Ini Beberapa Manfaat Minum Air Putih Untuk Wajah

Ini Beberapa Manfaat Minum Air Putih Untuk Wajah

Sebagaimana yang sudah kamu tahu bahwa kulit pada tubuh manusia mempunyai kurang lebih 64%-nya adalah air. Tidak heran jika kulit sangat membutuhkan air sebagai perlindungan dan kelembaban kulit tetap terjaga dengan baik.

Jika sudah mengetahui fakta tersebut, mungkin kamu akan mulai bertanya-tanya tentang manfaat minum air putih untuk wajah. 

Sebenarnya, air putih memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh kamu tetap sehat. Tidak hanya itu, jika berfokuskan pada kesehatan kulit, tentu saja jawabannya sudah pasti “iya”.

Karena dengan rutin mengkonsumsi air putih, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang glowing dan cerah. Bahkan, dengan rutin dan mengkonsumsi minum air putih dengan cukup, bisa bantu pencegahan terhadap penuaan dini.

Memang belum ada penelitian yang bisa dikatakan sudah cukup untuk membuktikan manfaat tersebut, dan membuktikan tentang adanya hubungan secara langsung antara air putih dengan penampilan kulit pada wajah yang jelas. Ada penelitian dari Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology di tahun 2015 yang sudah memiliki penemuan.

Penemuan tersebut berupa asupan tubuh terhadap air putih yang lebih bisa memberikan kulit tetap terhidrasi. Maka, dengan begitu bisa meningkatkan penampilan pada kulit.

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Nutrition Review di tahun 2011. Mereka mengatakan bahwa mereka berhasil menemukan bahwa minum air putih bisa bantu kepadatan serta ketebalan terhadap kulit bisa lebih meningkat. Selain itu, minum air putih juga bisa bantu kembalikan kadar air yang sudah menghilang dari kulit.

Oleh sebab itu, bisa dibilang dengan minum air putih, kamu akan mendapatkan kesehatn pada kulit tetap terjaga. Namun, perlu diingat bahwa hasil kedua penelitian tersebut lebih menekankan bahwa minum air putih bisa bantu kulit lebih terhidrasi, asalkan minum air putih dengan cukup.

Baca Juga: Fakta Menggunakan Sabun Bayi Untuk Kulit Wajah

Ini Manfaat Minum Air Putih Untuk Wajah

Jika kamu bertanya apakah ada hubungan secara langsung antara kesehatan pada kulit dengan minum air putih, jawabannya “masih belum jelas”. Namun, keadaan dalam kulit bisa bantu memeriksa bagaimana kadar air dalam tubuh dan kulit bagaimana.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang air putih merupakan salah satu air yang harus diminum agar tubuh kamu tetap terasa bugar. 

Berikut ini adalah manfaat minum air putih untuk wajah yang harus kamu tahu. Simak yuk! 

  1. bisa bantu kulit tetap terjaga kecantikannya
  2. bantu turunkan tingkat stres
  3. bisa bantu mencegah penuaan dini pada area wajah
  4. bisa bantu kulit tetap memiliki nutrisi
  5. bisa bantu kulit lebih bercahaya
  6. bisa bantu meningkatkan warna kulit
  7. bisa bantu tingkatkan elastisitas pada kulit
  8. bisa bantu sembuhkan proses luka pada kulit lebih cepat
  9. bisa bantu mengurangi bengkak
  10. mencegah adanya jerawat
  11. mengurangi rasa kulit yang gatal
  12. bisa  bantu kulit tercegah dari kepanasan (cuaca dan bisul)
  13. bantu melembabkan kulit
  14. bagus untuk usus sehat dan memberikan hasil kulit yang bersih

Pengaruh Dehidrasi yang Berdampak Pada Penampilan Kulit

Jika dikatakan bukti dari penelitian, memang belum ada dengan pasti. Bukti penelitiannya pun tidak cukup. Namun, tubuh kamu jika sampai dehidrasi bisa memberikan pengaruh yang jelas terhadap penampilan kulit wajah.

Untuk memeriksa berapa kadar air dalam kulit tubuh, kamu bisa melakukan uji coba sederhana. Lakukan tes turgor, kamu cubit kulit dan pelintir kulitnya dan tahan sebentar, kurang lebih beberapa detik saja cukup. Setelah itu lepas, dan kembali pada bentuk semula. 

Kamu bisa memperhatikan, kadar air yang cukup pada kulit bagaimana. Apabila gerakannya lambat, itu bisa mengartikan bahwa kamu sedang dehidrasi. Selain itu, berarti sirkulasi darah menuju kulit memiliki air yang lebih sedikit. Hal tersebutlah yang menyebabkan kulit jadi kering.

Efektif Minum Air atau Menggunakan Produk Kecantikan Saja

Air putih sangat baik untuk bantu peredaran darah tetap lancar sampai pada seluruh area tubuh dan kulit. Jika aliran pada darah tidak lancar maka itu hanya akan menghambat nutrisi masuk ke kulit. Meskipun, bisa dibilang bahwa efek tersebut tidaklah signifikan.

Sedangkan banyak terbukti bahwa produk perawatan kulit atau skincare bisa bantu dan memiliki efek secara langsung atau dalam kurun waktu beberapa bulan bisa terlihat hasilnya. bahan ada produk kecantikan yang bisa bantu tetap menghidrasi kulit dan terbukti benar dari klaimnya.

Namun, perlu diingat, sebaiknya kamu menggunakan produk kecantikan atau skincare saja untuk tetap menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari masalah kulit lainnya. Sebenarnya secara umum, air putih hanya bisa memiliki manfaat sebagai menjaga vitalitas nya saja.

Baca Juga: Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Kapas

Demikian ulasan singkat tentang manfaat minum air putih untuk wajah yang harus kamu ketahui. Jika kamu membutuhkan segala keperluan sehari-hari, bisa langsung saja belanja di Astro. Astro siap bantu penuhi kebutuhan harian kamu dengan pengantaran yang cepat dan layanan 24 jam penuh. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu