Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Aman dan Lezat

Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Aman dan Lezat

Tidak sedikit ibu hamil yang menghindari cemilan saat masa kehamilan, padahal ada banyak cemilan sehat ibu hamil yang aman dan lezat. Ternyata banyak ibu yang menganggap jika banyak mengkonsumsi camilan bisa membuat berat badan bertambah dan berdampak pada proses persalinan yang sulit. 

Tetapi, nyatanya banyak bahan makanan sehat yang dapat dijadikan cemilan untuk ibu hamil. Lalu, apa saja cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini daftarnya. 

Baca Juga: Bumil, Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar

Cemilan Ibu Hamil yang Sehat dan Bergizi 

Selain buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan juga dapat menjadi cemilan untuk ibu hamil yang sehat dan bergizi sebab memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk janin. Dibawah ini ada daftar cemilan yang bagus untuk ibu hamil, seperti: 

1. Biskuit, selai kacang dan apel 

Kandungan lemak sehat, serat dan protein di dalam cemilan ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengoleskan 1 sampai 2 sdm selai kacang pada biskuit gandum atau irisan apel. Gunakan selai kacang yang tidak memiliki kandungan minyak terhidrogenasi. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa varian selai kacang seperti mete atau almond. Tidak hanya apel, pir dan pisang juga dapat menjadi pilihan cemilan untuk kamu selama kehamilan. 

2. Buah, yoghurt dan kacang 

Harus kamu ketahui jika kalsium sangat penting guna mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Kebutuhan kalsium ini bisa kamu temukan di produk olahan susu seperti yoghurt. Di pasaran banyak merk yoghurt yang bisa kamu beli, tetapi pastikan yoghurt tersebut mengandung kalsium. 

Untuk membuat cemilan ini kamu dapat tambahkan 1 sampai 2 sdm kacang-kacangan guna mendapatkan asam folat, serat dan protein. Lalu, berikan buah untuk toppingnya, seperti kismis, persik atau beri. 

3. Buah dan coklat 

Dikutip dari riset dalam NCBI, ternyata coklat bisa mengurangi resiko preeklampsia, yaitu keadaan yang bisa mengakibatkan kerusakan organ dan tekanan darah tinggi pada sebagian ibu hamil. 

Cemilan ini cocok kamu konsumsi langsung dengan buah segar atau olahan buah yang sudah dilapisi dengan coklat. Lalu, puding coklat yang dibuat dari susu rendah lemak bisa meningkatkan asupan kalsium kamu setiap harinya. 

4. Trail Mix

Trail mix merupakan cemilan yang bisa dikonsumsi oleh para ibu hamil. Olahan kacang bebas garam, buah kering tanpa gula dan juga dark coklat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk cemilan kamu. 

Buah kering dan kacang mengandung serat sehingga bisa mengantisipasi konstipasi. Dark coklat sangat bagus untuk jantung karena mengandung sedikit gula, lebih banyak zat besi, serat dan mineral. Kamu bisa coba membuat trail mix memakai bahan-bahan di atas. 

Baca Juga: Bunda Harus Tahu, Ini Daftar Makanan yang Memperbanyak ASI

5. Roti lapis tuna 

Ibu hamil boleh mengkonsumsi dua sampai tiga porsi ikan setiap tuna setiap minggu. Ikan tuna sendiri merupakan pilihan yang tepat sebab rendah merkuri, kaya akan protein dan menjadi sumber DHA dan omega-3 yang bisa membantu mengembangkan otak si Kecil.

Kamu bisa lengkapi kandungan lemak sehat dan serat dengan memberikan alpukat menjadi selai roti gandum. Cemilan roti lapis tuna ini adalah cemilan sehat untuk ibu hamil dengan banyak kandungan gizi di dalamnya. 

6. Smoothie 

Ternyata smoothie juga menjadi cemilan rendah kalori yang bagus untuk ibu hamil. Kamu bisa membuat smoothie memakai susu atau yoghurt sebagai bahan dasarnya, lalu tambahkan buah beri atau pisang untuk menambah rasa smoothie. 

Selain buah, kamu pun dapat membuat smoothie memakai seledri atau bayam. Sayuran tersebut memiliki banyak kandungan serat dan vitamin. Selain itu, kamu dapat tambahkan satu sendok makan selai kacang untuk protein tambahannya. Untuk kamu yang tidak suka makanan manis, maka kamu dapat menambahkan bubuk kakao

7. Popcorn 

Cemilan yang selanjutnya ini menjadi makanan sehat yang cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena, popcorn memiliki serat pangan, sehingga kamu bisa terhindar dari sembelit. Tetapi harus kamu ketahui, jangan menambahkan garam dan mentega. Jika ingin memberikan rasa manis, maka kamu bisa tambahkan selai kacang atau coklat. 

8. Selai kacang dan kacang kaleng 

Walaupun makanan kaleng sering dianggap kurang sehat, tetapi olahan makanan seperti selai kacang dan kacang kaleng tidak termasuk dalam makanan yang kurang sehat. Kacang kaleng hanya memiliki sedikit kalori dan lemak jenuh serta masih banyak serta di dalamnya. 

Kandungan yang ada di selai kacang dan kacang kaleng juga bisa membantu turunkan resiko terjadinya penyakit diabetes dan jantung. Sebab kacang mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang cukup tinggi. Jangan lupa pilih kacang bebas garam dan cuci kacang saat ingin dikonsumsi. 

Baca Juga: Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

Itu tadi beberapa cemilan sehat yang harus diketahui oleh kamu sebagai ibu hamil. Nah, untuk mendapatkan semua cemilan di atas, kamu bisa membelinya hanya di Astro yang siap sedia membantu kamu mengantarkan pesanan secara cepat dan dapat dipesan selama 24 jam penuh. Selamat mencoba!

Arie Wahyu
Arie Wahyu