Resep Masakan Telur Agar Tidak Bosan Untuk Sehari-hari

Telur adalah salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan protein sangat tinggi. Harga jualnya juga cukup terjangkau, bahan makanan ini kerap kali diolah menjadi lauk utama oleh seluruh kalangan tanpa terkecuali. 

Tetapi, biasanya tidak sedikit orang yang hanya memasak telur dengan cara digoreng atau direbus saja. Pastinya cara memasak yang sama setiap harinya bisa membuatmu bosan. Padahal saat ini ada banyak resep olahan telur agar tidak bosan yang bisa kamu coba di rumah. 

Jenis telur yang dapat kamu gunakan juga beragam, mulai dari telur bebek, ayam sampai puyuh. Bahkan, kamu tidak membutuhkan telur seutuhnya, sebab putih telurnya saja dapat kamu olah menjadi makanan yang lezat. Lalu, apa saja resep olahan telur yang unik? 

Baca Juga: Ini Cara Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

Daftar Resep Masakan Telur 

Untuk kamu yang sudah bosan dengan telur yang digoreng atau direbus, maka kamu bisa mengikuti resep di bawah ini agar olahan telur mu lebih beragam dan tidak membuat bosan kamu maupun anggota keluarga yang memakannya. 

1. Martabak telur bebek 

Telur bebek adalah salah satu jenis bahan makanan dengan cita rasa lezat dan gurih saat diolah. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang kurang senang dengan telur bebek sebab jenis telur yang satu ini memiliki aroma yang lebih amis dibandingkan telur ayam. 

Olahan telur bebek yang populer dan banyak ditemui yaitu martabak. Kamu bisa membuat olahan ini di rumah dengan mempersiapkan beberapa bahan seperti: 

Bahan isian: 

Bahan kulit: 

  • Tepung terigu 250 gram 
  • Telur ayam 2 butir, kocok lepas 
  • Air 500 ml 
  • Mentega leleh 25 gram 
  • Kaldu jamur dan lada bubuk secukupnya 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Terong Ungu kamu di ASTRO!

resep masakan telur

Apabila bahan-bahan tersebut telah siap, maka selanjutnya kamu dapat membuat menu dari telur bebek ini dengan melakukan langkah-langkah berikut: 

  1. Lelehkan mentega, tumis daging cincang sampai matang. Sesudah matang, tambahkan wortel yang sudah dipotong dan masak kembali sampai matang. 
  2. Tambahkan tumisan tersebut pada kocokan telur. 
  3. Masukan daun bawang, bawang putih, bawang merah, lada, gula, kaldu jamur dan garam. Sisihkan. 
  4. Buat adonan untuk kulit martabak dengan menggabungkan kocokan telur pada tepung terigu. 
  5. Masukan lelehan mentega, kaldu bubuk dan lada. Masukan air dan aduk sampai kalis. 
  6. Panaskan teflon dan beri sedikit mentega. Letakkan adonan di atas teflon dan lebarkan sampai adonan tipis. 
  7. Masukan isian martabak keatas adonan. 
  8. Masak sampai agak matang dan lipat seluruh sisi adonan seperti bentuk amplop. 
  9. Kamu dapat tambahkan sedikit adonan guna merekatkan kulit. 
  10. Goreng sampai kecoklatan dan angkat.
  11. Potong sesuai selera dan hidangkan. 

2. Telur ayam geprek 

Menu geprek sudah pasti memiliki cita rasa pedas dan pastinya bisa menggugah selera mu untuk makan. Tetapi, menu yang satu ini biasanya memakai  bahan yang digoreng sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuhmu. Supaya tetap sehat, kamu dapat memakai telur ayam yang sudah direbus menjadi lauk utamanya. 

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat menu telur ayam geprek ini yaitu: 

Baca Juga: Tips dan Cara Konsumsi Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Meningkat

Sesudah bahan-bahan di atas siap, cara yang perlu diikuti untuk membuat olahan telur ini seperti berikut: 

  1. Rebus telur ayam sampai matang. Sesudah matang, kupas kulitnya dan sisihkan. 
  2. Kupas bawang putih dan bawang merah.
  3. Bersihkan cabe. 
  4. Goreng bawang dan cabe menggunakan sedikit minyak. 
  5. Sesudah terlihat layu, angkat bumbu tersebut dan letakkan di atas ulekan. 
  6. Haluskan semua bumbu, lalu masukan gula dan garam. 
  7. Tidak lupa untuk mengoreksi rasa. 
  8. Geprek telur rebus yang sudah kamu sisihkan sebelumnya memakai sambal geprek. 
  9. Hidangkan dengan nasi hangat supaya terasa lebih nikmat. 

Sesudah kamu melihat resep olahan telur di atas, tentunya sekarang kamu menjadi ingin memasak menu tersebut, bukan? Kamu bisa mendapatkan telur berkualitas di Astro, lho! Astro mempunyai dua produk telur terbaru, yakni:  

1. Astro Goods Farmer’s Omega 3 Eggs 

Produk Astro yang pertama yaitu Astro Goods Farmer’s Omega 3 Eggs. Telur ayam ini kaya akan nutrisi, khususnya omega 3 dan asam lemak baik sehingga dapat menyehatkan otak dan jantung. 

Telur ini mempunyai ciri khas seperti kuning telur yang berwarna jingga sangat pekat dengan tekstur putih telur yang kental. Telur dengan segudang omega 3 ini merupakan hasil dari para peternak lokal. Tentunya kandungan omega 3 didalamnya dihasilkan dari pakan ayam yang berkualitas. 

2. Astro Goods Farmer’s Low Cholesterol Eggs 

Tetap dari peternakan lokal, telur ini rendah kolesterol tetapi kandungan nutrisinya masih ada. Telur yang rendah kolesterol ini mempunyai kandungan Manganese, Zinc, Selenium, Vitamin E, DHA dan bebas dari aflatoxin dan salmonella. Produk ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol, namun tidak ingin menurunkan konsumsi telur yang menyehatkan. 
Nah, itu dia resep olahan telur agar tidak bosan yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk pesan langsung produk telur berkualitas dari Astro melalui aplikasi Astro yang tersedia di App Store dan Play Store sekarang juga!

Belanja telur berkualitas dari Astro Goods sekarang! Klik banner di bawah ini untuk belanja telur Astro Goods melalui aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu