Rekomendasi Basic Skincare untuk Pemula yang Wajib Kamu Miliki

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula yang Wajib Kamu Miliki

Basic skincare perlu kamu lakukan untuk kulit lebih sehat dan cerah. Penggunaannya juga harus rutin, supaya hasilnya lebih maksimal dan menyehatkan kulit.


Penting bagi kamu yang baru mencoba atau pemula dalam penggunaan skincare untuk menggunakan basic skincare. Basic skincare bisa membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan juga cerah.  Apa itu basic skincare dan apa saja produk yang direkomendasikan untuk pemula? Mari kita ulas selengkapnya berikut ini.

Apa itu Basic Skincare?

Basic skincare adalah serangkaian perawatan wajah dasar yang penting untuk memenuhi kebutuhan kulit. Bagi pemula, sangat disarankan untuk menggunakan basic skincare terlebih dahulu, yang kemudian nantinya akan ditambahkan dengan produk-produk sesuai karakter dan kebutuhan kulit.

Apakah Basic Skincare Wajib?

Basic Skincare adalah hal penting yang harus diperhatikan setiap orang untuk memelihara kebersihan dan kecantikan kulit sekaligus menjaga kesehatan kulit. Meskipun simpel, nyatanya tiap tahapan dalam basic skincare ini memegang peranan khusus dalam membersihkan, melindungi, dan merawat kulit kita.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Pakai Skincare Secara Rutin

Basic Skin Care Terdiri dari Apa Saja?

Rekomendasi Basic Skincare untuk Pemula yang Wajib Kamu Miliki - Basic Skin Care Terdiri dari Apa Saja

Bagi kamu pemula dalam penggunaan skincare, kamu bisa mengikuti urutan basic skincare berikut untuk diaplikasikan dalam skincare routine kamu.

1. Cleanser/Pembersih Wajah

Basic Skincare untuk pemula yang pertama adalah menggunakan produk cleanser. Ada banyak produk cleanser di pasaran, salah satunya yang direkomendasikan adalah micellar water yang berfungsi untuk menghilangkan debu, kotoran serta menghapus make up. Setelahnya, kamu bisa menggunakan produk face wash/sabun cuci muka untuk membersihkan kulit lebih maksimal.

2. Toner

Basic Skincare berikutnya yang diperlukan pemula adalah toner. Jenis toner yang direkomendasikan adalah exfoliating toner. Produk exfoliating toner berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal di tahap sebelumnya, sehingga terhindar dari jerawat. Kamu juga bisa menggunakan jenis hydrating toner untuk kondisi kulit kering akibat penggunaan face wash yang menggunakan alkohol.

Perlu diperhatikan, penggunaan exfoliating toner tidak boleh terlalu sering. Untuk penggunaannya, direkomendasikan 2-3 kali seminggu pada malam hari. Sedangkan, untuk hydrating toner, dapat digunakan setiap pagi/malam hari dalam skincare routine-mu.

3. Serum

Serum adalah produk basic skincare yang mengandung vitamin, antioksidan dan lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari mencerahkan kulit, mencegah penuaan, hingga menyamarkan noda hitam. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan serum pada malam hari, supaya dampaknya lebih efektif. 

4. Moisturizer

Moisturizer alias pelembab sangat penting untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit agar tetap sehat. Kamu bisa gunakan moisturizer berjenis krim atau oil based untuk kulit yang kering. Sedangkan, jika kulit kamu berminyak, pilih moisturizer berjenis lotion atau gel based untuk menghidrasi kulit.

5. Sunscreen

Jika produk-produk di atas bertujuan untuk menjaga kondisi dan kesehatan kulit, sunscreen merupakan produk basic skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit. Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari dampak bahaya paparan sinar matahari, yaitu sinar UVA dan UVB. Sunscreen nggak hanya digunakan saat hari sedang panas, meskipun cuaca sedang hujan penggunaan sunscreen sangat penting, terlebih jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Sunscreen sebaiknya diaplikasikan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Agar Skincare Bekerja Maksimal

Nah, sekarang kamu nggak perlu kebingungan lagi untuk memulai penggunaan skincare. Pastikan kamu menggunakan produk-produk di atas ya, supaya kulit menjadi lebih sehat dan glowing. Oiya, sekarang kamu juga bisa lho belanja kebutuhan skincare kamu di aplikasi Astro. Mulai dari cleanser hingga sunscreen bisa kamu dapatkan di aplikasi Astro! Yuk, pesan kebutuhan skincare routine kamu di Astro, sampai dalam hitungan menit!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu