Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Mengkonsumsi menu yang sehat merupakan salah satu langkah yang baik dalam memenuhi nutrisi harian. Maka dari itu, pastikan selalu mengkonsumsi menu makanan satu minggu yang sehat.

Terdapat lima kelompok dalam menu makanan sehat yang merupakan makanan pokok. Makanan pokok tersebut adalah sayur, buah, susu, protein dan karbohidrat. Tentu saja harus dalam takaran yang direkomendasikan atau tidak kurang dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Kumpulan Menu Diet Atkins Untuk Seminggu yang Tidak Membosankan

Kelompok Makanan Sehat Utama

Berikut ini adalah kelompok dari makanan utama yang sehat. Terdapat lima kelompok jika berdasarkan dari “The Australian Guide to Healthy Eating” yang cocok menjadi menu makanan satu minggu atau dalam sehari-hari. Simak yuk!.

  1. Sayur
  2. Buah
  3. Susu, keju, yogurt (harus yang rendah lemak)
  4. Daging sapi dan daging unggas (pastikan tidak ada lemak), biji-bijian, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, buncis, dan polong-polongan
  5. Karbohidrat yang mempunyai kandungan tinggi

Berdasarkan dari jenis makanan yang sudah dikelompokkan menjadi lima tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Bisa dikatakan demikian asalkan memiliki jumlah takaran nutrisi yang sama.

Sebagai contoh adalah, nutrisi utama pada jenis makanan susu, keju dan yogurt adalah jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Sedangkan pada jenis makanan sehat seperti buah adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh kamu.

Variasi dari jenis makanan-makanan sehat yang Anda konsumsi di kehidupan sehari-hari atau dalam seminggu, diartikan bahwa kelompok jenis makanan untuk setiap harinya harus pada total takaran yang disarankan dengan baik.

Mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda-beda di setiap hari, artinya kamu sedang berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sama saja dengan memberi jenis dan kandungan dari total nutrisi utama yang beda-beda satu sama lain.

Maka dari itu, sangat penting sekali dalam hal memilih makanan sehat apa saja yang harus kamu pilih untuk sehari-hari atau khususnya dalam seminggu. Terutama dalam menentukan makanan apa saja yang cocok untuk variasi.

Tujuannya selain kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, tentu saja supaya kamu tidak bosan. Maka dari itu, memilih variasi menu makanan sehat dalam seminggu juga sangat penting agar kamu juga tidak merasa bosan.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan kamu di ASTRO!

Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Jenis Makanan yang Bisa Dikonsumsi Sesekali

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa ada banyak jenis makanan lain yang bukan termasuk dalam lima kelompok jenis makanan utama. Jenis makanan ini akan lebih baik jika dikonsumsi sesekali.

Makanan jenis ini pada umumnya ditemukan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, gula, garam, dan juga alkohol. Hal tersebut bisa diartikan bahwa jenis makanan dengan kandungan tersebut tidak memiliki kandungan nutrisi tinggi yang diperlukan tubuh.

Berikut ini contoh jenis makanan yang bisa kamu konsumsi sesekali saja, 

  1. Kue, biskuit, kue kering, dessert
  2. Minuman beralkohol
  3. Susu Kental manis
  4. Es krim atau es yang manis
  5. Makanan yang digoreng/gorengan
  6. Mentega dengan kadar lemak jenuh yang tinggi
  7. Coklat dan permen (manis)
  8. Keripik yang memiliki rasa gurih, asin
  9. Makanan ringan yang berminyak
  10. Makanan siap saji
  11. Minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dan minuman berenergi

Tidak akan ada masalah mengkonsumsi jenis dari makanan-makanan yang sudah disebutkan diatas. Asalkan kamu tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, kamu juga harus mengkonsumsi jenis makanan tersebut sesekali saja, tidak akan jadi masalah.

Apabila kamu mengkonsumsinya dalam takaran yang tidak wajar, maka hanya akan menimbulkan penyakit. Bisa stroke, obesitas,diabetes, jantung, dan kanker.

Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu

Berikut ini adalah rekomendasi ide-ide menu makanan yang cocok kamu konsumsi dalam seminggu. Bisa kamu jadikan patokan dan di minggu berikutnya bisa kamu coba. Simak yuk!

Menu Makanan Hari 1

  1. Balado terong
  2. Sapo tahu
  3. Tongseng sapi
  4. Tempe goreng

Menu Makanan Hari 2

  1. Sop iga sapi
  2. Buncis rebus
  3. Jangan lombok (lodeh tempe)

Menu Makanan Hari 3

  1. Balado tongkol
  2. Sayur lodeh
  3. Cumi asin cabe hijau

Menu Makanan Hari 4

  1. Capcay
  2. Kwetiau goreng
  3. Chicken Teriyaki

Menu Makanan Hari 4

  1. Tahu cabe garam
  2. Balado teri kacang
  3. Ayam bakar kecap
  4. Cumi asam manis

Menu Makanan Hari 5

  1. Ayam woku
  2. Ayam saus Thailand
  3. Sapi lada hitam

Menu Makanan Hari 6

  1. Opor ayam
  2. Rawon
  3. Semur daging sapi

Menu Makanan Hari 7

  1. Beef bulgogi
  2. Tongseng daging sapi
  3. Sayur lodeh
  4. Tempe goreng

Demikian rekomendasi ide menu makan satu minggu sehat yang cocok untuk kamu yang sedang dalam menjalankan pola hidup sehat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang sudah disebutkan sebelumnya untuk sehari-hari, maka Kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Pastikan kamu membeli bahan-bahan makanan yang masih fresh dan berkualitas tinggi.Jika kamu ingin menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan sehat maka itu adalah langkah awal yang baik. Dengan begitu, apabila kamu juga membutuhkan berbagai macam-macam menu sehat dalam waktu seminggu, bisa langsung saja melakukan pemesanan dan beli segala macam menu makanan sehat di aplikasi Astro. Astro akan selalu siap melayani kamu dalam 24 jam non-stop. Pelayanan cepat hanya 15 menit sampai. Kamu bisa juga unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu