Daftar Sembilan Bahan Pokok Wajib Ada di Dapur

Bahan Pokok Wajib Ada di Dapur

Setiap hari tentunya semua orang harus memenuhi kebutuhan hidupnya terutama kebutuhan primer. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan paling penting yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup. Bukan hanya harus dipenuhi oleh masyarakat yang berada di kalangan bawah tetapi juga dibutuhkan kalangan menengah sampai atas. Kebutuhan primer terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu sandang, pangan, dan papan.

Sandang merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi semua orang terkait dengan pakaian yang layak sehingga bisa melindungi tubuh dari panas, hujan, dan kondisi lainnya. Selanjutnya ada pangan yang menjadi kebutuhan untuk bisa makan-makanan yang sehat dan bergizi demi kelangsungan hidup. Sedangkan papan adalah kebutuhan terkait dengan tempat tinggal yang layak untuk menetap sehari-hari.

Dari ketiga jenis kebutuhan primer, tentu yang setiap hari harus kamu penuhi adalah pangan. Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan bahan-bahan pokok untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan harian semua kalangan. Berdasarkan Kepmenperindag Nomor 115 yang diputuskan tahun 1998 menyatakan bahwa ada sembilan jenis kebutuhan pokok yang harus dipenuhi masyarakat. Makanya di bawah ini akan dibahas sembilan bahan pokok yang wajib ada di dapur kamu untuk menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga.

Baca Juga: Jenis jenis Beras yang Berkualitas dan Baik Untuk Kesehatan Selain Beras Putih

Beras

Bahan pokok yang pertama ini tentunya sudah tidak asing lagi karena wajib ada ketika ingin makan yaitu beras. Sebelum dikonsumsi, beras harus terlebih dahulu di masak agar menjadi nasi. Setelah menjadi nasi tentunya kamu bisa langsung makan yang ditambahkan dengan lauk pauk atau bahkan bisa diolah menjadi menu lainnya seperti nasi goreng, nasi kuning, dan yang lainnya. Harga bahan pokok beras bervariasi dengan rata-rata sekitar 10 ribuan per kilogram.

Minyak goreng

Selanjutnya ada minyak goreng yang menjadi salah satu dari sembilan bahan pokok yang wajib dipenuhi masyarakat. Apalagi bagi kamu yang suka masak setiap hari dengan cara ditumis atau digoreng tentu membutuhkan minyak goreng. Ada beberapa jenis minyak goreng seperti minyak zaitun, minyak wijen, hingga minyak kelapa sawit. Dari berbagai jenis yang tersedia di pasar biasanya masyarakat lebih memiliki minyak goreng kelapa sawit karena harganya lebih murah yaitu mulai 14 ribu rupiah per liternya.

Gula Pasir

Bagi kamu yang suka dengan rasa manis tentunya membutuhkan bahan pokok yang satu ini yaitu gula. Bukan hanya sebagai pemanis untuk minuman atau makanan tetapi juga bisa menyeimbangkan rasa pada masakan. Bahkan gula ini selalu dibutuhkan ketika setiap orang ingin masak kue kering atau basah. Dengan mengkonsumsi gula tentunya bisa mengembalikan energi dalam tubuh kamu yang hilang tapi tentunya harus mengkonsumsi sesuai petunjuk harian dan jangan berlebihan. Batas maksimal konsumsi gula harian yang disarankan Kemenkes setiap hari tidak lebih dari 50 gram.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Mungkin kamu dan sebagian orang lainnya tidak mengira bahwa bawang merah dan bawang putih termasuk ke dalam sembilan bahan pokok. Padahal bahan yang satu ini mampu menciptakan rasa lezat pada berbagai masakan sehingga masuk ke dalam salah satu sembako. Tanpa adanya bawang merah dan putih maka makanan akan terasa hambar dan kurang terasa nikmat.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Perbedaan Butter Mentega dan Margarin

Garam

Salah satu bumbu dapur yang termasuk ke dalam sembako adalah garam yang bisa membuat masakan kamu menjadi lebih enak. Pastikan juga memilih garam beryodium untuk di rumah karena memiliki lebih banyak manfaat mulai dari kesehatan tubuh hingga mencegah terjadinya penyakit.

Daging

Untuk bisa mendapatkan kandungan protein yang maksimal maka kamu harus menyantap daging yang termasuk sembilan bahan pokok. Mulai dari daging sapi atau daging ayam bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh kamu. Apalagi daging bisa dimasak dengan berbagai macam resep sehingga kamu tidak akan bosan makan daging.

Susu

Bagi kamu yang ingin mendapatkan nutrisi yang lengkap maka bisa mengkonsumsi susu setiap hari. Susu termasuk ke dalam salah satu sembilan bahan pokok karena dibutuhkan oleh semua orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Jadi jangan lupa selalu stok susu di rumah kamu untuk diminum setiap hari.

Telur

Salah satu sembako yang selalu dikonsumsi hampir setiap hari adalah telur. Dengan harga yang lebih murah dibanding daging sapi atau ayam tentunya telur menjadi pilihan semua kalangan. Walaupun harganya lebih murah tetapi kamu bisa mendapatkan protein yang cukup selain susu. Selain itu, telur juga mengandung asam amino, mineral, karbohidrat, vitamin, dan juga lemak.

Gas Elpiji

Sekarang sudah banyak masyarakat beralih dari penggunaan minyak tanah ke gas elpiji. Penggunaan gas elpiji bukan tanpa alasan karena memiliki berbagai manfaat seperti mengurangi emisi dan juga efek rumah kaca rendah serta membuat kamu lebih irit.

Baca Juga: Kumpulan Menu 4 Sehat 5 Sempurna yang Menyehatkan

Itulah sembilan bahan pokok yang wajib ada di dapur untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan kamu setiap harinya. Bagi yang ingin belanja sembako di pasar tentunya akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga karena harus datang ke beberapa penjual sembako. Untuk mendapatkan sembilan bahan pokok di atas dengan cara praktis dan tidak ribet maka bisa coba aplikasi Astro sekarang juga. Dijamin bahan pokok yang ada di aplikasi Astro masih segar dan pastinya cepat sampai ke rumah kamu.

Hakim Habibie
Hakim Habibie