Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

Sebagai salah satu usaha demi memiliki berat badan ideal, tentu saja menjalani diet tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena, walaupun berfokus guna mengurangi asupan kalori, kamu tetap harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap harinya. 

Apabila sekarang kamu ingin diet, tetapi kamu bingung apa saja resep menu diet sehat 30 hari yang harus dikonsumsi. Tidak perlu khawatir, di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa resep menu makanan yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Penasaran dengan menu nya? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Rekomendasi Menu Diet Sehat 

Di bawah ini ada beberapa pilihan menu diet satu bulan yang dapat kamu buat di rumah, seperti: 

1. Hari pertama 

Walaupun kamu sedang diet, tetapi kamu tidak boleh melewati waktu sarapan. Kamu dapat membuat sarapan bebas gula, seperti telur rebus dan susu putih tawar. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi kuning telur karena memiliki banyak kalori di dalamnya. 

Sarapan: 

Makan siang: 

Makan malam: 

  • 1 porsi salad buah yang dapat ditambahkan dengan berbagai sayuran hijau. 

2. Hari kedua 

Hari selanjutnya, mungkin kamu bisa membuat beberapa menu yang lebih variatif seperti: 

Sarapan:  

  • 1 porsi scramble egg dengan 1 atau ½ alpukat

Makan siang: 

Makan malam 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Diet kamu di ASTRO!

resep menu diet

3. Hari ketiga 

Ada baiknya kamu mengkonsumsi buah lebih banyak, buah yang bisa kamu konsumsi seperti jeruk, melon, pisang atau alpukat. Konsumsi sebanyak 50% dan setengahnya kamu bisa mengkonsumsi sayuran, mulai dari brokoli, mentimun, tomat, sawi, dan bayam

Sarapan: 

Makan siang: 

  • Pasta yang rendah kalori dicampur dengan 140 gr jamur

Makan malam: 

  • 200 gr caesar salad atau 1 porsi. 

4. Hari keempat 

Kamu harus mengurangi porsi makanan, namun jangan sampai tidak sarapan. Oleh karena itu, kamu bisa membuat beberapa menu ini: 

Sarapan: 

Makan siang: 

Makan malam: 

  • 28-30 gr kacang-kacangan, 1 buah naga, dan 1 gelas smoothies yang dibuat dengan menambahkan air kelapa

5. Hari kelima 

Hari kelima ini kamu bisa membuat berbagai tumis sayuran hijau yang nikmat dengan tambahan daging. Selain tumis, mungkin kamu juga bisa membuat sayur bayam kuah yang lezat dengan menambahkan jagung rebus. 

Sarapan: 

Makan siang: 

Makan malam: 

6. Hari keenam 

Menu hari selanjutnya yang bisa kamu konsumsi yaitu yoghurt yang bisa dipadukan dengan buah atau sereal. Pilih yoghurt yang bebas gula atau plan yoghurt agar lemak dalam tubuh tidak bertambah. Menu makan siang atau malamnya kamu bisa mengganti nasi dengan sayur. 

Sarapan: 

  • 3 jenis buah dipotong-potong dan berikan plain yoghurt

Makan siang: 

  • Tahu tempe masing-masing 1 buah dan 100 gr ikan balado panggang. 

Makan malam: 

  • 100 gr sayuran dan 100-120 gr ikan panggang. 

7. Hari ketujuh 

Ketika akhir pekan bukan berarti ini menjadi cheat day untuk kamu, ya! Sayang sekali jika kamu sudah bersusah payah selama hampir seminggu, lalu gagal karena satu hari mengkonsumsi makanan yang bisa merusak program diet mu.  Kamu tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat yang lezat seperti: 

Sarapan: 

  • 100 gr yoghurt, 100 gr beef bacon dan 1 butir scramble egg. 

Makan siang: 

  • 100 gr sayuran dan 85-100 gr ayam panggang. 

Makan malam: 

  • 200 gr salad sayur yang ditambahkan 25 ml sesame dressing. 

Semua menu diet untuk seminggu di atas dapat kamu ikuti selama 30 hari. Tetapi, bisa lebih baik bila setiap menu makan siang dan malam tetap memiliki kandungan protein, karbohidrat dan sayur. Lalu, smoothies atau salad buah dapat jadikan cemilan pada jeda makan siang atau saat kelaparan di malam hari. 

Diet demi menurunkan berat badan tidak berarti kamu tidak bisa mengkonsumsi karbohidrat, gula, atau kalori sama sekali. Hanya saja, ada beberapa asupan yang perlu dikurangi porsinya untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Sebenarnya menu diet tetap berprinsip pada konsumsi gizi yang seimbang. Tujuannya supaya tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, tidak mengkonsumsi sama sekali asupan nutrisi tertentu, namun ada sejumlah asupan yang harus kamu batasi. 

Salah satu asupan yang lebih baik kamu perhatikan konsistensinya yaitu kalori. Sebab, kalori memiliki peran penting untuk meningkatkan berat badan. Kalori yang masuk mengacu ke kalori yang kamu dapatkan dari makanan. Sedangkan, kalori keluar merupakan jumlah kalori yang bisa kamu bakar setiap harinya. Apabila keduanya tidak bisa seimbang, maka otomatis berat badan jadi meningkat.


Nah, demikianlah rekomendasi resep menu diet sehat yang dapat kamu coba terapkan mulai sekarang. Tidak perlu selalu mengkonsumsi makanan yang dikukus atau rebus, resep menu makanan di atas sudah dijamin lezat. Semoga bermanfaat, ya!

Buat kamu yang mau belanja bahan makanan untuk resep di atas, jangan lupa selalu andalkan Astro! Di Astro kamu bisa dapatkan bahan makanan segar dengan kesegaran yang terjamin dan yang pasti cepat sampai hanya dalam hitungan menit. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu