Cara Mematangkan Alpukat yang Masih Mentah Hanya dalam Semalam

Cara Mematangkan Alpukat yang Masih Mentah Hanya dalam Semalam

Buah alpukat sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat, terutama saat diolah menjadi jus. Selain lezat, alpukat juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mengkonsumsinya hampir setiap hari. Namun, kadang-kadang kita dapat merasa kecewa saat membeli alpukat yang terlihat segar, namun masih mentah saat ingin dikonsumsi. Artikel ini akan memberitahu kamu cara mematangkan alpukat yang masih mentah hanya dalam semalam.

Baca Juga: Cara Membuat Selai Buah Homemade yang Gampang dan Enak

1. Bungkus dengan Koran atau Kertas Bungkus

Cara pertama yang mudah untuk dilakukan kamu agar alpukat yang dibeli cepat matang adalah membungkusnya dengan koran atau kertas bungkus. Hal ini karena alpukat terdiri dari gas etilen sehingga dengan mengelilingi buah di udara yang mengandung banyak etilen maka akan lebih cepat meningkatkan produksi etilen sehingga alpukat jadi cepat matang. Jadi dengan membungkus alpukat dengan wadah tertutup seperti koran maupun kertas bungkus tentunya bisa mengumpulkan gas etilen sehingga membantu lebih cepat matang.

2. Rendam di Tumpukan Beras atau Tepung

Selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu merendam alpukat di tumpukan beras atau tepung. Sebenarnya cara ini sama dengan membungkus dengan koran tetapi kamu hanya perlu merendam alpukat yang masih mentah ke dasar tumpukan beras maupun tepung. Terperangkapnya gas etilen di dasar tumpukan beras tentunya akan membuat kandungan udara dipenuhi gas etilen yang membuat alpukat jadi matang.

Baca Juga: Kenali 10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi dan Kesehatan

3. Simpan dengan Buah Lainnya

Berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu simpan alpukat dengan buah lainnya seperti pisang atau apel dalam satu wadah. Kandungan zat etilen yang terdapat pada pisang dan juga apel terbukti bisa membuat alpukat mentah jadi matang. Jadi segera simpan di wadah yang sama kemudian letakkan di tempat yang hangat lalu alpukat akan matang.

4. Kumpulkan Alpukat yang Sudah Dipotong

Jika kamu sudah terlanjur mengupas dan memotong alpukat yang masih mentah maka tidak perlu khawatir. Cukup kumpulkan lagi alpukat yang sudah dipotong pada sebuah wadah kemudian lapisi dengan plastik cling wrap lalu simpan di kulkas. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa melapisi buah dengan polietilen densitas rendah seperti cling wrap bertujuan untuk menjaga kelembapan buah. Hal ini akan membuat gas etilen berkumpul yang berdampak buah jadi cepat matang walaupun lebih lambat karena suhu dingin.

Tips Mematangkan Alpukat

  • Pilih alpukat yang segar dan berkualitas untuk hasil yang lebih baik.
  • Manfaatkan aplikasi Astro untuk memperoleh bahan berkualitas dengan pengiriman cepat.
  • Untuk variasi rasa yang lebih kaya, tambahkan sedikit zest lemon saat merebus selai.
  • Simpan alpukat yang sudah matang di kulkas untuk menjaga kesegaran.

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu bisa mematangkan alpukat yang masih mentah dengan cepat. Pastikan selalu ada alpukat di kulkas untuk mendapatkan beragam manfaatnya. Jangan lupa untuk berbelanja melalui aplikasi Astro yang menyediakan berbagai jenis buah dengan kualitas terbaik. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie