5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang

Tips dan Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang

Memilih buah alpukat yang bagus dan matang mungkin membingungkan. Tenang aja, kamu bisa cek tips dan cara berikut untuk memilih alpukat yang bagus dan matang sempurna berikut ini.


Halo AstroFriends! Kalian penggemar buah alpukat? Kalau ya, kalian tidak sendirian. Alpukat memang sedang populer di seluruh dunia. Menurut situs World Atlas, alpukat termasuk dalam jajaran buah paling populer di dunia dengan produksi 6,41 juta ton pada tahun 2018.

Buah alpukat juga terkenal dengan berbagai macam olahannya, seperti smoothies, guacamole, jus, avocado toast, dan makanan lezat lainnya. Tapi, mungkin kalian pernah bingung bagaimana cara memilih alpukat yang bagus? Nah, kali ini Astro akan membahasnya lebih lanjut. Simak tips dan cara memilih alpukat yang bagus dan matang berikut ini!

5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang

Infografis - Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Matang

1. Lihat Warna Alpukat

Cara pertama untuk memilih alpukat yang bagus dan matang adalah memilih alpukat dengan warna yang lebih gelap. Alpukat dengan warna hijau tua atau hampir hitam biasanya lebih matang dibandingkan alpukat yang lebih terang. 

2. Perhatikan Teksturnya

Kamu bisa mengetahui tingkat kematangan alpukat dengan cara mengecek teksturnya. Jika alpukat bertekstur tidak terlalu keras, itu menandakan alpukat sudah matang. Namun jika masih keras, itu menandakan alpukat butuh beberapa hari lagi untuk matang sempurna. 

Pastikan kamu tidak menyodok alpukat dengan jari, karena dapat menyebabkan memar dan merusak buah alpukat. Cek alpukat dengan meremasnya secara lembut.

3. Batang Buah Alpukat

Ternyata, kamu bisa mengetahui keadaan alpukat yang matang dan bagus dengan memeriksa batang alpukat. Pertama, tekan lembut bagian dekat batangnya. Jika meninggalkan bekas penyok, kemungkinan besar alpukat sudah terlalu matang. Namun jika alpukat tidak penyok dan tetap mempertahankan bentuknya, berarti alpukat sudah cukup matang. 

4. Perhatikan “Memar” Pada Alpukat

Jika alpukat memiliki memar yang besar, kulit yang pecah atau ada area yang terlalu lunak, hindari untuk membeli alpukat tersebut. Sebab itu pertanda alpukat sudah terlalu matang. Kamu mungkin harus membuangnya segera setelah kamu mengirisnya jika tidak langsung dikonsumsi. 

5. Perhatikan Waktunya

Cara memilih alpukat yang bagus dan matang terakhir adalah memperhatikan waktu konsumsi alpukat. Saat membeli alpukat, sebaiknya kamu menentukan kapan kamu akan mengonsumsi atau mengolahnya. Jika kamu berencana untuk mengonsumsinya dalam 1-2 hari ke depan, kamu bisa mengikuti semua cara di atas. Namun jika kamu berencana untuk mengonsumsinya 3-5 hari kemudian, kamu bisa memilih alpukat yang masih hijau dan cukup keras.

Cari tahu cara mematangkan alpukat dengan sempurna hanya dalam semalam berikut ini.

Baca Juga: Cara Mematangkan Alpukat yang Masih Mentah Hanya dalam Semalam

Ciri-ciri Alpukat yang Bagus dan Enak

1. Warna

Alpukat yang matang dan siap dikonsumsi memiliki warna hijau tua hingga hampir hitam, sedangkan alpukat yang akan matang dalam 3-4 hari memiliki warna hijau muda.

2. Rasa

Alpukat yang matang memiliki citarasa yang kaya dan buttery, dengan tekstur yang lembut dan lumer di mulut.

3. Tekstur Kulit Alpukat

Alpukat matang juga memiliki kulit dengan tekstur bergelombang, sedangkan alpukat mentah memiliki kulit yang lebih lembut. 

4. Tekstur Daging Alpukat

Alpukat yang matang akan terasa lebih lembut saat diremas. Untuk alpukat yang ingin dimakan dalam 3-4 hari, kulitnya akan terasa lebih kencang.

Alpukat Jenis Apa yang Paling Enak dan Populer?

1. Alpukat Mentega

Alpukat mentega adalah jenis alpukat yang memiliki kulit hijau kehitaman dan daging buah yang halus serta berlemak. Sering digunakan sebagai bahan masakan dan juga bisa dijadikan sebagai camilan 

2. Alpukat Miki

Alpukat miki memiliki kulit hijau muda yang halus dan daging buah yang berwarna kuning dengan tekstur yang lembut. Sering digunakan sebagai bahan smoothie

3. Alpukat Aligator

Alpukat aligator memiliki kulit hijau muda yang agak mengkilap dan daging buah yang berwarna kuning dengan tekstur yang agak padat. Sering digunakan sebagai bahan saus guacamole

4. Alpukat Kendil

Alpukat kendil memiliki kulit hijau kehitaman yang agak kasar dan daging buah yang berwarna hijau muda dengan tekstur lembut. Sering digunakan dalam campuran salad buah atau smoothie

5. Alpukat Fuerte

Alpukat Fuerte adalah jenis alpukat yang memiliki kulit yang halus dan hijau kekuningan. Sering digunakan dalam masakan seperti sup, sayuran, dan kue

Baca Juga: Tak Hanya Enak, 10 Jenis Alpukat Ini Juga Kaya Manfaat untuk Tubuhmu

Itulah tips memilih alpukat yang bagus dan matang. Jangan lupa praktikkan tips dan cara di atas ya! Dengan begitu, kamu bisa menikmati alpukat yang matang sempurna dan membuat olahan lezat dari buah alpukat ini.

Buat kamu yang tidak mau repot belanja buah alpukat berkualitas, jangan khawatir! Astro menyediakan buah alpukat segar dan berkualitas yang bisa kamu pilih. Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan pesan buah alpukat yang akan sampai hanya dalam hitungan menit!

Arie Wahyu
Arie Wahyu