Mengenal Kandungan Gizi Telur Ayam

Kandungan gizi telur ayam sangat lengkap guna memenuhi asupan nutrisi harian, sebab telah mengandung lemak, protein, mineral, vitamin dan karbohidrat. Setiap kandungan mikro dan makro di dalam telur ayam bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh mu. 

Pastinya, kandungan gizi yang terdapat pada telur ayam dapat berubah sesuai dengan cara kamu memasaknya. Semakin sehat caramu memasaknya, maka akan semakin tinggi pula manfaat yang dapat diserap oleh tubuh. Di bawah ini ada segudang kandungan gizi di dalam telur ayam yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Mengenal Cara Menyimpan Telur Tanpa Kulkas yang Baik

Sederet Kandungan Gizi pada Telur Ayam 

Ada banyak cara dalam memasak telur ayam. Tetapi dari seluruh cara tersebut, hanya ada dua cara yang sehat yaitu dengan mengukus dan merebus telur tersebut. Berikut ini ada seluruh kandungan gizi di dalam telur ayam yang dimasak dengan cara dikukus dan direbus. 

1. Protein 

Protein merupakan salah satu kandungan gizi yang terdapat di dalam telur dan memiliki peran besar membuat makanan ini dapat dinobatkan menjadi super food. Kamu harus tahu jika telur merupakan salah satu pasokan terbaik guna memperoleh protein sebab di dalam telur ada semua asam amino esensial untuk kebutuhan tubuh mu. 

Protein merupakan nutrisi yang penting guna menunjang kehidupan, tidak terkecuali juga untuk menjaga kesehatan tulang dan otot, sampai memproduksi enzim dan hormon. 

Harus kamu ingat jika protein pada telur bukan hanya terdapat pada bagian putihnya saja. Untuk memperoleh protein secara lengkap, kamu bisa memakan telur utuh. 

2. Kalori 

Apabila telur dimasak dengan benar, maka telur menjadi salah satu jenis makanan yang rendah kalori. Karena pada satu butir telur kukus atau rebus dengan ukuran besar hanya ada 77 kalori saja. 

Hal ini menjadikan telur sebagai salah satu makanan yang cocok untuk para pejuang diet. Protein yang terkandung di dalamnya pun bisa membantumu merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

3. Karbohidrat 

Telur pun mempunyai kandungan karbohidrat, namun jumlahnya tidak begitu banyak sebab hanya ada sekitar 0,6 gram saja di dalam sebutir telur. Bersama dengan protein dan lemak, karbohidrat yang terkandung di dalam telur bisa menjadi pasokan energi untuk kamu menjalani aktivitas sehari-hari. 

Untuk kamu yang sedang diet, tidak perlu khawatir dengan adanya kandungan karbohidrat di dalam telur sebab tidak akan terlalu berpengaruh pada berat badan mu selama kamu mengkonsumsinya dalam batas wajar. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Telur segar dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

4. Lemak 

Walaupun mengkonsumsi telur yang terlalu banyak tidak dianjurkan, namun dalam jumlah yang tepat, lemak dibutuhkan oleh tubuh guna dapat menjalani seluruh fungsinya. Tentunya kamu berpikir apakah telur memiliki kandungan lemak di dalamnya? 

Ya, telur sendiri adalah makanan yang memiliki lemak sangat lengkap sebab di dalamnya ada sekitar 5,3 gram lemak total, lemak tak jenuh 2,0 gram dan 1,6 gram lemak jenuh. 

Lemak jenuh merupakan lemak jahat bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadikan berat badan bertambah dan menaikkan resiko terjadinya penyakit jantung. Sedangkan, lemak tak jenuh merupakan lemak baik sehingga bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan lemak jahat yang tertumpuk dan menjaga seluruh sel dalam tubuh supaya tetap sehat. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Berkualitas!

5. Kolesterol 

Memang telur menjadi salah satu jenis makanan yang kaya akan kolesterol. Pada sebutir telur kukus atau rebus dengan ukuran besar sudah ada 212 mg kolesterol atau sama seperti 71% anjuran konsumsi harian. 

Tetapi, kolesterol yang ada pada telur diyakini tidak begitu bisa mempengaruhi tingkat kolesterol dalam darah. Kolesterol dalam telur dianggap tidak bisa menaikan tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat pada tubuh dan ternyata bisa menaikan kadar kolesterol baik. 

Walaupun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara mengkonsumsi telur dan resiko menumpuknya kolesterol dalam darah. Sehingga, kamu tetap dianjurkan untuk memakan telur secukupnya. 

6. Vitamin A 

Memakan sebutir telur kukus atau rebus dapat memenuhi anjuran asupan harian vitamin A dalam tubuh sebanyak 6%. Vitamin A merupakan kunci untuk mempunyai mata yang sehat. Vitamin ini pun bisa menjaga kekebalan tubuh supaya tetap sehat dan membantu pertumbuhan sel dalam tubuh. 

7. Vitamin B 

Di dalam satu butir telur bisa memberikan vitamin B sekitar 15% dari anjuran asupan harian. Vitamin ini mempunyai peran untuk mengolah karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B pun mempunyai peran penting untuk menjaga pasokan energi dalam tubuh. 

8. Vitamin B12 

Gizi yang terkandung didalam satu butir telur selanjutnya yaitu vitamin B12. Apabila mengkonsumsi telur, maka asupan vitamin B12 harian mu telah terpenuhi sebanyak 9%. 

Vitamin ini mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan sel darah dan saraf serta membantu pada proses terbentuknya DNA. Vitamin B12 pun bisa mencegah kamu untuk terkena anemia. 

Baca Juga: Ini Cara Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

9. Fosfor 

Dalam tubuh, fosfor mempunyai fungsi guna menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tidak hanya itu, fosfor pun bisa membantu memproduksi energi dan juga menggerakan otot.  Kamu dapat memperoleh fosfor sekitar 9% dari saran konsumsi harian dalam sebutir telur. 

Nah, itu dia beberapa kandungan gizi telur ayam yang membantu menyehatkan tubuh mu. Konsumsilah telur dalam batas wajar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan telur berkualitas, kamu bisa membelinya di Astro yang memiliki produk telur tinggi omega-3 dan rendah kalori. 

Unduh sekarang juga aplikasi Astro di App Store atau Play Store untuk membeli telur berkualitas. Sebagai pengguna baru, kamu akan mendapatkan potongan harga dari Astro, lho! Langsung saja cari produk Astro Goods Farmer’s Egg pada aplikasi Astro!

Belanja telur berkualitas dari Astro Goods dengan klik banner di bawah ini.

Arie Wahyu
Arie Wahyu