Tips dan Cara Konsumsi Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Meningkat

Bagi sebagian orang yang mengalami penyakit kolesterol tinggi, pastinya sedikit khawatir ketika mengonsumsi telur karena kandungan kolesterol yang ada di dalamnya. Kandungan kolesterol ini terkonsentrasi pada bagian kuning telur. Sebuah fakta dari situs healthline menyebutkan bahwa setiap butir telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol, yang senilai 70% dari asupan yang direkomendasikan sekitar 300 mg per hari. 

Namun, sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengkonsumsi telur agar tidak menambah kadar lemak dan kolesterol, yaitu dengan memperhatikan proses memasaknya. Nah, kali ini Astro akan memberikan informasi bagaimana tips dan cara memasak telur yang sehat serta rendah kolesterol. Yuk! Simak ulasannya berikut ini.

Cara Memasak Telur yang Sehat dan Rendah Kolesterol

1. Merebus Telur

Cara memasak telur dengan direbus ini tidak memberikan lemak tambahan, sehingga telur menjadi lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan cara menggoreng. Metode ini juga cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet kalori dengan protein tinggi.

2. Kombinasikan dengan Sayuran

Telur sangat cocok dikombinasikan dengan aneka sayuran. Metode ini bisa jadi kesempatan yang baik untuk menambah kandungan vitamin, serat dan bisa menurunkan kolesterol. Salah satu jenis sayuran yang cocok dikombinasikan dengan telur adalah bayam, dilansir dari situs alodokter, sayuran bayam dapat menurunkan kadar kolesterol karena antioksidan yang terkandung di dalamnya. 

3. Gunakan Minyak yang Stabil pada Suhu Tinggi

Pemilihan minyak saat menggoreng telur ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Menurut situs healthline, minyak terbaik untuk menggoreng telur adalah minyak yang tetap stabil pada suhu tinggi dan tidak mudah teroksidasi, yang dapat membentuk radikal bebas berbahaya. Jenis minyak yang direkomendasikan adalah minyak alpukat atau minyak bunga matahari yang stabil pada suhu tinggi agar telur goreng menjadi lebih sehat.

4. Pilih Telur dengan Berkualitas & Bernutrisi

Ternyata untuk menyajikan telur lebih sehat, kamu tak bisa sembarangan memilih jenis telur. 

Ada beberapa jenis telur yang direkomendasikan seperti telur ayam organik atau telur ayam rendah kolesterol, seperti Astro Goods Farmer’s Low Cholesterol Eggs. Produk telur ayam segar terbaru dari Astro ini memiliki kandungan kolesterol rendah dan diperkaya dengan DHA, vitamin E, Selenium & Manganese, serta terbebas dari salmonella dan aflatoxin sehingga aman dan sehat dikonsumsi.

5. Jangan Memasak Telur Terlalu Matang

Menyambung dari poin sebelumnya, dalam proses memasak telur yang sehat, sangat disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama dalam suhu tinggi. Karena, jika terlalu lama dimasak, telur akan kehilangan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. 

Nah, itu dia beberapa cara memasak telur yang sehat dan rendah kolesterol. Kesimpulannya, kamu bisa memasak telur berkualitas dengan kombinasi sayuran, dan memasaknya dengan bahan-bahan dan metode yang tepat agar tidak menambah kandungan lemak penyebab kolesterol. Jangan lupa, gunakan telur rendah kolesterol Astro Goods Farmer’s Low Cholesterol Eggs yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Astro! Yuk, pesan telur segar di aplikasi Astro sekarang yang cepat sampai!

Klik foto produk di bawah untuk belanja produk Astro Goods Farmer’s Omega 3 Eggs & Astro Goods Farmer’s Low Cholesterol Eggs

Referensi:

Is There a Low-Cholesterol Way to Prepare Eggs?

What Is the Healthiest Way to Cook and Eat Eggs?

6 Cara Sehat Konsumsi Telur, Hindari Kolesterol

Ini Daftar Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Arie Wahyu
Arie Wahyu