Harus Tahu, Ini Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Manfaat minum air putih 2 liter sehari bukan hanya untuk menghilangkan dahaga saja tetapi sangat bagus untuk kesehatan. Memang ada berbagai minuman yang bisa dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan cairan harian. Tetapi, jenis minuman yang sangat bagus dikonsumsi yaitu air putih sebab bebas gula dan kalori sehingga lebih menyehatkan. 

Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih per hari sebanyak 2 liter. Sedangkan untuk wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi air putih sekitar 2,5 liter setiap harinya dan ibu menyusui 3 liter per hari. 

Selain itu, kamu pun disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih bila mengalami beberapa kondisi, seperti ketika cuaca panas, sesudah berolahraga, atau saat mengalami diare, demam dan muntah-muntah. Di bawah ini ada beberapa manfaat air putih yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: 7 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan 

Manfaat Air Putih untuk Tubuh 

Air putih sudah terkenal karena berbagai manfaatnya untuk tubuh, termasuk menjadi obat panas dingin. Di bawah ini merupakan sejumlah manfaat dari air putih yang lainnya untuk kesehatan: 

1. Mencegah dehidrasi 

Menjaga kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih sangat penting guna mencegah tubuh mu dehidrasi atau kekurangan cairan. Walaupun tampak ringan, keadaan dehidrasi yang tidak langsung ditangani bisa mengakibatkan gangguan pada kerja ginjal, kejang dan bisa syok yang bisa membahayakan nyawa. 

2. Menjaga kesehatan otot dan sendi 

Mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter per harinya bisa meningkatkan kelenturan dan kekuatan serta otot tubuh. Dengan begitu, otot tidak kaku dan tubuh mu juga tidak akan mudah lelah ketika beraktivitas atau bergerak. 

3. Menjaga kesehatan kulit 

Cairan yang kurang di dalam tubuh mengakibatkan kulit menjadi sangat kering. Oleh sebab itu, penting guna memenuhi asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih supaya bibir dan kulitmu tetap terhidrasi. Tidak hanya itu, mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa mengembalikan dan menjaga kelembaban kulit dan bibir. 

4. Menjaga konsentrasi 

Kurangnya cairan di dalam tubuh juga bisa mengakibatkan masalah pada fungsi otak, khususnya kemampuan untuk konsentrasi dan fokus. Tentunya hal ini berdampak pada produktivitas dan aktivitas kamu sepanjang hari. 

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk rajin minum air putih, sehingga otak bisa berfungsi dengan lebih optimal. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan konsentrasi tidak mudah pecah. 

5. Menjaga saluran pencernaan 

Kamu harus tahu jika asupan cairan di dalam tubuh tidak tercukupi bisa mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sulit BAB sesudah operasi atau sembelit. Demi mencegah hal tersebut terjadi, kamu dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih. 

6. Menurunkan berat badan 

Mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari diketahui bisa meningkatkan metabolisme, sehingga sangat mudah bagi tubuh untuk membakar dan membuang kotoran lewat tinja, urine dan keringat. Tentunya hal ini sangat berdampak pada penurunan berat badan. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi air putih satu gelas saat sebelum makan diketahui bisa memberikan efek kenyang, sehingga porsi makan yang kamu konsumsi juga akan lebih sedikit. Dengan begitu, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga dan bobot tubuhmu tetap terkontrol. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

7. Mencegah resiko terkena penyakit batu ginjal 

Salah satu penelitian mengungkapkan jika mengkonsumsi air putih yang cukup bisa menghindari terbentuknya batu ginjal maupun kambuhnya penyakit tersebut pada individu yang pernah menderita penyakit tersebut. 

Hal ini sebab kebutuhan cairan yang cukup bisa melancarkan proses terbuangnya sisa metabolisme lewat urin dan menghindari terbentuknya kristal yang bisa mengakibatkan batu ginjal seperti asam urat. 

8. Mengatur tekanan darah 

Air merupakan bagian terbesar yang ada di dalam darah. Bila kamu kekurangan cairan di dalam tubuh, maka darah bisa lebih kental dan mengakibatkan terjadinya elektrolit yang tidak seimbang, seperti kalium dan natrium yang ada di dalam darah. 

Kekurangan cairan di dalam tubuh pun dapat berakibat pada tekanan darah yang menurun. Oleh sebab itu, rajin mengkonsumsi bisa menjaga tekanan darah dalam keadaan normal. 

9. Menghindari penyakit kardiovaskular 

Tidak hanya mencegah tekanan darah, cairan tubuh yang tercukupi pun bisa mencegah kamu dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung. 

Hal ini sebab rajin mengkonsumsi air putih bisa mencegah dehidrasi yang dapat berdampak pada terganggunya fungsi dari organ tubuh, salah satunya jantung dan memberikan dampak relaksasi di dalam pembuluh darah, sehingga tekanan darah juga bisa terjaga. 

10. Meningkatkan stamina 

Tubuh memerlukan energi guna menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi bukan hanya didapatkan dari makanan. Konsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya bisa menjadikan tubuh tidak mudah lemas saat beraktivitas dan bergerak. 

11. Menjaga kesehatan pada rongga mulut 

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter yang banyak tidak diketahui orang yaitu berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Cairan tubuh bisa membantu untuk membentuk air liur di dalam rongga mulut, yang mana air liur ini mempunyai peran untuk membersihkan rongga mulut dengan cara yang alami. 

Umumnya, individu yang kekurangan produksi air liur ini mempunyai resiko yang tinggi untuk memiliki gigi berlubang. Jika kamu tidak ingin gigimu berlubang, maka kamu harus mengkonsumsi air minum sebanyak 2 liter dalam sehari. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? 

Nah, itu dia semua manfaat minum air putih 2 liter sehari yang harus kamu ketahui. Bukan hanya mencukupi asupan cairan saja, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga, mengendalikan stres dan mencukupi waktu tidur. 

Baca Juga: Begini Cara Diet Dengan Air Hangat yang Efektif

Selain itu, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat. Untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat, selalu pastikan kamu belanja kebutuhan makanan sehat secara online di aplikasi Astro. Sebab, aplikasi Astro menawarkan ribuan produk berkualitas yang bisa kamu pesan dari aplikasi dan akan sampai dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, belanja di aplikasi Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu