Hindari Makanan yang Menyebabkan Jerawat Ini

Jerawat sangat umum terjadi kepada siapapun. Biasanya penyakit kulit ini disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori oleh sel kulit, minyak berlebihan, dan bakteri. Tetapi, tidak sedikit orang yang percaya jika terdapat jenis makanan yang menyebabkan jerawat. 

Umumnya penyebab jerawat karena pori-pori pada kulit yang tersumbat dan akhirnya meradang dan menyebabkan jerawat pada kulit. Hubungan antara jerawat dan makanan sebetulnya belum bisa dipastikan. Beberapa penelitian mengungkapkan sejumlah makanan tertentu bisa mempengaruhi hormon dan meningkatkan produksi minyak atau sebum. 

Keadaan ini lebih banyak terjadi saat remaja menginjak masa pubertas. Selama masa pubertas tersebut, tubuh akan memproduksi banyak sekali hormon yang dikenal dengan insulin-like growth factor 1 (IGF-1). 

Sebagian studi memperlihatkan IGF-1 bisa menaikkan produksi minyak dan memperparah keadaan jerawat. Bahkan, makanan tertentu pun bisa menaikkan kadar IGF-1. Untuk itu, tidak sedikit orang yang meyakini jika makanan dapat menjadi salah satu penyebab jerawat bila dikonsumsi secara berlebihan. 

Baca Juga: Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

Daftar Makanan yang Mengakibatkan Jerawat 

Sesudah kamu mengenali apa saja yang membuat makanan tertentu dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, ketahui juga semua jenis makanan yang harus dihindari. Sebagian makanan berikut ini ada baiknya dicegah daripada malah menimbulkan jerawat yang sangat mengganggu. 

1. Produk susu 

Susu dan produk turunannya adalah jenis makanan yang sudah terkenal dari dulu menjadi penyebab jerawat. Mengapa begitu? 

Beberapa penelitian memperlihatkan jika orang yang memakan produk olahan susu sedikit lebih banyak mengalami jerawat. Walaupun begitu, mengkonsumsi olahan susu yang terlalu sering menjadi penyebab dibalik dari masalah ini daripada susu murni. 

Olahan susu lebih memungkinkan untuk meningkatkan hormon insulin dan juga IGF-1 menjadi penyebab jerawat. Sebab, mengkonsumsi produk olahan susu, seperti es krim, yogurt dan susu rendah lemak umumnya mempunyai kandungan gula yang tinggi. 

Apabila produk tersebut dikonsumsi bersama dengan beberapa makanan manis yang lainnya, maka bisa menaikkan hormon insulin dengan cepat. Jika kadar IGF-1 dan insulin pada darah lebih tinggi, maka meningkatkan reaksi peningkatan jumlah sebum. 

Meskipun begitu, kedua hal tersebut mungkin terjadi sebab didorong faktor penyebab muka berjerawat. Misalnya, perubahan hormon ketika pubertas, kualitas pola makan secara menyeluruh, infeksi bakteri sampai keadaan kulit. 

Mengkonsumsi produk olahan susu mungkin tidak menjadi penyebab umum timbulnya jerawat saat kamu mempunyai jenis kulit berminyak yang sangat rentan akan jerawat. 

2. Coklat 

Mungkin kamu sudah banyak mendengar jika coklat pun dapat menjadi makanan penyebab munculnya jerawat. Faktanya, tidak sedikit penelitian yang membahas mengenai masalah ini, namun hasilnya masih belum bisa disimpulkan. 

Penelitian pada jurnal Cytokine mengungkapkan jika coklat bisa membuat keadaan kulit berjerawat semakin banyak dan semakin parah. Hal ini karena coklat bisa menaikkan pelepasan protein interleukin-1B dan IL-10. 

Nantinya pelepasan protein ini menjadikan bakteri penyebab jerawat bisa menginfeksi kulit. Walaupun demikian, belum bisa dipastikan apa yang menjadikan coklat bisa memicu tumbuhnya jerawat pada kulit. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan Sehat kamu di ASTRO!

3. Minuman dan makanan tinggi gula 

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dan makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat seperti di bawah ini nyatanya dapat meningkatkan risiko berjerawat pada kulit. 

  • Mie dan pasta yang dibuat dari tepung terigu 
  • Permen 
  • Sereal instan 
  • Kue dan roti putih 
  • Soda dan minuman kemasan lainnya 
  • Nasi putih 

Begini, makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat olahan cenderung mempunyai kandungan glikemik yang tinggi. Makanan yang indeks glikemiknya tinggi umumnya mengakibatkan tubuh memproduksi banyak sekali insulin dan menaikkan kadar gula darah dengan sangat cepat. 

Jika hal tersebut terjadi, kadar hormon lain pun akan terpengaruh dan besar kemungkinan jumlah minyak pada kulit juga akan meningkat. Apabila produksi minyak sudah berlebihan, beberapa jenis jerawat pun bisa muncul dengan sangat mudah. 

4. Makanan cepat saji 

Biasanya makanan cepat saji mengandung garam, gula dan olahan susu yang sangat tinggi. Hal ini yang menjadikan orang-orang curiga jika makanan cepat saji menjadi penyebab jerawat. 

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian dari Journal of the European Academy of Dermatology. Penelitian ini mengungkapkan jika peserta yang rajin mengkonsumsi makanan cepat saji, khususnya burger dan sosis, beresiko 24% lebih tinggi terserang jerawat. 

Tidak hanya itu, hampir seluruh fast food mempunyai kandungan minyak yang cukup tinggi. Semakin banyak mengkonsumsi makanan berminyak, kemungkinan besar kandungan lemak pada sebum pun lebih tinggi. 

Baca Juga: Apakah Aman Menggunakan Pasta Gigi Untuk Jerawat, Ini Penjelasannya

Harus kamu ingat jika beberapa besar studi mengenai makanan cepat saji hanya memperlihatkan pola kebiasaan dan juga resiko jerawat. Hal itu tidak berarti fast food merupakan penyebab jerawat yang pasti terjadi saat kamu mengkonsumsi makanan tersebut. 
Nah, sekarang kamu menjadi tahu apa saja makanan yang menyebabkan jerawat dan harus kamu hindari mulai saat ini. Kamu bisa mengkonsumsi sayur dan buah yang lebih sehat. Kamu bisa mendapatkan sayur dan buah berkualitas hanya di Astro dengan mengunduh aplikasinya di App Store atau Play Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu