Jangan Sampai Tidak Tahu Bunda, Ini Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Apabila kamu mengidam buah apel ketika hamil, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Ada banyak manfaat buah apel untuk ibu hamil, seperti menghindari sembelit hingga menjaga kesehatan jantung. 

Walaupun demikian, ibu hamil tetap harus memperhatikan porsi ketika mengkonsumsi buah berwarna merah yang satu ini. Tidak lupa pula untuk mencuci apel terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, pastikan mencuci sampai benar-benar bersih supaya tidak ada bakteri yang masih menempel atau kotoran lainnya yang bisa masuk ke tubuh si ibu hamil. 

Gizi Didalam Buah Apel 

Ukuran dan jenis dari buah apel sangat beragam, namun pada dasarnya apel adalah buah yang rendah akan kalori dan memiliki gizi yang dapat menunjang tumbuhnya janin serta kesehatan ibu hamil. 

Dengan memakan apel sebanyak 200 gram atau berukuran sedang, ibu hamil sudah dapat memperoleh: 

  • 104 gram kalori 
  • 0,5 gram protein 
  • 27,6 gram karbohidrat 
  • 0,3 gram lemak 
  • 2 mg natrium 
  • 4,8 gram serat 
  • 20,8 gram gula 
  • 0,5 gram protein 
  • 214 mg kalium 
  • 9,2 mg vitamin C 
  • 6 mcg vitamin A 

Sebagai buah yang bagus bagi ibu hamil, buah apel mempunyai kandungan serat yang bagus guna merawat kesehatan saluran cerna ketika masa kehamilan. Buah ini pun menjadi makanan yang mempunyai indeks glikemik cukup rendah, yakni sekitar 34-38, sehingga tidak bisa membuat lonjakan pada gula darah dengan cepat bila dikonsumsi dengan porsi wajar. 

Khasiat Apel bagi Ibu Hamil 

Ada segudang manfaat apel bagi ibu hamil yang sangat sayang untuk dilewatkan, manfaat tersebut, seperti: 

1. Menjaga kesehatan pencernaan 

Masalah pencernaan, terutama sembelit adalah masalah umum yang banyak dirasakan oleh para ibu hamil. Sembelit yang dialami ibu hamil ini dapat terjadi sebab hormon yang berubah sehingga bisa menghambat proses pencernaan sehingga mengakibatkan sulit BAB. 

Keadaan tersebut dapat diperparah bila ibu hamil dehidrasi dan kekurangan serat. Apel tinggi akan serat yang bisa membantu melunakkan feses dan air yang bisa menghindari terjadinya dehidrasi. 

Tidak hanya itu, apel pun mempunyai kandungan pektin atau zat prebiotik yang berkhasiat guna memberi asupan pada bakteri baik di dalam usus. Khasiat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi 1-2 buah apel per harinya selama masa kehamilan. 

2. Mengurangi risiko anemia 

Wanita hamil mempunyai risiko yang sangat tinggi terkena anemia atau kekurangan darah, terutama anemia defisiensi besi. Sebab, selama masa kehamilan ini kebutuhan akan sel darah merah sangat meningkat. 

Oleh sebab itu, demi mencegah hal tersebut terjadi, para ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan menyehatkan, seperti buah apel ini. 

3. Sumber energi 

Harus kamu ketahui jika pada masa kehamilan ini ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalori untuk sumber energi. Khasiat apel bagi ibu hamil ini dapatkan dari kandungan gula seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa yang ada di dalam apel. Hal ini bisa memberikan energi untuk ibu hamil secara instan saat ibu hamil memerlukannya. 

4. Mencegah gangguan pernapasan 

Bukan hanya berkhasiat untuk ibu hamil, mengkonsumsi apel saat masa kehamilan juga bagus untuk janin. Apel dapat membantu turunkan risiko bayi mempunyai alergi dan asma nanti ketika ia telah lahir dan berkembang. Apel pun mempunyai kandungan antioksidan yaitu flavonoid yang bisa menguatkan fungsi paru-paru dari ibu hamil dan menghindari gangguan pernapasan.

5. Membantu tulang janin berkembang 

Selama fase kehamilan, janin memerlukan kalsium guna perkembangan tulang kuat. Apel mempunyai kandungan kalsium yang bisa membantu mencukupi kebutuhan yang satu ini. 

Kalsium yang ada di dalam buah apel bisa membantu mencukupi asupan kalsium ibu hamil yang sangat banyak dibandingkan biasanya, sehingga risiko pada ibu hamil yang mengalami masalah tulang dapat berkurang. Antioksidan yang terkandung dan juga senyawa anti inflamasi lainnya dalam apel pun bisa membantu memadatkan dan menguatkan tulang. 

6. Mengelola gula darah 

Khasiat buah apel bagi ibu hamil selanjutnya yaitu membantu mengelola kadar gula darah dan juga menghindari diabetes saat masa kehamilan. Apel adalah makanan yang memiliki indeks glikemik cukup rendah dan tinggi akan serat, sehingga tidak menjadikan kadar gula melonjak secara cepat sesudah dikonsumsi. 

Menurut anjuran guna menjaga kebugaran dan tingkat gula darah, kamu dianjurkan untuk memakan setidaknya 14 gram serat pada setiap 1.000 kalori yang akan dikonsumsi. Memakan buah apel ini bisa membantu kamu guna mencukupi rekomendasi tersebut. 

7. Membantu meningkatkan kekebalan 

Vitamin C dalam apel mempunyai sifat antioksidan dan bisa membantu menguatkan imun tubuh. Khasiat yang satu ini sangat penting bagi ibu hamil sebab selama fase kehamilan, keadaan ibu hamil mudah akan berbagai serangan infeksi. 

8. Menyehatkan jantung 

Buah dan sayur-sayuran, salah satunya apel adalah bagian dari diet yang menyehatkan dan menguntungkan untuk jantung. Dengan rendahnya kandungan sodium tetapi tinggi kalium, buah apel bisa membantu menghindari lonjakan tekanan darah yang cukup berbahaya. 

Apel utuh adalah sumber serat yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, peradangan dan plak pada dinding arteri. Berbagai kandungan anti inflamasi pada apel ini bisa meningkatkan kesehatan dan juga mengurangi risiko penyakit jantung secara menyeluruh. 

Nah, itu dia segudang manfaat buah apel untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui dan mulai sekarang harus lebih rajin lagi untuk mengkonsumsi buah apel. Jangan lupa untuk membeli apel segar dan mencucinya lebih dulu sebelum kamu mengkonsumsinya. 

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa langsung memesan buah apel segar dari aplikasi Astro yang cocok banget untuk para ibu hamil. Sebab, aplikasi Astro memungkinkan kamu untuk memesan buah-buahan dan kebutuhan harian lainnya secara online dan pengantarannya cepat hanya 15 menit saja. Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro!

Referensi:

Sederet Manfaat Apel untuk Ibu Hamil, Dari Mencegah Sembelit Hingga Penyakit Jantung

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *