Apakah Aman Menggunakan Pasta Gigi Untuk Jerawat, Ini Penjelasannya

Sebagai acne fighter, mungkin kamu telah melakukan banyak cara guna menghilangkan jerawat seperti memakai obat oles, melakukan perawatan rutin untuk kulit atau bisa jadi kamu telah melakukan berbagai cara alternatif, salah satunya mengoleskan pasta gigi pada jerawat?

Pasta gigi untuk jerawat pernah menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal ini sebab kandungan yang ada di dalam pasta gigi diyakini bisa menjadikan jerawat lebih mudah untuk kering. Namun, apakah cara tersebut sangat aman dilakukan? Untuk itu, simak ulasan tentang pasta gigi untuk jerawat berikut ini,

Keamanan dan Efektivitas Pemakaian Pasta Gigi pada Jerawat

Sebenarnya mengoleskan pasta gigi pada jerawat banyak dilakukan sebab bahan aktif yang ada di pasta gigi diyakini bisa membuat jerawat kempes dan mematikan bakteri yang mengakibatkan jerawat.

Kandungan aktif tersebut yaitu triclosan. Triclosan mempunyai efek antiseptic yang bisa mematikan kuman atau bakteri. Tetapi, bila dipakai pada jerawat, kandungan ini ternyata tidak mampu mematikan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya triclosan, ada pula kandungan baking soda, hidrogen peroksida dan alkohol di dalam pasta gigi. Kombinasi bahan tersebut dianggap bisa mengeringkan jerawat. Padahal, saat diolesi pada kulit wajah, khususnya pada jerawat, bahan ini justru dapat mengakibatkan kulit menjadi semakin kering dan menimbulkan iritasi.

Ada lagi satu kandungan bahan pada pasta gigi dan dapat menyebabkan masalah baru pada kulit yaitu sodium lauryl sulfat atau biasa dikenal dengan SLS. Pada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, pemakaian pasta gigi di kulit ini bahkan dapat mengakibatkan luka bakar sampai pemicu dermatitis kontak.

Sehingga, jawaban dari penggunaan pasta gigi apakah efektif dan aman guna mengatasi jerawat? Menurut informasi di atas tentu saja jawabannya tidak. Oleh sebab itu ada baiknya kamu menghindari penggunaan pasta gigi di kulit wajah.

Untuk kamu yang ingin menyembuhkan jerawat kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini yang efektif dan aman untuk dilakukan.

Tips Mengobati Jerawat yang Efektif dan Aman

Salah satu cara guna mengatasi kulit yang sedang berjerawat yaitu dengan merawat wajah secara alami. Di bawah ini beberapa cara yang dapat kamu ikuti:

1. Rutin cuci muka

Untuk mengkampanyekan jerawat dengan cepat dan alami, dianjurkan untuk rutin membersihkan muka memakai sabun yang berbahan lembut. Kamu harus membiasakan untuk membersihkan muka sebanyak dua kali sehari dan tidak lupa membersihkan muka sesudah memakai make up dan setelah berolahraga.

2. Oleskan toner ke kulit muka

Sudah pencuci muka, kamu dapat oleskan toner pada kulit wajah. Tanah dapat membantumu untuk membersihkan sisa make up dan kotoran yang masih ada pada wajah. 

Tidak hanya itu, tomat pun bisa membantu mencegah kulit kering, mengembalikan lagi pH kulit, dan menekan produksi minyak. Kamu untuk mengatasi gangguan kulit, apalagi jerawat yang sedang kamu alami.

3. Gunakan pelembab muka

Cara berikutnya yang harus dilakukan yaitu menjaga kelembaban kulit muka dan salah satunya kamu bisa mengoleskan pelembab. Keadaan wajah yang lembab dapat menghambat produksi minyak yang meningkat. 

Hal ini bisa mencegah jerawat di wajah. Jika kulit sedang berjerawat, gunakan pelembab yang mencantumkan label bebas minyak dan non-comedogenic.

4. Gunakan sunscreen

Sudah Mengoleskan pelembab, tidak lupa kamu harus mengoleskan sunscreen. Hal ini sebab untuk beberapa orang, paparan cahaya matahari bisa memperparah kondisi jerawat.

Tetapi sebab biasanya sunscreen bersifat comedogenic, kasikan dulu ke dokter guna memperoleh jenis sunscreen yang cocok bagi kulit sedang berjerawat.

Bahan Alami untuk Menyingkirkan Jerawat

Tidak hanya rajin untuk merawat kulit dengan benar, kamu juga dapat menyingkirkan jerawat secara alami menggunakan bahan-bahan di bawah ini:

1. Es batu

Es batu bisa meredakan peradangan jerawat. Caranya yaitu bungkus es menggunakan kain yang bersih dan tempelkan di kulit yang sedang berjerawat sekitar 1 menit. Cara yang satu ini bisa meredakan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

2. Putih telur

Putih telur bukan hanya bisa meredakan Peradangan pada jerawat saja, namun juga bisa mengencang kan kulit dan memantau jumlah minyak di kulit wajah. Untuk menggunakan putih telur menjadi masker jerawat, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur pada area yang sedang berjerawat saja dan biarkan selama 10 menit. Sesudah itu, bilas memakai air sampai bersih.

3. Madu

Tips menghilangkan jerawat selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memakai masker madu. Madu bisa merawat bakteri baik yang terdapat pada kulit dan mempercepat proses dalam menyembuhkan jerawat.

Jika ingin menggunakan madu menjadi masker jerawat, kamu bisa mencampurkan kayu manis dengan 3 sendok makan madu. Lalu masukan ke microwave sebentar 30 detik dan biarkan sebentar.

Sesudah masker dingin, oleskan ke seluruh muka secara merata. Biar makan sekitar 10 min dan bilas sampai bersih.

4. Mentimun

Bukan hanya bisa menyembuhkan mata bengkak, mentimun bisa mengurangi peradangan, pembengkakan pada jerawat dan memberikan sensasi dingin di kulit wajah.

Supaya perawatan yang kamu lakukan ini berhasil, kamu pun harus memperbaiki pola hidup dengan memulai pola makan yang lebih sehat, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan hindari stress berlebihan.
Nah, sekarang kamu menjadi tahu jika pasta gigi untuk jerawat merupakan cara yang salah untuk menyembuhkan jerawat meradang. Kamu bisa menggunakan beberapa cara diatas yang telah kami rangkumkan untukmu. Semoga cara tersebut bisa membantu kamu menghilangkan jerawat membandel yang ada di muka.

Dapatkan berbagai produk perawatan wajah untuk mengatasi masalah jerawat hanya di Astro! Pesan produk perawatan wajah di Astro, akan sampai dalam waktu hitungan menit saja! Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Penggunaan Pasta Gigi untuk Jerawat, Apakah Aman?

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *