Ini Cara Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

Telur adalah sumber protein hewani yang memberikan berbagai jenis zat gizi, mulai dari vitamin, protein sampai mineral. Ada berbagai cara memasak telur setengah matang yang benar dan lezat, salah satunya dengan cara merebusnya. 

Merebus adalah cara memasak telur setengah matang yang benar dan mudah serta menyehatkan sebab tetap kandungan mineral, vitamin, dan protein di dalamnya. Tetapi, merebus telur ini tidak mudah seperti yang kamu bayangkan. 

Begini, cara merebus telur ini berkaitan dengan waktu memasak yang sesuai dengan seleramu. Ada juga yang beranggapan salad atau roti tangkup akan lebih gurih bila digabungkan dengan telur setengah matang dengan tekstur kuning telur nya. 

Sehingga tingkat kematangan telur rebus yang berbeda dapat memberikan variasi cita rasa dan tekstur yang berbeda. Kamu bisa mencoba cara di bawah ini untuk memasak telur setengah matang yang benar seperti berikut ini.  

Baca Juga: Mengenal Kandungan Gizi Telur Ayam

Tips Merebus Telur 

Kamu bisa memahami terlebih dahulu cara merebus telur guna memperoleh tingkat kematangan yang sesuai dengan keinginan mu. 

1. Siapkan panci 

Sama seperti memasak pada umumnya, cara memasak telur setengah matang ini harus diawali dengan cara mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Pada kali ini, kamu harus menyiapkan panci yang berukuran sesuai dengan jumlah telur yang ingin kamu rebus. 

2. Panaskan air sampai mendidih 

Sesudah menyiapkan dan menaruh panci di atas kompor, kamu bisa masukan ke dalam air dan masak sampai mendidih. Tentunya tanpa air yang mendidih akan susah untuk merebus telur sampai tingkat kematangan sesuai yang kamu inginkan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Telur kamu di ASTRO!

3. Pilih dan masukan telur 

Jika air yang telah mendidih yang sudah ditandai dengan banyaknya gelembung di dalam panci, kamu bisa memasukkan semua telur yang ingin direbus. Apabila telah dimasukan semuanya, kamu bisa membesarkan api dan tunggu sampai air pada panci kembali mendidih. 

Tidak lupa untuk pastikan air tidak menggelembung sangat banyak supaya cangkang telur tersebut tidak retak. Oleh karena itu, kamu harus mengeceknya secara berkala agar telur tidak retak. 

4. Rebus telur sesuai tingkat kematangan 

Dalam proses cara merebus telur ini, kamu harus memahami lebih dulu lama waktu untuk memasak telur sesuai dengan selera, berikut penjelasannya: 

  • 7 menit: telur memiliki tekstur kuning yang lembut dan encer. 
  • 8 menit: telur dengan tekstur yang tidak sangat cair, namun masih lunak. 
  • 10 menit: tekstur kuning telur sedikit keras dan pada bagian tengahnya sedikit lunak. 
  • 12-13 menit: telur matang dengan tekstur yang sangat mengeras sepenuhnya. 

Dengan kamu memahami waktu yang diperlukan untuk merebus telur menurut tingkat kematangannya, kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhan mu. Tidak hanya itu, harus kamu ingat jika pilihan waktu di atas berlaku pada telur berukuran sedang sampai besar. Jika kamu memilih telur dengan ukuran kecil, waktu memasaknya pasti lebih cepat. 

5. Pindahkan telur ke tempat lain 

Cara rebus telur terakhir yang harus kamu lakukan adalah memindahkan telur pada wadah lain jika telah tercapai tingkat kematangan yang kamu inginkan. Proses yang satu ini dikenal menjadi proses pendinginan, sehingga mungkin kamu harus meletakkan telur yang masih panas ke tempat yang berisikan es batu. Dengan demikian, telur yang masih panas lebih mudah dingin dan mudah dimakan. 

Baca Juga: Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan Untuk Sehari-hari

Manfaat Mengkonsumsi Telur Setengah Matang

Ada berbagai kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh, mulai dari mineral, vitamin dan protein. Mengkonsumsi telur setengah matang dianggap lebih sehat dan sangat dianjurkan sebab mempunyai banyak manfaat, terutama menjaga nilai gizinya sangat utuh. 

Manfaat mengkonsumsi telur setengah matang berhubungan dengan cara mengolahnya. Karena, tahapan pengolahan telur yang dimasak dengan suhu tinggi bisa membuat kandungan gizi yang tidak sebanyak ketika mentah atau setengah matang. 

Sejumlah nutrisi telur yang menurun yaitu kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B5. Telur setengah matang mempunyai kandungan kolin yang berguna untuk membangun kinerja otak. Selain itu, kolin juga memiliki fungsi yang bisa menyehatkan jantung. 

Telur setengah matang pun mempunyai kandungan zeaxanthin dan lutein. Kedua jenis antioksidan ini bisa melawan berbagai radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit mata yang berkaitan dengan degenerasi karena penuaan. 

Seluruh zat tersebut umumnya terkonsentrasi di dalam kuning telurnya. Inilah yang membuat kuning telur setengah matang bisa dikatakan sangat bernutrisi dibandingkan kuning telur yang direbus sampai matang sempurna. 

Walaupun begitu, sebagai makanan yang memiliki protein tinggi, telur setengah matang ini tidak memberikan manfaat lebih bagi kesehatan, terutama pada penyerapan protein. Karena, kamu harus memasak telur hingga matang untuk memperoleh kandungan protein secara utuh di dalam telur. 

Salah satu penelitian mengungkapkan, semakin matang telur yang kamu konsumsi, semakin bagus pula penyerapan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Penelitian tersebut bahkan menjelaskan, tubuh bisa menyerap sebanyak 90% jumlah protein yang diperoleh dari putih telur yang sudah matang. 

Sedangkan, tubuh hanya bisa menyerap 50% protein dari telur mentah atau telur setengah matang. 

Baca Juga: Tips dan Cara Konsumsi Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Meningkat

Nah, itulah cara memasak telur setengah matang yang benar dan bisa kamu coba. Namun, jangan terlalu sering kamu mengkonsumsi telur setengah matang karena tidak bagus untuk kesehatan tubuh mu. 

Dapatkan telur berkualitas dengan harga terbaik hanya di Astro, pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu hitungan menit saja dan kamu segera bisa mengolah telur berkualitas menjadi berbagai menu lezat. Yuk! Pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu