Rekomendasi Olahraga Untuk Ibu Hamil

Nyatanya sebagai ibu hamil yang harus diperhatikan tidak hanya konsumsi makanan saja tetapi kamu juga harus melakukan pemeriksaan dengan rutin ke dokter supaya ibu serta bayinya tetap sehat. Selain itu jika kamu mendengar ada yang mengatakan bila ibu hamil tidak boleh berolahraga maka hal tersebut adalah salah.

Ibu hamil sangat disarankan untuk berolahraga ringan, namun pastikan jika kondisi kamu selama mengandung baik-baik saja dan dokter sudah mengizinkan kamu melakukan aktivitas tersebut.

Baca Juga: Kenali Jam Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Untuk garis besarnya berolahraga ketika masa kehamilan adalah kegiatan yang baik dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kamu, salah satunya adalah memudahkanmu di masa-masa persalinan.

Biasanya dokter kandungan akan menyarankan olahraga ringan yang berhubungan dengan kardiorespirasi karena memang di masa hamil kamu haruslah membuat kinerja jantung jauh lebih baik. Untuk aktivitasnya sendiri dapat dilakukan kurang lebih 20- 30 menit setiap harinya.

Tetapi kamu haruslah membatasi diri dan tidak melakukan olahraga ketika tubuh sedang tidak baik-baik saja atau lakukanlah olahraga semampunya. Sebab bila kamu memaksakan diri tentunya akan berbahaya bagi dirimu dan juga janin.s

  • Manfaat pertama adalah dapat menguatkan kinerja jantung.
  • Dapat melancarkan peredaran darah serta menguatkan otot pada ibu hamil. Tidak hanya itu saja dengan kamu melakukan olahraga ringan maka akan mencegah terjadinya pembengkakan pada area wajah dan juga kaki.
  • Rutin berolahraga juga dapat mengurangi terjadinya varises serta kram pada otot. Selain itu ketika kamu rajin berolahraga maka diharapkan proses persalinan dan juga pemulihan akan lebih mudah.
  • Berolahraga tentunya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi, tulang dan kualitas ASI.
  • Dengan rutin berolahraga tentunya akan membuat daya tahan tubuhmu menjadi lebih kuat, sehingga selama masa kehamilan kamu tidak mudah terserang penyakit.
  • Rutin berolahraga akan membuat tubuh dan juga otot menjadi lebih rileks serta memperbaiki mood.
  • Berolahraga rutin akan membuat ibu hamil terhindar dari masalah konstipasi atau sulit untuk buang air besar.
  • Dengan kamu rutin berolahraga di masa kehamilan tentu bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.
  • Selanjutnya ketika berolahraga di masa hamil akan membuat daya ingat menjadi lebih kuat, karena dengan rajin berolahraga maka akan mampu meningkatkan neurogenesis, ini adalah sel saraf yang memiliki hubungan dengan memori.
  • Manfaat terakhir adalah akan membantu kamu untuk lebih cepat kembali ke berat badan ideal sebelum hamil dan melahirkan.

Jenis Olahraga yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Pada kenyataannya melakukan olahraga di masa kehamilan mempunyai banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para ibu hamil. Contohnya seperti mencegah terjadinya konstipasi, perut kembung, hingga nyeri pada bagian punggung.

Selain itu dengan berolahraga tentunya akan membuat suasana hati seorang ibu hamil menjadi jauh lebih baik, karena tidak dapat dipungkiri ketika berolahraga bisa menurunkan tingkat stress. Kemudian kamu juga akan memperoleh kualitas tidur yang baik hingga mempermudah proses persalinan.

Apabila kamu memang tertarik untuk melakukan kegiatan fisik ringan ini, berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang direkomendasikan, diantaranya:

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual & Mudah Dibuat

1. Berenang

Olahraga pertama adalah berenang, aktivitas ini sangat disarankan dan paling aman dilakukan bagi ibu hamil. Sebab resiko mendapatkan cedera jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan olahraga-olahraga lainnya. Selain itu dengan melakukan renang akan bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat bahkan berenang akan membantu kamu memperbaiki kualitas tidur.

2. Jalan Kaki

Olahraga berikutnya adalah dengan berjalan kaki, kamu bisa melakukannya di pagi hari maupun sore. Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan ibu hamil dan mempunyai manfaat yang baik seperti kesehatan kardiovaskular serta otot-otot tubuh.

Tidak hanya itu saja ketika kamu melakukan aktivitas jalan kaki, olahraga ini dapat membantu kamu mencegah konstipasi, mengatasi sakit pada bagian punggung ,mengontrol berat badan, hingga meningkatkan kualitas kesehatan paru.

3. Yoga

Olahraga selanjutnya ya direkomendasikan adalah yoga, olahraga ini sendiri memiliki kelas khusus bagi ibu hamil agar menjadi lebih sehat, memperlancar proses melahirkan, memperbaiki postur dari tubuh ibu hingga membantu supaya dapat melakukan pernapasan dengan baik.

4. Pilates

Selain yoga ada pula olahraga yang bernama prenatal pilates. Memiliki gerakan-gerakan yang hampir mirip dengan yoga, hanya saja pilates mempunyai manfaat dan efek yang baik bagi tubuh.

5. Melakukan Peregangan

Sebagai seorang ibu hamil kamu juga dapat melakukan beberapa gerakan peregangan tubuh supaya tidak merasa pegal atau mengalami kaku pada sendi. Kamu dapat melakukan aktivitas ini dengan memanfaatkan barbel dan menyesuaikan beratnya dengan kemampuan diri.

Demikianlah tadi berapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang dapat dilakukan baik di rumah atau mengikuti kelas khusus olahraga ibu-ibu hamil. Tentunya tetap berolahraga selama masa kehamilan memiliki manfaat tersendiri salah satunya adalah membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain berolahraga, kamu juga harus memastikan bila mengkonsumsi makanan serta minuman yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Ikuti saran dokter kandungan kamu dan jangan melakukan hal-hal berbahaya selama masa kehamilan.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu