Kenali Jenis-jenis Buah Apel dan Manfaatnya

Apel menjadi salah satu buah yang paling disukai oleh banyak orang dan mempunyai berbagai nutrisi di dalamnya. Apel kaya akan kalsium, vitamin, mineral sampai kalori yang bagus untuk tubuh. Ada banyak jenis-jenis buah apel dan manfaatnya, seperti apel fuji, royal gala sampai granny smith. 

Apel mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan, seperti menjaga jantung, menurunkan risiko diabetes sampai menurunkan berat badan. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis-jenis buah apel dan manfaatnya yang bisa kamu ketahui. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Ragam Jenis Buah Apel beserta Manfaatnya 

Berikut ada sederet jenis-jenis buah apel yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang, diantaranya yaitu: 

1. Red delicious 

Jenis apel ini sangat umum di seluruh belahan dunia. Jenis apel ini ditemukan oleh Jesse Hiatt pada pertanian miliknya di daerah Lowa. Apel Red delicious mempunyai kulit berwarna merah pekat dengan garis-garis tipis berwarna hitam. Rasanya cenderung manis dan mempunyai tekstur yang renyah. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

2. Fuji 

Apel fuji juga menjadi apel yang paling banyak ditemui dan sangat mudah kamu dapati di semua supermarket. Apel ini asalnya dari Gunung Fuji dan sudah terkenal sejak tahun 1930. Apel fuji mempunyai rasa yang sedikit asam dengan aroma yang khas. 

3. Royal gala 

Royal gala asalnya dari Selandia Baru dan sangat terkenal seperti apel fuji. Apel yang satu ini menjadi buah favorit dari Ratu Elizabeth II. Apel royal gala mempunyai rasa yang manis dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan. 

4. Granny smith 

Apel granny smith mempunyai cita rasa yang asam dan berasal dari Crabapple, Prancis. Buah ini panen ketika awal Agustus, mempunyai warna hijau terang dan ukurannya lebih kecil dibandingkan apel pada umumnya. Biasanya apel ini banyak dijadikan kue pie saat dipanen. 

5. Apel washington 

Sesuai dengan namanya, apel ini datang dari Washington, Amerika Serikat. Rasanya sangat manis dan mempunyai kulit berwarna merah mengkilap. Apel washington cukup mudah ditemui di pasaran harganya pun tidak terlalu mahal. 

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel Untuk Apa Saja dan Cara Menggunakannya

6. Golden delicious 

Apel golden delicious ini berwarna kuning pucat. Sesuai seperti namanya, apel jenis ini saat dimakan mempunyai tekstur yang sangat halus dan rasanya manis sedikit asam. Apel ini cocok sekali dikonsumsi menjadi cemilan di sore hari. 

Manfaat Apel Hijau dan Apel Merah 

Sesudah kamu mengetahui semua jenis apel, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas manfaat apel hijau dan apel merah yang masih tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ulasan mengenai manfaat apel hijau dan apel merah. 

Kandungan pada apel 

Pada satu buah apel, terdapat kandungan kurang dari 100 kalori. Jenis buah ini pun bebas lemak, kolesterol dan natrium. Memakan satu buah apel dengan ukuran sedang sudah bisa memenuhi asupan kebutuhan vitamin tubuh sampai 14%. 

Bahkan, ada yang menyebutkan jika buah apel mempunyai kandungan fitokimia dan antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker payudara, penyakit jantung, kanker paru dan Alzheimer. 

Apel menjadi buah yang sangat mudah kamu temukan di pasaran, hampir di semua belahan dunia. Terdapat apel yang berwarna hijau dan apel berwarna merah. Dari kedua jenis apel ini, mana apel yang lebih sehat dan tinggi akan gizi? Nah, di bawah ini ulasan lebih detailnya untuk mu. 

Apel merah 

Ternyata perbedaan warna kulit pada apel ini mempunyai pengaruh akan manfaat kesehatan dari buah apel ini. Walaupun demikian, baik apel merah maupun apel hijau, keduanya sama-sama mengandung vitamin c dan serat yang sama. 

Namun, dalam apel merah terdapat kandungan lebih tinggi beta karoten daripada apel hijau. Tingginya beta karoten ini sebab warna merah yang ada di apel ini. Kandungan beta karoten berguna menjadi antioksidan yang bisa melindungi tubuh.  

Antioksidan dalam apel merah pun ditemukan pada pigmen antosianin yang memberikan warna merah pada apel ini. Manfaat antioksidan tentunya untuk menghalau radikal bebas, antivirus, mencegah radang dan dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. 

Apel hijau 

Walaupun kandungan beta karoten di dalam apel hijau kalah daripada apel merah, tetapi jenis buah ini nyatanya masih menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Ternyata apel hijau mempunyai jumlah karbohidrat dan kalori sampai 10% lebih rendah daripada apel merah. 

Apel hijau pun mempunyai polifenol yang berguna menjadi antioksidan. Tidak hanya itu, kandungan gizi dalam apel hijau dapat membantu menambah bakteri baik dalam usu. Kekurangan bakteri baik pada orang pengidap obesitas dapat meningkatkan masalah peradangan dan metabolik. Rutin mengkonsumsi apel hijau dapat membantu menurunkan resiko dampak buruk tersebut. 

Baik apel hijau maupun apel merah mempunyai manfaat dan keunggulan nya sendiri. Memilih jenis apel yang ingin dikonsumsi dapat kamu lakukan berdasarkan tujuan dan kebutuhan yang ingin kamu capai. Apabila mengkonsumsi apel dengan tujuan menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah, maka kamu bisa memilih apel hijau untuk dikonsumsi. 

Namun, bila kamu ingin meningkatkan kadar antioksidan dan menghindari penuaan dini, kamu bisa memilih apel merah. Sebab keduanya sama-sama bisa memberikan manfaat yang sehat untuk kamu, sehingga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kedua jenis apel ini secara bergantian. 

Baca Juga: Jangan Sampai Tidak Tahu Bunda, Ini Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Nah, itu dia jenis-jenis buah apel dan manfaatnya yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi buah apel ini. Semua jenis apel mempunyai kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, kamu bisa mengkonsumsi apel sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu. 

Untuk mendapatkan buah apel segar dan buah-buahan lainnya, pastikan kamu belanja di aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat dan punya waktu pemesanan 24 jam penuh. Temukan aneka buah-buahan dengan kualitas terbaik di aplikasi Astro! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Apel Merah Vs Apel Hijau, Lebih Sehat Mana?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu