7 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan 

Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang harus hadir di dapur semua orang. Tidak hanya fungsi utamanya menjadi penyedap masakan saja, nyatanya ada manfaat kumur air garam untuk kesehatan tubuh yang sangat besar. 

Mungkin ada beberapa dari kamu yang tidak mengetahui tentang khasiat dari garam yang satu ini. Supaya kamu bisa tahu lebih banyak tentang manfaat kumur menggunakan air garam, langsung saja simak berbagai khasiat air garam untuk kesehatan di bawah ini. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Khasiat Kumur dengan Air Garam untuk Kesehatan 

Walaupun mulut dan gigi mu belum ada masalah, tetapi tidak ada salahnya untuk rajin berkumur menggunakan air garam. Hal yang satu ini demi mencegah mulut dan gigi dari kerusakan atau masalah kesehatan lainnya. 

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari berkumur dengan air garam yang dapat kamu peroleh bila rajin melakukannya. 

1. Mengobati hidung tersumbat 

Saat kamu sedang terkena pilek, maka kamu akan merasakan gejala hidung tersumbat. Keadaan ini pastinya menjadikan kegiatan bernafas mu terganggu sehingga kamu merasa sangat tidak nyaman. 

Tidak hanya mengkonsumsi obat-obatan yang bisa meredakan flu, berkumur dengan air garam pun menjadi cara yang dapat kamu lakukan guna mengatasi masalah hidung yang tersumbat ini. 

Khasiat berkumur dengan air garam ini disebabkan adanya kandungan zat yang bisa menangkal bakteri penyebab pilek dan juga mencairkan lendir yang menumpuk di dalam hidung yang menjadi penyebab terjadinya hidung tersumbat. 

Selain pilek, tersumbatnya hidung pun bisa dikarenakan dari infeksi sinus, alergi sampai bronkitis pun bisa disembuhkan dengan berkumur menggunakan air garam. 

2. Menyembuhkan radang tenggorokan 

Khasiat berkumur dengan air garam berikutnya yaitu dapat menyembuhkan radang tenggorokan yang biasanya ditandai dengan terjadinya gatal dan sakit di tenggorokan. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, larutan dari air garam ini akan bekerja untuk menyerap cairan berlebihan yang ada di dalam mulut, menjadikan bagian dalam mulut tidak begitu lembab. Hal ini pun berlaku bagi tenggorokan sebab di tenggorokan juga ada selaput mukosa yang bila sangat basah bisa menjadi tempat yang cocok untuk bakteri berkembang. 

Khasiat berkumur menggunakan air garam pada masalah radang tenggorokan pun dianggap ampuh guna melegakan tenggorokan dengan meredakan gatal dan gejala sakit. 

Tidak hanya radang tenggorokan, sejumlah masalah tenggorokan yang lainnya pun dapat diobati dengan cara berkumur menggunakan air garam seperti laringitis dan tonsillitis. 

3. Mengobati sakit gigi 

Sepertinya kamu sudah sangat familiar dengan manfaat atau fungsi kumur dengan air garam yang ini, bukan? Atau, kamu menjadi salah satu orang yang berkumur air garam saat sedang sakit gigi? 

Ya, mengobati sakit gigi memang khasiat berkumur menggunakan air garam yang sudah terbukti efektif. Di dalam garam terdapat kandungan natrium klorida yang ampuh guna mengatasi infeksi bakteri yang dapat mengakibatkan sakit gigi, juga peradangan di gigi yang mengakibatkan terjadinya keadaan ini. 

Untuk itu, kamu bisa berkumur menggunakan air garam dengan rutin untuk menyembuhkan sakit gigi yang sedang dirasakan. Tetapi, periksakan gigimu juga ke dokter gigi untuk memperoleh perawatan medis yang lebih baik supaya sakit gigi dapat diobati dengan cepat. 

Baca Juga: Begini Cara Diet Dengan Air Hangat yang Efektif

4. Mencegah bau mulut

Bau mulut merupakan masalah kesehatan di mulut yang banyak dialami oleh sebagian orang, bahkan kamu menjadi salah satunya. Bau mulut pastinya merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan. 

Karena, tidak hanya mengindikasikan jika kebersihan mulutmu cukup rendah, tetap bau mulut pun menjadikan kamu dan orang di sekeliling menjadi terganggu serta tentunya hal ini akan menurunkan rasa percaya dirimu. 

Bukan hanya harus rajin menggosok gigi, tips mengatasi bau mulut alami pun dianggap cukup efektif, caranya dengan berkumur memakai air garam. Khasiat berkumur dengan air garam ini yaitu garam bisa bekerja guna mencegah tumbuhnya bakteri yang mengakibatkan bau mulut. 

Selain itu, garam juga bisa menetralisir pH pada mulut sehingga bakteri menjadi susah untuk berkembang. Namun sayangnya, efektivitas air garam guna mengatasi bau mulut ini hanya untuk masalah bau mulut yang ringan saja. 

5. Menyembuhkan sakit lidah 

Pada lidah, sering kali timbul plak putih yang biasanya disebabkan dari jamur atau bakteri akibat kebersihan lidah ini tidak dijaga dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, berkumur air garam merupakan solusi mudah tetapi ampuh yang dapat kamu lakukan. Khasiat berkumur air garam ini tentunya bersumber dari kandungan natrium klorida yang ada di dalam garam. 

6. Menyembuhkan gusi yang sakit 

Gusi yang sakit pun merupakan masalah pada mulut dan gigi yang banyak dialami. Gingivitis merupakan penyakit dengan gejala sakit pada gusi. Penyakit ini diakibatkan dari gusi yang membengkak yang bisa menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. 

Untuk menyembuhkannya, kamu bisa berkumur menggunakan air garam. Sebab natrium klorida memiliki peran guna menangkal bakteri penyebab penyakit tersebut. Tetapi, ada baiknya kamu tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

7. Membersihkan hidung 

Kamu juga dapat memakai air garam guna kebutuhan di luar mulut dan gigi, seperti untuk membersihkan hidung. Hal ini biasanya bila kamu tidak mempunyai cairan saline yang dipakai guna membersihkan hidung. 

Masukan 1 sendok teh garam non yodium dan 1 sendok teh baking soda, lalu larutkan pada segelas air bersih. Cuci hidung mu memakai larutan ini satu kali sehari saja. 
Demikianlah, segudang manfaat kumur air garam yang bisa kamu coba jika mengalami masalah kesehatan tertentu. Pastikan untuk melakukannya dengan benar dan tidak berlebihan demi menghindari terkena masalah kesehatan yang lainnya.

Baca Juga: Kenali Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih, Tubuh Selalu Sehat

Dapatkan berbagai kebutuhan harian berkualitas dengan proses pengantantaran yang cepat hanya dalam hitungan menit. Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

7 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu