Kumpulan Menu Diet Atkins Untuk Seminggu yang Tidak Membosankan

Menu diet atkins untuk seminggu sebenarnya sangat mudah karena kamu hanya boleh mengkonsumsi lemak dan protein serta menghindari karbohidrat. Tanpa menyiksa, diet atkins membantu kamu memperoleh berat tubuh ideal. 

Selain itu, diet atkins adalah salah satu diet yang dianjurkan guna membantu turunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi menu sehat dalam diet atkins, kamu dapat menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi lemak dan protein seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Terdapat 20 penelitian menunjukkan jika dengan melakukan diet atkin ini, kamu tidak harus memperhitungkan kalori guna menurunkan berat badan. Diet ini sudah dicetuskan oleh Dr. Robert C. Atkins pada bukunya yang ditulis di tahun 1972. Sejak waktu itu, diet atkins menjadi populer di belahan dunia. 

Pada awalnya, diet ini diyakini tidak sehat sebab dikhawatirkan bisa menjadikan lemak jenuh dalam tubuh menumpuk. Tetapi, penelitian terbaru mengatakan bila lemak jenuh tidak membahayakan tubuh. Mulai sejak itu, diet atkins dilakukan oleh banyak orang. 

Baca Juga: Panduan Makanan 2000 Kalori untuk Mendukung Program Dietmu

Makanan yang Dilarang untuk Diet Atkins 

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang disarankan untuk diet atkins, kamu harus mengetahui jenis minuman dan makanan yang perlu dihindari ketika diet atkins seperti berikut: 

  • Minuman dengan kandungan gula seperti soda, soft drink, permen, kue, jus buah kemasan dan lainnya
  • Biji-bijian, yaitu gandum
  • Minyak sayur
  • Makanan dengan label “rendah lemak” atau “diet” 
  • Buah yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi 
  • Sayuran yang kaya akan karbohidrat 

Lebih baik kamu mengkonsumsi makanan yang dianjurkan seperti daging sapi, domba, babi, ayam, ikan. Lalu sayuran, telur dan buah yang karbohidratnya rendah, serta kacang-kacangan seperti kenari dan almond. Minuman yang perlu kamu konsumsi pun perlu diperhatikan. Ada baiknya kamu mengkonsumsi air putih, teh hijau dan kopi. 

Makanan-makanan enak misalnya daging bacon, coklat, keju dan sup krim masih bisa ditoleransi saat menjalani diet atkins ini. Diet atkins adalah salah satu diet yang sangat fleksibel, sebab masa perkenalan atau percobaannya dilakukan selama 2 minggu. Lalu, selanjutnya kamu dapat mengatur sendiri jumlah karbohidrat yang tidak ingin kamu konsumsi.

Nah, di bawah ini ada rekomendasi menu diet atkins untuk seminggu agar kamu tidak bingung dan merasa bosan. 

Menu Diet Atkins dalam Seminggu 

Untuk kamu yang masih pemula dan masih bingung untuk memilih menu makanan diet atkins, kami sudah rangkuman untuk kamu menu diet lezat dan tidak membuatmu mudah bosan seperti berikut ini. 

1. Hari pertama 

Menu pertama untuk menjalani diet atkins ini adalah kamu harus mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein dan lemak serta yang mempunyai kandungan karbohidrat rendah. 

  • Sarapan: omelette 
  • Makan siang: sayur sop dan ayam goreng 
  • Cemilan: kacang-kacangan 
  • Makan malam: yoghurt dan daging panggang 

2. Hari kedua 

Menu di hari kedua ini lebih beragam, cocok untuk kamu yang senang makan banyak tetapi tetap ingin diet. 

3. Hari ketiga 

Selanjutnya, menu hari ketiga ini sangat simple, kamu membuatnya mudah dan tidak memakan banyak waktumu untuk membuat menu ini. 

Baca Juga: Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar

4. Hari keempat 

Makanan hari keempat bisa kamu membeli nya di warung makan maupun kamu membuatnya sendiri. Jika tidak mempunyai banyak waktu, maka kamu bisa membelinya di warung makan. 

  • Sarapan: scramble egg dan sosis 
  • Makan siang: cah kangkung dan ikan pesmol 
  • Camilan: Strawberry dan salad sayur 
  • Makan malam: sayur bayam dan ayam bakar 

5. Hari kelima 

Menu makanan hari kelima ini sangat beragam dan komplek, sehingga kamu akan merasa sedang tidak diet, lho! Menu yang bisa kamu konsumsi saat diet atkins di hari kelima yaitu: 

6. Hari keenam 

Hari keenam kamu bisa mengkonsumsi menu daging-dagingan yang dimasak menjadi beberapa jenis yang berbeda dan tentunya sangat lezat. 

  • Sarapan: salad buah dan daging goreng 
  • Makan siang: tumis kacang panjang dan pepes ikan mas 
  • Cemilan: jus alpukat 
  • Makan malam: salad sayur dan daging teriyaki 

7. Hari ketujuh 

Di hari ketujuh ini menu makannya lebih simple karena dalam satu minggu belakangan kamu sudah mengkonsumsi menu yang sangat beragam

  • Sarapan: sup ayam 
  • Makan siang: bakso dan sayurannya 
  • Cemilan: smoothies dan walnut 
  • Makan malam: tumis tahu, sawi dan gurame asam manis

Dengan beragam menu diet atkins untuk seminggu seperti yang sudah dicontohkan diatas, bila kamu bisa melakukannya dengan konsisten dan disiplin, maka bobot tubuh mu bisa cepat mengalami penurunan. Semua menu tersebut juga termasuk menu yang mempunyai kandungan sangat sehat untuk diet dan kaya akan nutrisi. 

Sehingga meskipun sedang diet, kamu tidak harus takut untuk kekurangan nutrisi sebab pada menu tersebut sudah terkandung nutrisi yang diperlukan ketika diet. Tidak hanya menerapkan menu sehat saat menjalani diet atkins, kamu juga harus menunjangnya dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat lainnya.

Baca Juga: 21 Contoh Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok Untuk Diet

Dapatkan bahan-bahan makanan sehat berkualitas hanya di Astro. Belanja di Astro dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian online yang cepat & siap selama 24 jam penuh. Yuk, download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu