteron yang melonjak dan menjadikan pembuluh darah mu melebar. Tentunya keluhan ini bisa mengganggu aktivitas dan menjadikan kamu merasa kurang nyaman. Tetapi, tidak perlu khawatir, sebab sakit kepala dapat diatas dengan cara tidur siang. 

4. Menurunkan resiko bayi terlahir prematur 

Penelitian menunjukkan jika ibu yang rajin tidur siang berpeluang lebih rendah untuk melahirkan secara prematur daripada dengan mereka yang tidak tidur siang. Tidak hanya itu, kebiasaan yang satu ini juga bisa menurunkan resiko bayi lahir dengan kekurangan berat badan. 

5. Mengatasi insomnia 

Rajin tidur siang pun bermanfaat untuk mengatasi insomnia ketika hamil, khususnya pada trimester pertama. Tetapi, upayakan durasi tidur siang jangan terlalu lama. Tidur siang dengan durasi yang sangat lama bisa menjadikan kamu susah tidur di malam hari. 

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual & Mudah Dibuat

Waktu yang Ideal untuk Tidur Siang 

Untuk dapat memperoleh manfaat dari tidur siang ketika hamil, kamu tidak lupa untuk memperhatikan durasinya. Idealnya, jam tidur yang baik untuk ibu hamil yaitu selama 30 menit. Tidur siang yang sangat lama bisa menjadikan kamu kurang fokus, semakin mengantuk atau bahkan kesulitan tidur pada malam hari. 

Bukan hanya itu saja, sebisa mungkin kamu tidur siang dilakukan pada jam 14.00 sampai 16.00. Jika memungkinkan, kamu dapat membagi jam tidur siang sebanyak 2 kali dalam sehari. 

Ketahui Perubahan Pola Tidur ketika Hamil 

Hal yang harus diperhatikan pun untuk menentukan waktu tidur yang tepat untuk ibu hamil yakni pola tidur ketika hamil yang berubah-ubah. Lalu, bagaimana perubahan tersebut terjadi? Yuk, intip di bawah ini. 

Pola tidur pada trimester pertama 

Pola tidur di trimester pertama adalah adaptasi ibu hamil sebab perubahan hormon. Tingkat hormon progesteron yang melonjak menjadikan kamu sering mengantuk di siang hari. Lalu, frekuensi buang air kecil pun meningkat, sehingga kamu bisa mengalami sulit tidur. 

Pola tidur pada trimester kedua 

Pola tidur di trimester kedua umumnya dipengaruhi keadaan lain seperti heartburn, dan restless leg syndrome. Pada keadaan ini, kamu dianjurkan untuk mengelola pola tidur seperti biasanya dengan waktu tidur yang ideal. Supaya lebih nyaman, kamu dapat memakai bantal khusus hamil selama tidur. 

Pola tidur pada trimester ketiga 

Pola tidur di trimester ketiga ini dipengaruhi oleh rahim yang semakin membesar. Hal ini menjadikan kamu kurang nyaman ketika tidur. Kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan tidur miring ke kiri dan memakai bantal kehamilan. Dengan tidur menghadap ke kiri bisa membantu kamu memperlancar aliran darah dan memaksimalkan oksigen dan nutrisi pada janin lewat plasenta. 

Baca Juga: Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

Nah, itu dia ulasan mengenai jam tidur yang baik untuk ibu hamil. Sesudah mengetahui hal ini, yuk mulai saat ini untuk kamu yang sedang mengandung bisa mengelola jam tidur dengan baik agar janin dalam tubuh mu tidak terganggu dan tetap sehat.

Untuk para ibu hamil, sekarang kamu tidak perlu repot keluar rumah untuk belanja kebutuhan harian. Semua kebutuhan harian bisa dipesan secara online melalui aplikasi Astro. Pesan di aplikasi Astro nggak perlu nunggu lama, dalam hitungan menit pesanan akan sampai di rumah kamu. Yuk, coba belanja kebutuhan harian di Astro! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu