Cara Membuat Selai Buah Homemade yang Gampang dan Enak

Kamu pasti sudah sering mengkonsumsi selai buah sebagai pelengkap roti atau kue, bukan? Namun, selai buah yang sering dijumpai di pasaran umumnya mengandung bahan-bahan kimia dan pemanis buatan yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, membuat selai buah sendiri di rumah menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mengkonsumsi selai buah dengan aman dan sehat.

Tidak hanya itu, membuat selai buah sendiri juga memberikan keuntungan lain, yaitu kamu bisa menyesuaikan rasa dan tekstur selai buah dengan selera kamu. Selain itu, membuat selai buah sendiri juga bisa menjadi hobi baru yang menyenangkan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Mayonaise Simpel ala Rumahan

Persiapan Sebelum Membuat Selai Buah

Sebelum membuat selai buah, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan:

Pemilihan Buah yang Tepat

Pilih buah yang segar dan berkualitas untuk membuat selai buah. Buah yang matang dan sedikit overripe lebih disarankan karena kandungan gulanya lebih tinggi dan lebih mudah dihaluskan.

Menyiapkan Peralatan yang Diperlukan

Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam membuat selai buah, antara lain blender atau food processor, panci, sendok kayu atau spatula, dan wadah kaca atau botol yang steril.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk buat Selai kamu di Astro!

cara membuat selai buah homemade

Cara Membuat Selai Buah Homemade

Berikut adalah tahapan membuat selai buah dari awal hingga selesai:

  1. Cuci bersih buah yang akan dijadikan selai, lalu potong-potong kecil.
  2. Masukkan buah ke dalam blender atau food processor dan haluskan hingga halus.
  3. Masukkan hasil blender buah ke dalam panci dan tambahkan gula pasir atau gula merah alami secukupnya.
  4. Masak adonan di atas api sedang sambil terus diaduk hingga gula larut dan adonan mengental.
  5. Tambahkan bahan pengental seperti agar-agar atau tepung maizena secukupnya jika dirasa tekstur selai masih terlalu cair.
  6. Setelah selai terasa cukup kental dan gula sudah tercampur rata, matikan api dan biarkan selai dingin.
  7. Setelah dingin, tuang selai ke dalam wadah kaca atau botol yang steril dan simpan di dalam kulkas.

Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Membuat Jus Semangka Segar Dirumah

Tips Ketika Membuat Selai Buah Agar Hasilnya Maksimal

Untuk menghasilkan selai buah yang enak dan maksimal, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

Pemilihan Gula yang Tepat

Pilih gula pasir putih atau gula merah alami yang tidak mengandung pemanis buatan untuk menghindari efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Menggunakan Bahan Pengental

Tambahkan bahan pengental seperti agar-agar atau tepung jagung untuk membuat tekstur selai menjadi lebih kental dan menghindari selai buah yang terlalu cair.

Mengatur Tingkat Kematangan Buah

Pastikan buah sudah matang dan sedikit overripe untuk memastikan kandungan gula yang tinggi dan mudah dihaluskan. Namun, jika buah terlalu matang, selai buah akan terlalu manis dan kurang enak.

Menjaga Sterilisasi Wadah dan Peralatan

Pastikan wadah dan peralatan yang digunakan dalam membuat selai buah bersih dan steril untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat merusak selai buah.

Menyesuaikan Tekstur Selai

Sesuaikan tekstur selai dengan keinginan kamu. Jika kamu suka selai buah yang halus, blender buah hingga halus. Namun, jika kamu ingin ada potongan buah yang terlihat dalam selai, blender buah dengan kecepatan rendah dan tinggalkan beberapa potongan buah yang masih utuh.

Tips Penyimpanan Selai Buah

Simpan selai buah di dalam wadah kaca atau botol yang steril dan rapat. Selai buah dapat bertahan hingga 2 minggu di dalam kulkas.

Variasi Rasa Selai Buah

Coba tambahkan bahan-bahan lain seperti kayu manis, jahe, atau jus lemon ke dalam selai buah untuk menciptakan variasi rasa yang berbeda.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Tempura Ala Restoran Jepang di Rumah

Membuat selai buah homemade memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan dan bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Dengan menyesuaikan rasa dan tekstur selai, kamu bisa menciptakan selai buah yang sesuai dengan selera kamu. Pastikan untuk memperhatikan tips-tips yang sudah disebutkan agar selai buah yang dihasilkan maksimal dan tahan lama dan beli bahan-bahan yang kamu butuhkan di aplikasi Astro! Yuk download aplikasi Astro sekarang dan belanja dari rumah agar kamu masak lebih mudah!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu