Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, saat ibu sedang hamil tentu saja harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, bergizi dan banyak nutrisinya. Tidak boleh sembarangan, karena makanan dan minuman apapun yang dikonsumsi ibu hamil bisa berpengaruh terhadap kondisi tumbuh dan bekembang janin dalam kandungan. 

Lalu bagaimana dengan minum susu? Kapan ibu hamil perlu minum susu? Tentu saja akan muncul beberapa pertanyaan tentang minuman yang satu ini, khususnya untuk ibu yang sedang mengandung.

Memang, nyatanya di lapangan ada beberapa ibu hamil yang tidak suka minuman susu. Apalagi, bisa dibilang susu khusus ibu hamil tidaklah begitu lezat seperti susu yang selama ini dikenal secara umum di masyarakat.

Untuk ibu hamil ada juga yang menghadapi masalah berupa “morning sickness”. Namun, dengan minum susu kehamilan atau untuk ibu hamil akan terasa tidak mudah untuk dilakukan.

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, sama seperti yang dipikirkan oleh ibu hamil juga. Bahwa dokter-dokter kandungan pun tidak memberikan saran tentang ibu hamil harus minum minuman berupa susu, bahkan tidak mewajibkannya.

Sebab, ada hal yang cukup lebih penting, ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi. Demi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, maka harus lebih memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi ibu hamil. 

Meskipun begitu, masih ada beberapa yang berpikir bahwa susu kehamilan juga sangat penting untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual & Mudah Dibuat

Alasan Susu Perlu Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah ulasan-ulasan kapan ibu hamil perlu minum susu. Simak yuk!

Ketika ibu sedang mengandung tentu wajib memenuhi kebutuhan nutrisi demi kebaikan kesehatan ibu dan janin. Selain itu juga penting untuk melengkapi kebutuhan energi pada badan agar tidak mudah terasa lemas.

Nutrisi yang ada pada susu spesial hamil pun baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Kendati demikian, bagaimana jika muncul pertanyaan tentang susu biasa atau bukan susu khusus kehamilan, apakah baik untuk ibu hamil atau tidak.

Ada rekomendasi dari Livestrong, USDA yakni ibu yang sedang mengandung disarankan untuk minum susu dalam jumlah tiga gelas saja setiap harinya. Kandungan nutrisi dalam susu berupa vitamin D, protein, dan juga ada kandungan kalsium yang tentunya baik untuk janin dan ibu.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan setidaknya 1000 mg kalsium harian setiap harinya, terutama ibu hamil dalam usia 19 tahun. Sedangkan usia ibu hamil yang di bawah 19 tahun, harus memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 13000 mg setiap hari.

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada satu gelas susu adalah 350 mg. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk ibu hamil minum 3 gelas susu setiap hari, agar kebutuhan-kebutuhan kalsium dan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Jika berdasarkan informasi yang bisa didapatkan dari manfaat susu untuk ibu yang sedang mengandung dapat memberikan nutrisi terhadap janin. Sesungguhnya, ibu hamil dapat mengganti nutrisi yang seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang sehat. 

Tidak sampai disitu saja, ibu hamil sebaiknya untuk selalu tetap menjaga pola makan yang baik dan benar. Menjaga dan memenuhi kebutuhan energi, nutrisi dan gizi yang lainnya yang bersumber dari makanan. Oleh karena itu, minum susu bukan sesuatu yang harus jadi prioritas ibu hamil.

Jika merujuk kepada pertanyaan, apakah perlu ibu hamil minum susu? Jawabannya justru tergantung dari bagaimana kebutuhan nutrisi yang memang sedang ibu hamil butuhkan.

Seandainya jika dilihat berdasarkan dari pola makan yang sudah dianggap cukup untuk ibu dan janin, maka ibu hamil tidak wajib minum susu. Sebenarnya, ibu yang sedang hamil dapat memilih nasi, roti, segala macam kebutuhan tubuh berupa kandungan karbohidrat, yogurt, keju, kacang-kacangan, daging, telur, asam folat, sayur, protein, buah, mineral dan juga lain-lain.

Hal yang utama dan yang paling penting adalah dengan proses memenuhi kebutuhan gizi tersebut, selain dari makanan bisa juga dengan mengkonsumsi susu. Bisa dari susu khusus kehamilan atau bisa juga dari susu biasa yang sering dijumpai di pasaran pada umumnya.

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga Untuk Ibu Hamil

Demikian penjelasan tentang kapan ibu hamil perlu minum susu yang harus kamu ketahui. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembangnya janin yang masih dalam kandungan, maka harus selalu diperhatikan.

Kamu juga bisa membeli makanan dan minuman untuk keperluan ibu hamil di Astro. Selain itu kamu dapat membeli segala macam kebutuhan makanan dan minuman untuk ibu hamil. Astro Siap melayani pesan antar dalam waktu yang singkat selama 24 jam penuh!

Arie Wahyu
Arie Wahyu