Cara Membuat Masker Beras Tanpa Campuran Untuk Kulit Wajah Cerah

Setiap orang tentu menginginkan kulit wajah yang halus dan juga cerah. Untuk membuat kulit wajah seperti itu, kamu bisa melakukan berbagai perawatan. Selain perawatan di salon, ada banyak perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan masker beras. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu sedang memiliki banyak waktu luang dan bersantai di rumah. Jika kamu belum tahu proses pembuatan masker beras, berikut ini akan dijelaskan cara membuat masker beras tanpa campuran untuk membuat kulit wajah kamu jadi cerah dan halus.

Baca Juga: Basmi Mata Pandamu! : Cara Hilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata dalam 5 Menit

1. Siapkan Semua Bahan

Untuk membuat masker beras, tidak terlalu banyak membutuhkan bahan karena hanya membutuhkan beras dan air saja. Untuk beras yang diperlukan sekitar segenggam atau sebanyak satu gelas kecil saja untuk dijadikan masker.

2. Rendam Beras

Selanjutnya rendam beras menggunakan air bersih selama semalaman. Kamu juga harus memastikan bahwa wadah yang digunakan untuk merendam beras tidak kotor atau berdebu. Maka ada baiknya untuk menutup air rendaman beras atau letakkan di tempat yang aman.

3. Tumbuk Beras

Keesokan harinya kamu bisa langsung tiriskan rendaman beras di wadah yang baru. Setelah itu kamu bisa langsung tumbuk hingga bentuknya halus seperti bubuk.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah menjadi bubuk, maka dilanjutkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Pastikan posisinya ada di tempat aman sehingga tidak ada debu maupun kotoran yang masuk ke dalam wadah.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

5. Masker Beras Siap Digunakan

Setelah proses penjemuran sudah selesai maka bubuk beras yang sudah halus bisa langsung digunakan menjadi masker wajah. Campurkan bubuk beras dengan air biasa atau bisa juga dengan air mawar sebagai pelarutnya.

6. Bilas Wajah

Jika kamu sudah selesai menggunakan masker beras selama kurang lebih 20 menit maka bisa langsung bilas. Bilas yang pertama dengan air hangat dan bilas kedua bisa menggunakan air dingin. Lakukan penggunaan masker beras untuk wajah secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Itulah cara membuat masker beras tanpa campuran yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Kamu juga bisa buat masker beras yang lebih baik lagi dengan menggunakan  bahan lainnya seperti kunyit, lidah buaya, minyak zaitun, madu, teh hijau, kopi, dan susu. Tapi jika ingin lebih praktis maka bisa pilih yang tanpa campuran bahan lainnya. Sekalipun tanpa campuran, penggunaan masker beras juga memberikan berbagai manfaat.

Baca Juga: Tidak Perlu Mahal, Ini Dia Tips Hilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Mudah

Manfaat dari masker beras untuk wajah kamu seperti mencegah tanda penuaan dini. Biasanya penuaan dini memiliki tanda-tanda seperti keriput, flek hitam, hingga kering. Dengan menggunakan masker beras maka bisa mencegah terjadinya penuaan dini karena beras bisa meningkatkan pembentukan kandungan kolagen dalam kulit. Selain itu terdapat kandungan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menjaga elastisitas kulit kamu.

Apalagi bagi kamu yang kulitnya sering terbakar karena aktivitas di luar ruangan tentu bisa menggunakan masker beras. Di dalam beras terdapat zat yang mampu menyembuhkan peradangan pada kulit akibat terbakar. Makanya penting untuk mengoleskan tabir surya pada kulit sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.

Jangan tunda lagi, segera buat masker beras sendiri di rumah dengan membeli beras serta berbagai kebutuhan lainnya untuk kesehatan wajah hanya di aplikasi Astro. Ada banyak bahan-bahan alami untuk membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan juga cerah tersedia di aplikasi Astro yang bisa dipesan sekarang juga. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie