4 Tips Ampuh dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi dalam Waktu 5 Menit

Tips Ampuh dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut mereka. Karang gigi adalah lapisan berwarna kekuningan yang terbentuk pada permukaan gigi dan sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Namun, jangan khawatir kamu dapat menghilangkan karang gigi dengan mudah dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi dalam waktu 5 menit yang astro rangkum dari.modernfamilydentalcare.com seperti:

Baca Juga: Apakah Aman Menggunakan Pasta Gigi Untuk Jerawat, Ini Penjelasannya

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Dalam Waktu 5 Menit Di Rumah

1. Menggunakan Pasta Gigi dengan Baking Soda

Pasta gigi dengan baking soda terbukti efektif untuk menghilangkan karang gigi. Kandungan baking soda pada pasta gigi ini dapat membantu mengikis karang gigi dan membersihkan permukaan gigi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi dengan baking soda pada gigi yang terkena karang gigi dan gosok dengan lembut selama 2-3 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang sangat baik untuk membersihkan gigi dan membantu menghilangkan karang gigi. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengambil 1-2 sendok makan minyak kelapa dan mengunyahnya selama 5-10 menit. Kemudian bilas mulut dengan air bersih dan gosok gigi seperti biasa.

3. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan karang gigi dan menghilangkan noda pada gigi. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air dalam proporsi yang sama. Kemudian berkumur-kumur dengan campuran tersebut selama 2-3 menit. Setelah itu, bilas mulut dengan air bersih dan gosok gigi seperti biasa.

4. Membersihkan dengan Benang Gigi

Membersihkan gigi dengan benang gigi secara rutin dapat membantu mencegah terbentuknya karang gigi. Selain itu, membersihkan gigi dengan benang gigi juga dapat membersihkan sisa makanan dan plak pada gigi yang sulit dijangkau sikat gigi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melilitkan benang gigi pada jari dan membersihkan sela-sela gigi dengan lembut.

Baca Juga: Hindari Makanan yang Menyebabkan Jerawat Ini

Mencegah Terjadinya Karang Gigi

Selain menghilangkan karang gigi, mencegah terjadinya karang gigi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya karang gigi yang dilansir dari Cleveland Clinic:

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya karang gigi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, dan membersihkan lidah serta langit-langit mulut.

2. Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter Gigi

Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga sangat penting untuk mencegah terjadinya karang gigi. Dokter gigi dapat membantu membersihkan gigi dan mengidentifikasi masalah gigi yang mungkin terjadi sehingga dapat diatasi dengan cepat sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis juga dapat membantu mencegah terjadinya karang gigi. Makanan dan minuman manis dapat menjadi sumber gula yang dapat merusak gigi dan memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi.

Menghilangkan karang gigi dalam waktu 5 menit sangat memungkinkan dilakukan dengan berbagai cara alami dan mudah. Namun, tidak hanya menghilangkan karang gigi, mencegah terjadinya karang gigi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi, dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, kamu dapat mencegah terjadinya karang gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulutmu dengan baik. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutmu ya, kamu bisa mulai dengan tips-tips sederhana yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: 7 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan 

Jangan lupa juga kalau kamu bisa menemukan semua kebutuhan sehari-hari kamu di aplikasi Astro! Dengan aplikasi Astro, kamu bisa berbelanja kebutuhan harian dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet.

Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh Astro. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan aman. Yuk, segera unduh aplikasi Astro sekarang juga dan rasakan kemudahan berbelanja kebutuhan harianmu. Ayo, buruan download aplikasi Astro sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie