Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Apakah kamu termasuk orang yang senang mengkonsumsi air hangat sebelum tidur? Walaupun mungkin malas untuk meminum air hangat sebab tidak ingin bolak-balik buang air kecil, tetapi manfaat minum air hangat sebelum tidur ada banyak sekali, lho! 

Hal tersebut diyakini bisa menjadikan tidurmu lebih nyaman dan nyenyak. Tetapi, kadar kehangatan air yang ingin kamu minum pun jangan terlalu panas sebab dapat melukai tenggorokan dan mulut mu. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi air hangat yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Begini Cara Diet Dengan Air Hangat yang Efektif

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat 

Mengkonsumsi air hangat saat sebelum tidur dihubungkan dengan manfaat kesehatan yang sangat baik. Adapun manfaat dari minum air hangat yang dapat kamu peroleh, seperti: 

1. Tubuh selalu terhidrasi 

Manfaat dari minum air hangat yang pertama adalah membuat tubuh kamu selalu terhidrasi saat sedang tidur atau semalaman. Hal ini bisa menghindari dari kehausan dan keringnya tenggorokan yang dapat mengakibatkan kamu terbagun ketikan tidur.

2. Memperbaiki suasana hati 

Saat pikiran dan tubuh mu lelah sesudah beraktivitas seharian, maka kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air hangat sesaat sebelum tidur. Minum air hangat ini dipercaya bisa memperbaiki suasana hati dan menjadikan tubuh mu rileks sehingga tidur bisa lebih nyenyak. 

3. Menggantikan cairan di dalam tubuh

Kamu terus memakai dan kehilangan banyak cairan tubuh ketika berkeringat, buang air besar dan buang air kecil. Namun, mengkonsumsi air hangat dapat menggantikan cairan tubuh yang sudah hilang sehingga bisa menjaga sistem tubuh guna tetap bekerja dengan baik walaupun saat malam hari. 

4. Mendetoks tubuh 

Mengkonsumsi air hangat sebelum tidur juga menjadi sebuah cara alami guna membantu mendetox tubuh dan membuat pencernaan mu lebih sehat. Saat mengkonsumsinya, tubuhmu akan mengeluarkan racun mengeluarkannya melalui keringat. Hal ini pun bisa membantu meredakan kram atau nyeri di perut. 

5. Menurunkan berat badan 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minum air putih sebelum tidur yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut terjadi sebab air hangat dapat menghancurkan makanan dan lebih cepat untuk mencernanya. 

Tidak hanya itu, minum air hangat pun bisa membantu kamu merasa kenyang sehingga menghindari mu bangun di tengah malam hanya untuk mengkonsumsi cemilan atau makan besar. 

Baca Juga: Ini Beberapa Manfaat Minum Air Putih Untuk Wajah

6. Meredakan kram ketika menstruasi 

Kram saat menstruasi merupakan hal yang sangat menyakitkan untuk seluruh wanita. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat sebelum kamu tidur. Pasalnya, panas yang asalnya dari air hangat ini sangat manjur guna menenangkan otot perut yang sedang mengalami kram. 

7. Meredakan pegal dan nyeri 

Minum air putih hangat sebelum kamu tidur bisa mengatasi pegal-pegal dan nyeri pada tubuh yang dapat diakibatkan dari berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, maka tubuh mu bisa menjadi lebih rilek dan tidur semakin nyenyak 

8. Membantu tidur agar lebih cepat 

Manfaat minum air hangat selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah bisa membantu mu untuk tidur lebih cepat dengan nyenyak. Minum segelas air hangat dapat memberikan efek menenangkan untuk tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika minum air hangat sebelum tidur ini dapat membuat tidur mu lebih nyenyak dan lebih cepat. 

9. Meningkatkan aliran darah 

Minum air hangat pun bisa meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang meningkat secara signifikan pada struktur otot dapat meningkatkan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Saat sirkulasi darah sangat lancar, maka organ yang ada di dalam tubuh pun bisa bekerja dengan sangat baik. 

10. Melawan berbagai infeksi 

Mengkonsumsi air hangat sebelum kamu tidur juga bisa membantumu untuk melawan berbagai infeksi, seperti flu. Kamu juga dapat menambahkan lemon yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi ke dalam air hangat. 

Seperti yang kita tahu jika vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat memberikan berbagai perlawanan yang kuat akan infeksi. Tidak heran bila minuman hangat yang satu ini dipercaya bisa meredakan batuk dan hidung tersumbat. 

11. Memperbaiki sel kulit mati 

Tidak hanya mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh saja, mengkonsumsi air hangat sesaat sebelum kamu tidur juga dapat membantu memperbaiki sel kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat kamu terlihat awet mudah. 

Rajin minum air hangat sebelum kamu tidur memang mempunyai banyak manfaat, tetapi bila kamu lakukan berdekatan dengan jam tidur atau minum secara berlebihan, maka bisa mengganggu siklus tidur mu sebab bisa meningkatkan risiko kamu terkena nokturia. 

Nokturia merupakan peningkatan keinginan untuk buang air kecil pada malam hari. Oleh karena itu, mengkonsumsi air hanya sebelum kamu tidur ada baiknya dilakukan khusus individu yang mengalami dehidrasi. 

Disisi lain, kamu pun harus minum air setiap hari minimal 8 gelas guna menghindari risiko dehidrasi dan menghindari asupan air yang berlebihan pada malam hari. Bukan hanya itu, tingkatkan konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air, minum setiap kali kamu ingin makan, minum sebelum dan setelah olahraga, serta minum ketika lapar sebab terkadang haus disalah artikan menjadi lapar.

Baca Juga: Kenali Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih, Tubuh Selalu Sehat

Itulah sejumlah manfaat minum air hangat sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu, mari memulai minum air hangat sebelum tidur untuk mendapatkan semua manfaat di atas dan supaya kamu tetap awet muda secara alami karena minum air hangat ini. 

Mulai hidup sehatmu dengan belanja bahan makanan sehat hanya di Astro! Belanja bahan makanan online di aplikasi Astro pasti sampai dalam waktu singkat dan siap melayani selama 24 jam penuh! Yuk! Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu