Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Kapas

Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Kapas

Dalam urusan perawatan kulit memang tidak boleh main-main. Siapapun pasti ingin merawat kulit wajahnya agar tetap bersih, cerah dan tetap sehat. Namun, perlu kamu ketahui, pada umumnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa langkah paling utama dalam merawat kulit wajah adalah dengan mengetahui jenis dan karakteristik kulit wajah terlebih dahulu. 

Jika kamu sudah mengetahui jenis kulit wajah kamu dengan jelas, maka akan memudahkan kamu dalam mencari produk perawatan untuk kulit wajah kamu. Bahkan sekarang pun sudah ada jenis produk kecantikan atau riasan wajah yang mengandung zat aktif yang mampu membantu perawatan kulit optimal saat menggunakan make up.

Tentu saja, hal tersebut harus kamu perhatikan karena harus cocok dan sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Jika sudah cocok maka tidak akan masalah dengan kulit kamu.

Jika ingin mengetahui bagaimana jenis kulit wajah kamu maka bisa lakukan beberapa tes sederhana. Bahkan ada juga cara mengetahui jenis kulit wajah dengan kapas yang mudah dan bisa kamu ikuti di rumah saja. Tentu saja ini sangat praktis, karena kamu tidak perlu ke dokter kulit atau mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan tes jenis kulit wajah.

Faktor yang Menyebabkan Jenis Kulit Wajah Orang Berbeda-Beda

Apakah kamu sempat bertanya-tanya mengapa jenis kulit wajah orang-orang bisa berbeda satu sama lain, padahal tinggal di lingkungan yang sama saja. Khususnya di Indonesia sendiri dengan iklim yang cukup panas tentunya pada umumnya jenis kulit wajah orang akan sama saja. 

Namun, kenyataannya berkata lain, tidak semua jenis kulit wajah bisa sama saja. Berikut ini adalah beberapa ulasan tentang faktor apa saja yang membuat jenis kulit wajah bisa berbeda-beda jenisnya. Simak yuk!

  1. Kandungan berupa air yang ada di dalam kulit wajah;
  2. Banyaknya jumlah dari kandungan minyak yang ada pada kulit wajah; serta
  3. Kadar sensitivitas pada kulit.

Faktor-faktor tersebut tentu saja dipengaruhi oleh beberapa keadaan yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, kondisi yang bisa berbeda terjadi karena perubahan terhadap hormon, pola makan serta genetik seseorang. 

Mungkin tidak bisa disadari tetapi tentu saja pola makan, genetik dan hormon setiap orang sangat berbeda satu sama lain. Maka itu juga yang menentukan jenis kulit wajah orang berbeda-beda.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu melakukan tes sederhana untuk mengetahui jenis kulit wajah kamu supaya masalah yang ada pada kulit wajah bisa teratasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk perawatan khusus kulit yang sesuai dengan jenisnya.

Langkah Mudah Mengetahui Jenis Kulit Wajah Dengan Kapas

Perlu kamu tahu dengan jelas, bahwa jenis kulit wajah dibagi dalam 4 jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Jenis kulit tersebut yaitu ada normal, kering, berminyak dan juga ada jenis kulit kombinasi. 

Dalam praktiknya, sebenarnya mengetahui jenis kulit wajah dengan menggunakan kapas memang tidak terlalu berbeda jauh dengan cara sederhana lainnya.  Maka dari itu, berikut ini cara mengetahui jenis kulit wajah dengan kapas. Simak yuk!

Metode Blotting

Kamu dapat menerapkan langkah dengan metode blotting. Caranya cukup sederhana dan cepat kilat. Kamu gunakan kapas kemudian tepuk dengan perlahan pada area T zone wajah kamu.

Selanjutnya kamu bisa memeriksa kapas apakah terdapat minyak atau tidak. Jika menempel banyak residu minyak di kapas, bisa dikatakan jenis kulit wajah kamu adalah berminyak atau jenis kulit wajah kombinasi.

Namun, jika tidak ada residu minyak pada kapas, bisa dibilang jenis kulit wajah kamu normal yang bahkan cenderung jenis kulit wajah yang kering.

Membersihkan Kulit Wajah Secara Lembut

Dalam poin ini, kamu dapat menyentuh kulit secara langsung dengan tangan atau bisa juga menggunakan kapas. Sebelum mengetahui jenis kulit wajah dengan menggunakan kapas, maka sebaiknya kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan produk pembersih wajah atau facial foam. Setelah itu bilas dengan air dalam suhu ruangan, lalu pastikan jika sudah bersih maka tunggu sekitar 1 jam sampai kering sendiri. 

Usap dan bersihkan seluruh area wajah dengan lembut menggunakan kapas. Jika sudah, maka coba perhatikan dengan jelas apakah terdapat sisa atau residu minyak berlebih atau tidak.

Apabila kamu menemukan residu minyak yang berlebih pada area T zone maka kulit wajah kamu jenisnya adalah berminyak. Namun, apabila efeknya menjadi kering, kulit wajah terasa kencang, maka bisa dipastikan jenis kulit wajah kamu normal dan cenderung ke kering. 

Demikian cara mengetahui jenis kulit wajah dengan kapas yang bisa kamu ikuti dengan cara yang gampang dari rumah saja tanpa harus datang ke dokter. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan perawatan kulit dengan belanja di Astro yang merupakan online shop terpercaya yang memiliki layanan 24 jam non stop. Pesanan akan sampai rumah dengan cepat kilat. Kamu juga bisa unduh aplikasi Astro untuk memudahkan proses pemesanan barang kamu.

Referensi :

Lakukan 3 Tes Sederhana Ini untuk Mengetahui Jenis Kulit Anda

Sumber Gambar: Shuttestock

Arie Wahyu
Arie Wahyu