Kenali Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih, Tubuh Selalu Sehat

Tahukan kamu, cara terbaik untuk menjadi sehat yaitu dengan memenuhi asupan cairan per harinya dan mengkonsumsi air putih secara rutin pada waktu yang tepat. Mungkin beberapa orang masih merasa kesulitan ketika mengimbangi waktu yang tepat untuk melakukannya. Untuk itu, kamu harus mengenali waktu yang tepat untuk minum air putih.  

Sebab, pada dasarnya hampir 60-70% tubuh manusia terdiri akan air. Jika tubuhmu mengalami dehidrasi, maka dapat muncul berbagai masalah dalam tubuh yang membuat kamu sakit dan tidak melakukan aktivitas seperti biasa. Oleh karena itu, pahami waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air putih agar selalu sehat seperti berikut ini. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Jadwal yang Tepat Mengkonsumsi Air Putih 

Setiap orang telah mengetahui jika setidaknya kita harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari atau sama seperti 8 gelas setiap hari. Walaupun begitu, terdapat banyak opini yang tidak sama mengenai jumlah air putih yang wajib diminum dalam sehari. 

Institute of Medicine Food and Nutrition Board mengungkapkan jika rata-rata jumlah air yang wajib dikonsumsi dalam sehari yaitu sebanyak 2,6 liter untuk wanita dan pria sekitar 3,7 liter. 

Tetapi, berapapun jumlah air yang wajib diminum pada intinya yaitu kamu harus bisa memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Karena, tanpa adanya asupan air yang cukup, maka kamu bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang bisa menjadi sebuah masalah kesehatan. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi air putih dengan jadwal yang tepat perlu dilakukan supaya bisa memaksimalkan efektivitasnya di dalam tubuh dengan baik. Di bawah ini merupakan waktu-waktu untuk mengkonsumsi air putih. 

1. Minum dua gelas pada pagi hari sesudah bangun tidur 

Saat kamu bangun tidur, tubuh mu akan mengalami dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Berapapun jumlah air yang dikonsumsi pada hari sebelumnya, kamu wajib mengisi ulang tubuhmu dengan cairan.

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan jika mengkonsumsi air putih sesudah bangun tidur. Minum air putih ketika perut kosong dapat meningkatkan 24% laju metabolisme. Kerja tubuhmu untuk membuang racun dan mencerna makanan pada tubuh juga lebih ringan. 

Tidak hanya itu, sebab kamu tidak minum dan makan selama semalaman, produksi asam lambung pada perut mu juga semakin meningkat. Untuk itu, mengkonsumsi air putih pada pagi hari sesudah bangun tidur dapat membantu menurunkan kadar asam lambung. Sehingga, perut mu lebih nyaman saat ingin sarapan. 

2. Minum segelas 30 menit sebelum makan 

Jadwal mengkonsumsi air putih sebelum makan bisa jadi akan membantumu yang sedang menjalani program diet. Umumnya, waktu yang dianjurkan yaitu 30 menit sebelum makan.  

Minum satu gelas sebelum makan bukan hanya bisa membantu kamu lebih cepat kenyang, namun bisa membantumu untuk mengendalikan porsi makan. Dampaknya bahkan pernah dibuktikan melalui penelitian kecil yang rilis di jurnal Clinical Nutrition Research pada tahun 2018. 

Pada penelitian tersebut tampak jika peserta yang tidak mengidap obesitas dan minum air dan makan dengan porsi yang lebih sedikit, merasa sama kenyangnya seperti peserta yang sebelumnya tidak minum air putih. 

Baca Juga: Begini Cara Diet Dengan Air Hangat yang Efektif

3. Minum segelas saat merasa kelelahan 

Sekitar 50% sampai 60% dari bobot tubuh mu berasal dari air. Tetapi, tingkat air pada tubuh akan terus berkurang lewat urine, pernapasan dan keringat. Saat kamu kekurangan cairan, maka mungkin kamu merasa lebih lemah dan lelah dari biasanya. 

Kurangnya mengkonsumsi air bukan hanya bisa mengakibatkan kelelahan, namun juga bisa mengakibatkan stres, marah, gangguan tidur, sakit kepala, kehilangan fokus, kabut otak dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, saat kamu merasa tubuhmu mulai lelah, langsung isi lagi cairan yang hilang dengan mengkonsumsi air putih. Minum air putih sesuai asupan harian bisa membantu kamu untuk mempertahankan energi. 

4. Sebelum dan sesudah berolahraga 

Mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga pun bisa menjadi waktu yang tepat untuk minum air putih. Ketika kamu berolahraga, suhu tubuh mu akan meningkat. Demi mengembalikannya pada suhu optimal tubuh juga mengeluarkan keringat. 

Keringat yang keluar menjadikan kadar cairan yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang. Sehingga, kamu harus minum air sesudah berolahraga guna menggantikan cairan yang sudah hilang. 

Semetara, minum air putih sebelum melakukan olahraga bisa membantu tubuh supaya tetap terhidrasi dan menghindari penurunan kinerja tubuh, kapasitas anaerobik dan aerobik serta kekuatan tubuh. 

5. Sebelum tidur

Dengan mengkonsumsi air putih sebelum tidur bisa membantu tubuhmu mengisi lagi cairan yang sudah hilang karena kegiatan sepanjang hari. Khususnya bila kamu minum air hangat. Kebiasaan yang satu ini bisa membuat kamu selalu terhidrasi selama semalaman dan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan. 

Walaupun begitu, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi air putih yang banyak ketikan jadwal ini, khususnya jika kamu ingin langsung tidur sesudahnya. Bisa jadi hal ini menyebabkan kamu buang air kecil di malam hari. 

6. Minum lebih banyak saat sakit 

Ketika kamu sakit demam, tubuhmu akan banyak mengeluarkan keringat. Begitu pula jika kamu mengalami masalah pencernaan dengan gejala sering BAB atau muntah-muntah, cairan di dalam tubuh juga semakin banyak yang hilang. 

Pastikan untuk mengkonsumsi air lebih banyak supaya tubuh tidak dehidrasi. Karena saat sudah terjadi, dehidrasi dapat memperparah gejala sakit yang kamu alami. 
Setelah kamu mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk minum air putih, maka mulai saat ini kamu bisa menerapkannya agar tidak kekurangan cairan di dalam tubuh dan supaya membuat tubuh mu semakin sehat.

Baca Juga: Tips Konsumsi Air Saat Bulan Puasa : 3 Cara Mudah Cukupi Kebutuhan Air

Yuk! Mulai pola hidup sehat dengan minum air putih dan konsumsi makanan-makanan yang sehat. Kamu bisa dapatkan berbagai makanan sehat mulai dari buah-buahan, sayur, daging, dan kebutuhan harian lainnya di aplikasi Astro. Pesan kebutuhan harian online di aplikasi Astro cepat sampai dan melayani selama 24 jam penuh! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Waktu-Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu