Manfaat Cuka Apel Untuk Apa Saja dan Cara Menggunakannya

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami dengan segudang manfaat yang dimilikinya. Memangnya manfaat cuka apel untuk apa saja? Kamu harus tahu jika cuka apel bermanfaat untuk berbagai masalah wajah dan kesehatan, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk menyembuhkan berbagai masalah pada kulit wajah. 

Cuka sari apel atau biasa dikenal dengan cider vinegar atau ACV merupakan sejenis cuka yang dibuat dari sari apel dan ia mempunyai warna yang agak pucat. Seperti jus apel, cuka apel pun mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat niasin, asam folat dan biotin.

Sebelum kamu mengetahui manfaat dari cuka apel, kamu harus mengetahui kandungan dari cuka apel seperti berikut ini. 

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Buah Apel dan Manfaatnya

Kandungan dari Cuka Apel  

Cuka apel merupakan produk yang dibuat dari sari buah apel yang telah difermentasi. Produsen membuatnya dengan cara menghaluskan buah apel dan mengambil sarinya. Lalu, mereka menambahkan ragi dan bakteri ke dalam sari apel sehingga terjadi tahapan fermentasi. 

Ragi dan bakteri bisa mengubah gula dalam sari apel menjadi alkohol. Berikutnya, bakteri pembentuk asam asetat akan mengubah alkohol jadi cuka dengan kandungan asam galat, asam asetat, katekin dan berbagai senyawa yang lainnya. 

Tidak sama seperti bahan bakunya, cuka apel tidak mempunyai kandungan zat gizi makro yang ada pada buah apel. Walaupun begitu, di bawah ini kandungan gizi yang dapat kamu peroleh dari 100 ml cuka apel. 

  • 5 mg natrium 
  • 73 mg kalium 
  • 8 mg fosfor 
  • 5 mg magnesium 
  • 0,2 mg zat besi 
  • 7 mg kalsium 
  • 0,5 gram gula total 
  • 0,93 gram karbohidrat 
  • 21 kkal energi 

Tidak hanya berbagai gizi saja yang terkandung dalam cuka apel, ada juga kandungan lain seperti selenium, tembaga, dan zinc. Sayangnya, cuka apel tidak lagi mempunyai kandungan seperti buah apel murni. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Cuka Apel dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan 

Sampai saat ini, cuka apel masih menjadi produk alami terpopuler untuk menjaga kesehatan, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh. 

1. Membantu turunkan berat badan 

Cuka apel diyakini bisa turunkan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan pada hewan di Jepang menunjukkan jika asam asetat di dalam cuka apel bisa meningkatkan enzim AMPK yang bisa mempercepat metabolisme dan membakar lemak pada tubuh. 

Walaupun begitu, masih harus diketahui hasil penelitian tentang manfaat cuka apel guna turunkan berat badan lebih lanjut. Kamu dapat memakai produk ini saat menjalani program diet, namun tetap jadikan pola hidup sehat menjadi prioritas. 

2. Membantu menjaga kadar gula darah 

Manfaat cuka apel ini sangat populer di kalangan penderita diabetes. Untuk diabetes dengan kadar gula darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh. Keadaan ini pun bisa memperburuk gejala diabetes dan komplikasinya didalam tubuh. 

Namun tidak perlu khawatir karena cuka apel sudah terbukti bisa menghambat proses terlepasnya glukosa dari makanan ke aliran darah. Hal ini bisa menghindari terjadinya sugar rush yaitu sebuah keadaan saat kadar gula darah naik sesudah kamu memakan karbohidrat. 

Berdasarkan laporan pada Journal of Advanced Nursing, mengkonsumsi cuka apel bisa menurunkan kadar gula darah dan juga HbA1c. Dengan turunnya HbA1c bisa menjadi tanda jika kadar gula darah mu stabil dalam waktu 3 bulan terakhir. 

3. Membangun sensitivitas insulin 

Sensitivitas insulin memperlihatkan seberapa baik kemampuan tubuh mu untuk merespon hormon insulin. Apabila sensitivitas insulin mu cukup tinggi, berarti sel di dalam tubuh mu bisa memanfaatkan gula darah dengan baik. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2015, ternyata cuka apel mempunyai manfaat untuk meningkatkan sensitivitas pada insulin. Produk ini pun membantu sel tubuh untuk menyerap dan memakai glukosa dengan sangat efektif sehingga tingkat gula darah selalu stabil. 

Penelitian lain pada individu dengan diabetes dan prediabetes pun menghasilkan temuan yang sama. Dengan mengkonsumsi 2 sendok makan cuka apel sesaat sebelum tidur terbukti bisa menurunkan tingkat gula darah sampai 6% di pagi hari. 

Baca Juga: Resep Camilan Apel Untuk Anak yang Pasti Enak

Cara Menggunakan Cuka Apel yang Benar 

Apabila kamu ingin memperoleh manfaat cuka apel untuk kesehatan, hal paling penting yang perlu kamu perhatikan yaitu cara mengkonsumsinya. Sebab mengkonsumsi cuka apel yang benar harus dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air. 

Cuka apel murni mempunyai sifat asam yang bisa melukai kerongkongan. Lalu, sifat asam nya juga berbahaya untuk kesehatan gigi sebab bisa mengikis lapisan email gigi. Efeknya kamu mungkin akan mempunyai gigi yang keropos. 

Larutkan cuka apel pada segelas air putih dengan 1:10 sebagai perbandingannya. Ini berarti bila kamu memakai 1 sendok makan cuka apel, kamu harus campurkan 10 sendok makan air putih. Kamu juga dilarang mengkonsumsi cuka apel diatas 2 sendok makan dalam sehari. 

Berikut sejumlah aturan dasar untuk memakai cuka apel: 

  • Batasi jumlahnya. Pakai perlahan-lahan dan bertahap, maksimal 2 sdm per hari. 
  • Pakai sedotan ketika minum. Hal ini berguna supaya cuka apel tidak langsung menyentuh gigi. 
  • Bilas mulut. Berukur sesudah mengkonsumsi cuka apel demi mencegah rusaknya lapisan email gigi dan sesudah 30 menit, kamu harus menyikat gigi. 
  • Perhatikan keadaan kesehatanmu. Apabila kamu mempunyai gastroparesis, jangan memakai produk ini atau batasi jumlah konsumsinya supaya tidak di atas 1 sdt dalam sehari. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Makan Buah Anggur

Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat cuka apel untuk apa saja, bukan? Mengkonsumsinya untuk kesehatan, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan arahan yang tepat.

Untuk kamu yang mau mencoba manfat dari cuka apel, kamu bisa belanja secar online di aplikasi Astro. Yuk, belanja sekarang! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu