Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

Jerawat atau acne adalah masalah kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat akibat sel kulit dan minyak yang menumpuk. Jerawat ditandai dengan adanya bintik-bintik di area bagian tubuh, salah satunya wajah. Jidat atau dahi merupakan area wajah yang sangat sering muncul jerawat. 

Tidak hanya bisa menyebabkan rasa nyeri, jerawat di jidat pun bisa menurunkan rasa percaya dirimu. Oleh karena itu, ada baiknya ketahui apa arti jerawat di jidat supaya bisa ditangani dengan tepat dan cepat. Langsung saja ketahui ulasan secara detailnya di bawah ini. 

Penyebab Adanya Jerawat di Jidat 

Arti dari munculnya jerawat di area jidat yaitu karena adanya peningkatan produksi minyak maupun sebum di jidat. Tetapi, sejumlah faktor bisa mendorong peningkatan jumlah minyak tersebut. Di bawah ini beberapa faktor yang bisa memicu hal tersebut:

Perubahan hormon

Ketidakseimbangan atau perubahan hormonal yang terjadi di masa pubertas bisa menjadi salah satu faktor pendorong timbulnya jerawat pada jidat. Ketidakseimbangan tingkat hormon tersebut yang menjadi kelenjar minyak sangat aktif. Dampaknya, produksi sebum di kulit akan melonjak secara berlebihan, sehingga akan mudah menyumbat pori-pori.

Keadaan rambut dan produk yang dipakai

Dikutip dari Healthline, rambut berminyak atau kotor adalah salah satu penyebab munculnya jerawat di area jidat. Karena, minyak di rambut bisa mengendap di jidat dan membuat pori-pori tersumbat. Selain itu, kemungkinan besar jerawat buat dipicu dari produk penata rambut yang sedang kamu pakai.

Misalnya produk pomade oil based, gel rambut sampai produk keras contohnya wax. Semua produk penata rambut tersebut biasanya memiliki kandungan bahan seperti minyak kelapa atau mentega kakao. Nah, bahan ini bisa menjadikan kulit kepala, kulit dan rambut menjadi sangat berminyak.

Pemakaian obat tertentu

Tidak hanya keadaan rambut dan produk yang dipakai, pemakaian obat tertentu pun bisa mendorong munculnya jerawat di area jidat. Dikutip dari Medical News Today, pemakaian obat seperti antikonvulsan, barbiturate, lithium dan steroid merupakan sebagian obat yang bisa memicu jerawat terjadi di jidat.

Oleh karena itu, jika diresepkan oleh dokter beberapa jenis obat diatas, kamu harus waspada sebab dikhawatirkan akan menimbulkan jerawat menjadi efek sampingnya.

Iritasi riasan atau pakaian

Terjadinya iritasi pada jerawat dari riasan karena berbagai bahan kimia ataupun pakaian meningkatkan resiko terjadinya jerawat di jidat. Risiko ini bisa semakin pergi bila kamu mempunyai kulit yang sangat sensitif. 

Keadaan tersebut bisa jadi terjadi saat kamu mencoba berbagai produk terbaru yang nyatanya tidak cocok, atau bisa juga kamu memakai topi yang bisa mengiritasi area kulit di jidatmu.

Sering menyentuh muka

Memiliki kebiasaan terlalu banyak menyentuh jidat dan wajah menggunakan tangan yang kotor pun timbulnya jerawat. Karena jari tangan yang kotor pastinya memiliki banyak bakteri, kumat dan minyak. Sejumlah hal tersebut bisa meningkatkan terjadinya infeksi di kulit dan mengakibatkan jerawat.

Tips Mengobati Jerawat di Jidat

Tidak hanya menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, kamu juga dapat melakukan sejumlah perawatan guna menghilangkan jerawat yang ada di area dahi, seperti:

1. Memanfaatkan bahan alami

Terdapat salah satu penelitian menunjukkan jika ada sejumlah bahan alami yang dapat membantu kamu untuk menyembuhkan jerawat yang ada di dahi. Salah satunya yaitu kayu manis dan madu. 

Kedua bahan alami ini dianggap bisa menyembuhkan peradangan dan menghilangkan jerawat yang ada di dahi sebab mempunyai sifat antibakteri, antioksidan dan anti inflamasi.

2. Pakai obat oles

Biasanya obat oles dipakai menyembuhkan jerawat ringan sampai sedang. Terdapat sejumlah bahan dari obat oles yang dapat kamu pakai guna menghilangkan jerawat pada dahi, yakni retinoid topikal, golongan antibiotik, benzoil peroksida dan asam salisilat.

Walaupun sangat aktif guna menyembuhkan jerawat yang tidak begitu parah, terkadang obat oles dapat mengakibatkan iritasi kulit. Oleh karena itu, sebelum kamu memakainya, coba terlebih dahulu sedikit obat oles di wajah untuk mengetahui kamu cocok atau tidak.

Jika kamu tidak mau tahu jenis obat apa untuk dirawat, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan obat oles yang sesuai dengan jenis kulit wajah dan tingkat keparahan dari jerawatmu. Sehingga ketika kamu menggunakannya bisa lebih tenang.

3. Konsumsi obat minum

Bukan hanya memakai obat oles, ternyata jerawat yang ada di dahi dengan keadaan cukup parah dapat kamu atasi dengan mengkonsumsi obat minum atau oral, seperti vitamin A, retinol, anti radang, dan antibiotik. Tetapi, penggunaan obat oral ini wajib berdasarkan saran dari dokter.

4. Melakukan perawatan

Sejumlah tindakan medis yang dapat dilakukan guna menyembuhkan jerawat yang ada di dahi. Sebagian diantaranya yaitu ekstraksi komedo, injeksi kortikosteroid, terapi sinar, chemical peeling di jerawat dan juga mikrodermabrasi wajah.

Selain itu, biasakan diri untuk tidak menyentuh wajah atau tidak memencet jerawat. Hal tersebut sebab memencet jerawat bisa menghambat proses sembuhnya jerawat, menyebabkan bekas jerawat dan menjadikan jerawat meradang dan terinfeksi.

Demi mencegah dan mengatasi munculnya jerawat di area dahi, kamu harus merawat kebersihan kulit dan usahakan menghindari semua hal yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. 

Supaya jerawat tidak semakin parah, ada baiknya jangan memakai obat sembarangan ataupun melakukan perawatan sembarangan sebelum melakukan konsultasi ke dokter.

Nah, itu dia arti jerawat di jidat yang harus diketahui agar kamu bisa mengetahui cara menanganinya dengan tepat. Dengan membaca ulasan di atas, semoga sekarang kamu tidak bingung lagi untuk mencegah dan mengatasi jerawat di dahi. 

Dapatkan berbagai produk perawatan wajah untuk mengatasi jerawat wajah hanya di Astro. Belanja perawatan wajah di Astro nggak perlu nunggu lama, dalam hitungan menit pesanan kamu akan sampai ke tujuan. Yuk, langsung checkout kebutuhan kamu di aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Jidat

Penyebab Muncul Jerawat di Dahi dan Cara Menghilangkannya

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *