Kumpulan Menu 4 Sehat 5 Sempurna yang Menyehatkan

Tentunya menjaga tubuh tetap sehat bukan hanya rajin melakukan olahraga setiap hari. Walaupun olahraga bisa menjaga tubuh selalu bugar, tetapi kebutuhan makanan pun memiliki peran penting akan kesehatan seseorang. 

Salah satu cara guna menjaga pola makanan sehat yaitu dengan memperhatikan porsi dan komposisi dari makanan yang ingin dikonsumsi. Komposisi makanan sehat biasanya ada pada menu 4 sehat 5 sempurna. 

Walaupun istilah tersebut telah dikenal secara luas, tetapi tidak sedikit orang yang masih malas dan kurang peduli menerapkannya pada menu makanan mereka. Alasan yang sangat banyak ditemukan yaitu ribet dan tidak mempunyai cukup waktu untuk menyiapkannya. 

Namun, nyatanya ada banyak menu 4 sehat 5 sempurna yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Lalu, apa saja menu tersebut? Berikut kumpulan menu 4 sehat 5 sempurna yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Ini Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat Untuk Sehari-hari

Daftar Menu Sehat Harian 

Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa mencontoh menu ini untuk dibuat di rumah sebagai menu makanan harian. Bahan-bahannya mudah didapat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. 

1. Nasi liwet 

Menu pokok atau menu wajib yang harus ada pada setiap menu makanan orang Indonesia yaitu nasi. Terkadang, walaupun kamu telah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang lainnya, tetapi bila belum makan nasi, tetap saja akan terasa mudah lapar. 

Apabila mengkonsumsi nasi putih biasa telah dianggap membosankan, maka kamu dapat membuat nasi yang lebih bervariasi seperti nasi liwet. Mirip dengan nasi putih, nasi liwet pun berfungsi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat pada tubuh. 

Kamu dapat membuat nasi liwet memakai magic jar atau memasaknya memakai cara tradisional agar rasa dari nasi liwet lebih lezat. 

2. Sayur bayam bening 

Tidak sedikit menu sayur yang menerapkan 4 sehat 5 sempurna yang dapat dibuat dengan simple dan mudah, salah satunya yaitu sayur bayam bening. Selain tidak memakai minyak dalam proses memasaknya, kuat dari sayur bening ini biasanya pun diisi dengan berbagai sayuran tinggi mineral, zat besi dan serat yang bagus untuk tubuh. 

Kamu dapat menentukan berbagai jenis sayur yang disenangi untuk dimasukan ke dalam sayur bening. Biasanya, jenis sayur yang paling banyak digunakan seperti daun katuk, oyong, bayam dan yang lainnya. 

Umumnya, sayur bening pun menambahkan beberapa jenis sayuran yang lainnya, misalnya jagung, daun melinjo, tomat. wortel, kembang kol, kentang dan jagung muda. Untuk lebih menikmatinya, pastinya kamu harus mengkonsumsinya saat sayur tersebut masih hangat. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna kamu di ASTRO!

3. Tahu dan tempe goreng 

Nasi liwet menjadi sumber karbohidrat pokok, sementara sayur bening menjadi sumber mineral dan protein penting untuk tubuh. Bukan hanya itu, menu 4 sehat 5 sempurna juga diwajibkan memiliki kandungan protein dan lemak yang baik. 

Terdapat lauk makanan yang sangat simple dan mudah dibuat tetapi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni tahu dan tempe. Kamu juga dapat menyajikannya dengan cara menggorengnya, namun bila ingin lebih sehat, kamu bisa mengganti minyaknya dengan minyak zaitun

Cara penyajiannya, kamu dapat menambahkan saus kecap dengan cabai menjadi pendampingnya dan sajikan ketika masih panas. 

4. Salad buah segar 

Rasanya tidak lengkap bila mengkonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna tanpa adanya buah-buahan menjadi pencuci mulutnya. Seperti yang kita tahu jika buah menjadi sumber mineral dan vitamin yang bagus untuk tubuh. 

Kedua kandungan tersebut dapat kamu peroleh dengan memakan salad buah yang  merupakan perpaduan dari beraneka jenis buah segar yang juga terkenal kaya akan mineral dan vitaminnya, seperti mangga, kiwi, semangka, nanas, melon, strawberry dan lainnya. 

Supaya lebih mempermudah kamu untuk mengkonsumsinya, kamu dapat memotongnya dahulu menjadi potongan kecil. Sesudah itu, gabungkan dan asuk seluruh bahan menjadi satu pada wadah yang besar. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan yogurt dan madu menjadi pemanis alaminya. 

Kamu bisa sajikan salad buah ini dalam kondisi dingin supaya lebih segar. Namun, ada baiknya jangan menambahkan gula lagi karena dalam buah sudah terdapat rasa manis alami yang jauh lebih baik dibandingkan gula

Baca Juga: Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

5. Milkshake 

Apabila kamu merasa bosan minum susu murni, maka kamu dapat menggantinya dengan membuat milkshake. Pada menu 4 sehat 5 sempurna, tentunya kamu tidak boleh melewatkan susu. 

Tetapi, terkadang minum susu murni secara terus menerus bisa membuat kamu bosan dengan rasa tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membuatnya menjadi milkshake agar tidak mudah bosan. 

Cara membuat milkshake sangat mudah dilakukan. Kamu hanya cukup membeli susu kemasan dan tambahkan madu dan es batu. Lalu, kamu juga dapat menambahkan beberapa jenis buah segar seperti strawberry yang telah dihaluskan. Selanjutnya, kocok sampai seluruh bahan tercampur rata. 

Jika kamu tidak ingin menambahkan buah-buahan, kamu bisa memakai bubuk coklat agar menjadi milkshake coklat yang lezat. Gunakan bubuk dark coklat agar tetap sehat. 

Nah, itu dia sejumlah contoh menu 4 sehat 5 sempurna yang bisa kamu buat dengan mudah. Memang dalam menyiapkan menu 4 sehat 5 sempurna yang benar terkadang menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Tetapi, pasti hasilnya lebih baik. Sebab, tubuh dapat memperoleh asupan penting yang seimbang dari menu tersebut. 

Dapatkan bahan-bahan untuk membuat menu 4 sehat 5 sempurna di atas hanya di Astro! Cukup pesan melalui aplikasi Astro, maka pesananmu akan datang hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Baca Juga: Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Arie Wahyu
Arie Wahyu