Begini Cara Diet Dengan Air Hangat yang Efektif

Cara diet dengan air hangat banyak dicari dan menjadi tren belum lama ini. Karena, diet air hangat adalah solusi diet yang sangat mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, diet air putih pun bukan hanya bisa menurunkan berat badan, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan.

Kamu bisa terkejut karena perubahan yang terjadi pada tubuh ketika melakukan diet air hangat setiap pagi. Diet yang satu ini sangat berpengaruh pada tubuh dan sangat praktis untuk kamu lakukan. Berikut ini ada beberapa cara diet dengan air putih hangat yang bisa kamu terapkan. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Tips Jalani Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menerapkan diet air hangat ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap sehat dan ideal. Di bawah ini merupakan cara diet air putih yang dapat kamu coba. 

1. Minum sebelum makan 

Cara diet air hangat yang pertama yaitu kamu harus membiasakan untuk minum sesaat sebelum makan. Hal ini dilakukan guna mengendalikan nafsu makan mu. Karena dengan mengkonsumsi air hangat, kamu akan merasa kenyang membuat jumlah makan yang kamu konsumsi juga akan berkurang. 

2. Minum air hangat dan banyak konsumsi sayur dan buah 

Tentunya diet air hangat ini harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mulai membiasakan minum air hangat dibarengi dengan konsumsi sayur dan buah untuk membantu turunkan berat badan. 

Kamu tahu jika sayur dan buah mengandung banyak serat dan air sehingga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu bisa memilih sayuran berdaun hijau dan buah-buahan bebas lemak untuk menu diet. 

3. Minum air hangat saat merasa lapar 

Cara diet air hangat selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu memperbanyak minum ketika kamu sedang merasa lapar. Karena dalam keadaan lapar, kamu akan cenderung lebih banyak mengkonsumsi makan berlebihan. Oleh sebab itu, supaya lebih sehat, kamu dapat memperbanyak minum air hangat sangat merasa lapar atau hanya ingin ngemil. 

4. Minum air hangat setiap 2 jam sekali

Cara diet air hangat yang satu ini dapat kamu terapkan dan harus menjadi kebiasaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu harus membiasakan untuk minum air hangat setiap 2 jam sekali. Dikutip dari Medical Daily, hal ini pun membantu memastikan tubuh diisi cairan kembali dan memperoleh cukup asupan air. 

Berdasarkan Riverside Health System, cukup maupun tidaknya kamu minum air hangat dapat terlihat dari warna urine. Apabila urine mu berwarna kuning gelap, itu merupakan indikasi yang kuat jika kamu memerlukan lebih banyak lagi cairan di dalam tubuh. 

Namun sebaliknya, jika urine mu berwarna kuning cerah, maka hal ini menjadi pertanda kamu telah cukup minum air putih. Untuk itu, kamu bisa mengeceknya dengan mudah saat sedang buah air kecil. 

5. Tetap rajin berolahraga  

Demi membantu efektivitas dari program penurunan berat badan, kamu pun dapat membuat jadwal olahraga secara rutin. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya atau 3 kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga. 

Dengan melakukan olahraga, pastinya tubuh mu akan merasa kelelahan dan banyak mengeluarkan keringat menjadi proses pembakaran kalori. Untuk itu, supaya metabolisme mu tetap terjaga dan mencegah resiko dehidrasi, kamu harus rajin minum air putih sesudah olahraga. 

6. Minum air hangat di pagi hari 

Sebelum kamu melakukan berbagai aktivitas pada hari itu, kamu juga dapat membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi air hangat. Karena, sesudah tidur semalaman tanpa asupan minum dan makanan, perut mu dalam kondisi kosong dan kekurangan cairan. 

Untuk itu, minumlah air putih supaya bisa membantu menambahkan cairan tubuh yang sudah hilang dan melancarkan metabolisme. Sehingga proses mu dalam menurunkan berat badan bisa berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca Juga: Kenali Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih, Tubuh Selalu Sehat

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari 

Kamu harus tahu jika air putih hangat bisa meningkatkan pencernaan dengan cara menghancurkan molekul lemak pada makanan dan membuah saluran usus lebih hangat sehingga mengurangi konstipasi. Berikut ini ada beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari yang harus kamu ketahui. 

1. Mengurangi rasa sakit 

Obat yang sangat alami dan manjur untuk meringankan rasa sakit dari kram ketika menstruasi yaitu air putih hangat sebab bisa melemaskan otot perut dan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. 

Tidak hanya itu, air hangat juga menjadi obat yang sangat efektif untuk seluruh jenis kram sebab meningkatkan aliran kapiler dan membantu melemaskan otot-otot yang ada di dalam tubuh. 

2. Memperbaiki pencernaan 

Apabila kamu mengkonsumsi air hangat pada pagi hari, itu bisa memicu sistem pencernaan dan membantu tubuh kamu untuk bisa mencerna dengan baik dan menghilangkan makanan. Untuk itu, kamu harus rajin minum air hangat untuk bisa merasakan manfaat yang satu ini. 

3. Mencegah penuaan dini 

Semua orang pastinya ingin awet muda. Tetapi racun di dalam tubuh bisa mengakibatkan penuaan yang sangat cepat. Saat tubuh banyak memupuk racun, maka kamu menjadi lebih mudah terkena penyakit. 

Air hangat bisa membantu tubuh untuk membersihkan racun. Tidak hanya itu, air hangat pun bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit yang bisa mengakibatkan meningkatkan keelastisan pada kulit. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Nah, itu dia cara diet dengan air hangat yang bisa kamu coba mulai sekarang agar mendapatkan semua manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga ulasan di atas membuat kamu menjadi lebih sering lagi untuk minum air putih hangat, ya!

Pastikan juga kamu konsumsi makanan sehat seperti buah & sayuran segar. Untuk itu, kamu bisa mendapatkannya di Astro! Astro siap bantu penuhi kebutuhan harian kamu dengan cepat & selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu