Bunda Harus Tahu, Ini Daftar Makanan yang Memperbanyak ASI

Menyusui adalah salah satu hal yang biasa dilakukan oleh para ibu setelah melahirkan bayinya untuk memberi asupan makanan serta nutrisi. Tentu pemberian ASI yang eksklusif sangatlah penting untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Karena itu bagi kamu yang baru saja melahirkan berikanlah ASI, usahakan tidak mengganti dengan susu formula dikarenakan terdapat zat yang penting di dalamnya dan tidak akan ditemukan pada susu formula. 

Untuk bayi ASI adalah minuman dan makanan yang tepat serta sehat bagi masa pertumbuhannya. Oleh karena itu supaya bisa memperoleh ASI berkualitas dan juga melimpah sebagai ibu menyusui maka ada baiknya kamu selalu memperhatikan apa saja makanan yang bisa menambah kualitas bagi ASI.

Untuk dapat menjaga kualitas ASI kamu diharuskan mengkonsumsi makanan-makanan yang gizinya seimbang sebab hal tersebut adalah sesuatu yang penting untuk meningkatkan kualitas dari ASI. Selain itu kamu juga harus tahu bahwa apapun yang kamu konsumsi merupakan sumber makanan untuk bayimu.

Baca Juga: Bumil, Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar

Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Menyusui

Nah, berikut adalah beberapa cara bagi kamu yang saat ini menjadi ibu menyusui untuk bisa meningkatkan kualitas air susu, yaitu:

1. Mengonsumsi Zat Besi dan Kalsium

ASI merupakan sumber kalsium yang paling dibutuhkan supaya dapat meningkatkan kualitas dan juga pertumbuhan tulang pada bayi. Mengkonsumsi kalsium bisa ditingkatkan dengan cara makan sumber kalsium, contohnya ikan dan susu khusus ibu menyusui.

Tetapi kamu harus memastikan bahwa pada susu tersebut terdapat kandungan asam folat, vitamin, DHA, zat besi, hingga prebiotik FOS. Bahkan jika diperlukan kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mempunyai kandungan kalsium pada komposisinya.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Berikutnya yang harus kamu konsumsi sebagai ibu menyusui adalah buah-buahan dan juga sayuran hijau, ini dibutuhkan supaya zat besi di dalam tubuh meningkat. Dengan begitu selama masa menyusui tidak akan mengalami anemia, apalagi pada sayuran dan buah-buahan terdapat antioksidan yang membantu kamu menjaga daya tahan tubuh.

3. Makanan Berlemak

Selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak tinggi, namun tetap pada jumlah tertentu. Kamu harus tahu bahwa supaya ASI mempunyai kualitas yang baik, makan makanan dengan lemak tinggi dapat membantu bayi mempunyai postur tubuh ideal, tidak kekurangan gizi dan tentunya jauh lebih sehat.

4. Makanan Berprotein

Terakhir selain mengkonsumsi makanan yang memiliki mineral vitamin dan juga kaya lemak kamu sebagai seorang ibu menyusui perlu mengkonsumsi makanan yang mempunyai protein tinggi. Karena kamu harus tahu bahwa protein memiliki manfaat membangun jaringan tubuh bayi.

Baca Juga: 6 Jenis Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Alasannya!

Makanan yang Dapat Memperbanyak ASI bagi Ibu Menyusui

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja sumber makanan yang perlu dikonsumsi selanjutnya adalah jenis-jenis makanan yang dapat menambah kualitas ASI, seperti:

1. Bayam

Makanan pertama adalah bayam, sayuran hijau ini sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui yang rentan kekurangan zat besi atau mengidap anemia. Tentunya bila kamu memiliki masalah kesehatan tersebut akan membuat produksi ASI menjadi berkurang.

Selain dapat mengatasi masalah kekurangan zat besi, bayam ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pelancar ASI sebab memiliki kandungan fitoestrogen yang mana zat ini bisa meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

2. Gandum

Selanjutnya yang direkomendasikan bagi ibu menyusui supaya kualitas dan juga produksi asinya lancar adalah gandum. Sebab gandum mempunyai kandungan asam folat tinggi yang memang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon juga termasuk salah satu makanan yang baik bagi ibu hamil dan dapat meningkatkan kualitas serta produksi ASI. Apalagi jenis ikan ini sendiri memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang baik untuk ibu menyusui.

4. Susu Kedelai

Selanjutnya adalah susu kedelai, kamu harus tahu dengan mengkonsumsi susu kedelai sebanyak 2 gelas setiap harinya sangatlah baik bagi ibu hamil, karena di dalam susu kedelai mengandung protein yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

5. Daun Katuk

Untuk sayuran yang satu ini memang kerap kali direkomendasikan kepada para ibu menyusui yang ingin membuat produksi asinya menjadi lebih lancar, adalah Sauropus Androgynus atau yang dikenal dengan daun katuk. 

Sayuran ini mempunyai kandungan vitamin a, vitamin e, kalsium, vitamin c dan juga protein. Selain vitamin terdapat pula magnesium, seng, serta zat besi yang kesemuanya itu sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil, karena dapat merangsang oksitosin dan prolaktin yang merupakan hormon dalam produksi ASI.

Baca Juga: Ini Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

6. Jahe

Terakhir adalah jahe, siapa yang menyangka bahwa bumbu dapur yang satu ini termasuk salah satu sumber tanaman herbal untuk bisa memperlancar dan merangsang produksi ASI? Cara penggunaannya sendiri terbilang mudah karena kamu bisa mencampurkan jahe ke dalam teh atau ditambahkan pada masakan.

Nah, itulah tadi makanan yang memperbanyak ASI dan dapat kamu konsumsi secara rutin supaya kualitas dan juga produksi ASI menjadi lebih baik dan banyak. Untuk produk makanannya sendiri kamu dapat membeli secara langsung di aplikasi Astro! Yuk, belanja kebutuhan harian dengan cepat sekarang di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu