Jenis Sarapan Pagi Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sehat

Selama ibu sedang mengandung, pada umumnya akan merasa mual bahkan muntah-muntah. Hal-hal tersebut memberikan dampak pada ibu yang sedang hamil akan kehilangan rasa nafsu makan. 

Meskipun begitu, tidak sedikit juga ibu hamil lainnya yang justru tidak kehilangan nafsu makannya. Malah sebaliknya, ada beberapa yang merasa nafsu makan jadi bertambah. Kendati demikian, perlu kamu ketahui bahwa ibu hamil yang mengalami peningkatan nafsu makan atau penurunan nafsu makan, justru merupakan hal yang sangat wajar terjadi.

Oleh karena itu, perlu kamu perhatikan, bahwa menunjang kehamilan bagi ibu dan janin yang sehat tidak hanya itu saja. Harus diperhatikan dengan jelas dan rinci bahwa ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi makanan yang sembarangan.

Mulai dari asupan makanan juga sangat penting dalam mengupayakan keadaan ibu hamil dan bayi dalam kandungan tetap sehat. Terutama jika kamu masih hamil dalam tahapan trimester pertama, asupan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan gizi itu sangatlah penting diperhatikan.

Menu Sarapan Sehat Untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Berikut ini adalah menu-menu sarapan sehat yang baik untuk ibu hamil saat masih mengandung di trimester pertama yang wajib kamu ketahui dan ikuti. Simak dan perhatikan yuk!

1. Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat bahkan bisa dikonsumsi oleh ibu pada 4 minggu ketika belum hamil dan mengkonsumsi asam folat juga pada saat 8 minggu ketika sudah hamil. Hal itu sudah dijelaskan dalam sebuah jurnal yang dengan judul “Journal of American Medical Association”. 

Asam folat sangat baik untuk ibu hamil, khususnya pada yang masih trimester pertama. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, dapat meminimalisir adanya resiko autis terhadap bayi hingga 40%.

Selain itu, juga bisa mencegah resiko keguguran janin, baik untuk membentuk sel otak, mencegah anemia, jika belum hamil maka asam folat baik untuk suplemen prenatal, menurunkan resiko preeklampsia, serta sangat penting bagi kecerdasan bayi walaupun masih dalam kandungan ibu.

Makanan-makanan yang memiliki kandungan asam folat yang banyak bisa kamu temukan pada sayur hijau. Ada pada brokoli, bayam, serta ada juga pada kubis. Asam folat juga ada pada buah yaitu alpukat, jeruk, pepaya. Dan pada hati sapi, telur dan kacang-kacangan.

2. Menambah Kandungan Serat

Jika masih dalam masa kehamilan trimester pertama, maka akan sangat penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan yang dikonsumsi. Kandungan serat yang dikonsumsi bisa bantu ibu hamil dalam hal mengendalikan naiknya berat badan, serta mampu dalam pencegahan resiko preeklamsia. 

Bahkan, serat bisa bantu untuk menurunkan terjadinya resiko diabetes gestasional. Selain bisa bantu merangsang dalam perkembangan janin pada kandungan, namun nutrisi di dalamnya juga dapat bantu pencegahan adanya masalah dalam urusan buang air besar. 

Makanan yang ada kandungan serat tinggi adalah buah segar, dari kacang-kacangan, biji-bijian dan juga sayur yang sudah diolah menjadi masakan.

3. Makanan Mengandung Zat Besi

Saat ibu hamil masih dalam trimester pertama, akan sangat baik jika mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi. Sebab, mampu mencegah jika terjadi anemia. Mungkin hanya terdengar sederhana tetapi, jika ibu yang sedang mengandung sedang mengalami anemia, bayi dalam kandungan juga bisa terkena pengaruhnya.

Hal terburuk bisa mengalami kelahiran yang prematur, atau jika ibu sampai kekurangan zat besi, bisa berpengaruh pada IQ bayi di masa yang akan datang.

Makanan yang mengandung zat besi bisa didapatkan dari daging unggas, daging sapi, makanan laut (jangan yang mentah dan jangan makan yang ada merkuri), telur, biji-bijian, tahu, dan juga bayam.

4. Kandungan Protein

Makanan dengan kandungan protein sangatlah penting untuk ibu hamil. Karena, pada masa sedang hamil, kandungan protein bisa bantu dalam merancang terhadap adanya jaringan tubuh ibu dan bayi dalam kandungan.

Bahkan juga baik untuk meningkatkan imun tubuh maka, ibu hamil tidak akan mudah sakit. 

Makanan dengan kandungan protein yang baik adalah daging sapi (tidak ada lemak), daging unggas, telur, dan ikan.

5. Produk Olahan dari Susu

Makanan yang berasal dari produk olahan susu adalah yogurt, susu, dan juga keju. Makanan tersebut sangat baik untuk ibu hamil. Terutama untuk menu sarapan pagi.

Kandungan yang ada pada produk olahan susu adalah kalsium, vitamin D, protein, iodium asam folat. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan.

Jika mengkonsumsi susu, pastikan susunya sudah dalam proses pembersihan dari bakteri. Jadi, jangan sampai minum susu sapi yang masih mentah.

Demikian jenis sarapan pagi ibu hamil trimester pertama yang sehat untuk dikonsumsi. Selama sedang hamil, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup. Selain itu harus lakukan olahraga yang cocok untuk ibu hamil, istirahat secukupnya, jangan sampai tubuh merasa lelah, serta jangan lupa harus secara rutin memeriksa kandungan kepada dokter agar jika ada sesuatu mudah mengetahui perkembangannya.

Jika kamu sedang mencari segala bahan makanan sehat untuk sarapan ibu hamil, bisa langsung saja melakukan pemesanan dan beli segala macam bahan masakan untuk ibu hamil di Astro. Astro siap membantu kamu belanja bahan-bahan segar dari rumah dengan waktu singkat selama 24 jam penuh!

Referensi:

Ini 5 Menu Sarapan Sehat untuk Bumil Trimester Pertama

5 Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

7 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.