Mengenal Cara Menyimpan Telur Tanpa Kulkas yang Baik

Mengenal Cara Menyimpan Telur Tanpa Kulkas yang Baik

Hampir semua orang mempunyai telur di rumahnya untuk dijadikan stok. Tetapi, tidak semua orang paham mengenai cara menyimpan telur tanpa kulkas yang benar. Supaya telur bisa tahan lama di luar ruangan ada beberapa cara yang harus kamu ketahui. 

Menyimpan telur di dalam kulkas tidak menjadi satu-satunya cara terbaik guna menjaga kualitasnya. Ada beberapa lainnya yang perlu kamu perhatikan supaya kualitas telur tidak mudah menurun. Agar lebih jelasnya, di bawah ini kami sudah rangkumkan cara menyimpan telur tanpa kulkas yang benar untuk mu. 

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Telur Omega 3 untuk Perkembangan dan Kesehatan Anak

Berbagai Cara Menyimpan Telur yang Tepat 

Kementerian Pertanian RI mengumumkan jika pemberian vaksin menjadi hal yang wajib dilakukan pada ternak ayam. Ayam petelur harus bebas dari berbagai penyakit seperti Salmonella dan flu burung. Namun, cukup sulit untuk memastikan apakah telur tersebut terbebas dari kuman sepenuhnya. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengetahui cara menyimpan telur dengan benar yang harus lakukan agar kualitasnya tidak menurun. 

1. Jangan cuci telur 

Pada cangkang telur terdapat lapisan pelindung di dalamnya yang bisa mencegah pembusukan. Oleh sebab itu, bila kamu ingin menyimpan telur ini pada suhu ruang, ada baiknya kamu tidak membersihkan kotoran yang ada di cangkangnya. Karena cangkang telur juga berpori. 

Jika kamu mencuci telur, dikhawatirkan kotoran akan masuk ke dalam cangkan dan akhirnya tumbuh bakteri salmonella. Tentunya hal ini sangat tidak bagus, sehingga jangan cuci telur saat kamu ingin menyimpannya. 

2. Simpan telur di freezer 

Apabila kamu ingin telur bisa bertahan lama dalam beberapa minggu, maka kamu bisa membekukannya. Caranya yaitu kamu keluarkan telur dari cangkangnya. Lalu, kocok putih dan telur dengan tambahan 1 sdt garam sebelum dibekukan. Hal ini dilakukan demi menghambat terbentuknya gel di lapisan telur. 

Telur mentah yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya wajib kamu dinginkan selalu pada tempat yang kedap udara. Letakkan tempat telur di dalam freezer dan berikan label seperti tanggal memasukan telur dan jumlah telur yang ada di dalam tempat tersebut. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Telur dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Jangan letakan di rak penyimpanan kulkas 

Biasanya kulkas mempunyai rak khusus untuk menyimpan telur yang ada di balik pintu. Apabila kamu ingin lebih awet, maka ada baiknya kamu jangan menyimpan telur pada rak penyimpanan tersebut. 

Karena, menyimpan di balik pintu ini bisa menyebabkan ketahanan telur mengurang sehingga telur lebih mudah busuk. Hal tersebut disebabkan pintu kulkas selalu dibuka dan ditutup, membuat telur lebih mudah mengalami perubahan suhu. 

4. Simpan telur segar pada suhu ruangan 

Jika kamu rajin memanen telur ayam sendiri, maka kamu bisa simpan pada suhu ruang saja sebelum memakainya untuk memasak. Telur segar hasil panen dapat bertahan pada suhu ruangan selama hampir 1-2 minggu. 

Selain itu, kamu juga tidak harus mencucinya sebab telur segar mempunyai lapisan pelindung alami yang biasa dikenal dengan bloom. Lapisan ini bisa mencegah bakteri masuk lewat kulit telur yang berpori. 

Baca Juga: Tips dan Cara Konsumsi Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Meningkat

5. Rebus telur dan simpan 

Untuk telur rebus, kamu dapat menyimpannya di suhu ruang selama 1 hari dan di kulkas selama seminggu. Dengan catatan, kamu tidak melepaskan cangkang telur dan lapisi wadah penyimpanan menggunakan tisu basah. 

Hal ini sangat penting guna menjaga kelembaban telur supaya tidak mudah basi. Tidak hanya itu, pastikan pula kamu memakai tempat yang kedap udara guna menyimpan telur rebus. 

6. Jangan simpan telur dengan bahan makanan lain  

Telur mempunyai cangkang dengan pori-pori sehingga sangat mudah untuk terkontaminasi. Salah satu bakteri yang sering mengkontaminasi telur adalah salmonella. Hal tersebutlah yang mengakibatkan telur perlu kamu simpan pada suhu yang dingin.  

Tidak hanya itu, kamu pun perlu menjauhkannya dari berbagai bahan makanan yang mempunyai aroma menyengat, seperti buah durian, sayuran, bawang dan lainnya. Aroma dari makanan tersebut dapat mengakibatkan kesegaran telur menurun. 

7. Pakai kemasan asli telur atau karton 

Jika telur mempunyai kemasan bawaan atau karton, pakai saja menjadi wadah mu untuk menyimpan di dalam kulkas. Dikutip dari MyRecipes, kemasan asli telur memang telah dirancang dengan khusus guna melindungi cangkang telur yang berpori.

Tujuan utamanya yaitu menghalangi aroma yang ada di dalam kulkas atau di sekitar telur yang bisa masuk ke dalam telur dan membuat kualitasnya jadi rusak. Tidak hanya itu, bentuk wadah dengan ujungnya menjulang ke atas bisa membantu kuning telur tetap utuh dan terpusat. 

8. Awetkan dengan larutan kapur 

Mengawetkan telur dengan larutan kamu bisa kamu lakukan agar telur bisa bertahan lama, bahkan lebih lama dari menyimpannya di dalam kulkas. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kapur secukupnya, krim tartar dan garam saja untuk merendam telur. 

9. Balik posisi telur setiap 2 hari sekali 

Apabila kamu ingin menyimpan telur tanpa kulkas, maka kamu harus pastikan untuk selalu mengecek keadaan telur. Balik posisi telur setiap 2 hari sekali. Cara yang satu ini berguna supaya semua bagian dalam cangkang nya bisa tetap lembab. 

Bila cara ini tidak kamu lakukan, dapat dipastikan jika telur mu bisa membusuk dengan lebih cepat. Untuk itu, lakukan cara ini demi mencegah hal tersebut terjadi pada telur mu.

Baca Juga: Mengenal Kandungan Gizi Telur Ayam

Nah, itu dia beberapa cara menyimpan telur tanpa kulkas yang bisa kamu coba agar telur kamu tetap awet dan tidak mudah busuk meskipun hanya disimpan pada suhu ruang saja, lho!

Belanja telur secara praktis dan mudah di aplikasi Astro. Kamu bisa dapatkan telur ayam berkualitas dengan harga terbaik dan akan sampai dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja di aplikasi Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu