Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit Beserta Manfaatnya

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit Beserta Manfaatnya

Pare terkenal dengan rasa pahit di lidah tetapi jika diolah dengan benar maka akan menghasilkan rasa yang enak. Apalagi ada banyak menu makanan yang bisa diolah menggunakan pare mulai dari tumis pare, sambal pare teri, pare dadar telur, oseng pare, pare pete tumis pedas, dan masih banyak lagi menu lainnya. Sebenarnya rasa pahit yang ada di pare bisa dikurangi dengan melakukan berbagai cara. Berikut ini akan dijelaskan bermacam-macam cara memasak pare agar tidak pahit untuk dijadikan berbagai menu masakan.

Baca Juga: Sayuran Sehat untuk Hidup Sehat: 15 Tips Cara Memilih Sayuran yang Berkualitas

Cara Memasak Pare Supaya Tidak Pahit

1. Cuci Menggunakan Air Bersih

Cara pertama ini mudah sekali kamu lakukan untuk mengurangi rasa pahit pada pare yaitu mencucinya dengan air bersih. Ada baiknya untuk memotong pare kecil-kecil terlebih dahulu sebelum mulai membersihkannya. Hal ini agar bagian dalam pare terendam air dan juga bersih sehingga tidak terasa pahit ketika kamu masak.

2. Kupas Kulitnya

Selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu kupas kulit pare sampai benar-benar halus. Dengan mengupas bagian ini maka dapat mengurangi rasa pahit di lidah secara signifikan. Walaupun dikupas, kulit pare tidak harus langsung dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk adonan roti paratha sehingga rasanya jadi lebih unik dan juga gurih.

3. Marinasi Menggunakan Garam

Cara lainnya adalah melakukan marinasi menggunakan garam dengan rentang waktu dari 20 hingga 30 menit. Garam bisa menyerap rasa pahit yang ada pada pare sehingga rasanya akan lebih nikmat ketika terasa di lidah. Setelah selesai proses marinasi kemudian peras pare yang bertujuan untuk mengeluarkan garam dilanjutkan dengan mencuci pakai air bersih. Jika kamu sudah melakukan proses marinasi maka jangan terlalu menggunakan garam secara berlebihan ketika mengolah masakan dengan pare agar rasanya tidak terlalu asin.

4. Taburkan Gula

Selain dimarinasi memakai garam, ada juga cara agar rasa pare tidak pahit yaitu dengan menaburkan gula. Cara ini cukup mudah kamu lakukan yaitu dengan menaburkan gula ke bagian atas pare sebelum diangkat dari panci. Rasa manis yang terdapat di gula mampu menyeimbangkan rasa pahit. Perlu kamu ingat bahwa dengan cara ini maka ada kemungkinan bisa membuat pare akan terasa manis saat digigit.

5. Campur Air Rebusan Gula dan Cuka

Rasa pahit pada pare bisa dikurangi atau dihilangkan dengan menuang air rebusan gula dan cuka ke pare. Terlebih dahulu rebus air sampai mendidih kemudian masukkan gula dan cuka ke dalam air mendidih sampai menyatu. Setelah menyatu maka bisa langsung tuang ke pare agar pahitnya berkurang dan lebih nikmat dikonsumsi.

Baca Juga: Zuchinni, Sayuran Berkhasiat Tinggi yang Harus Ada di Dapurmu

Beberapa cara memasak pare agar tidak pahit diatas tentunya bisa diterapkan ketika kamu ingin memasak menu yang menggunakan pare. Walaupun pahit, ternyata pare juga menawarkan beberapa manfaat penting mulai dari penundaan penuaan karena menjadi sumber antioksidan sehingga bisa terhindar dari radikal bebas sehingga mampu memperlambat penuaan di kulit kamu. Selain itu pare juga bisa meredakan asam lambung seperti mulas dan kembung.

Manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh adalah mengendalikan berat badan sehingga cocok untuk kamu yang diet. Antioksidan yang ada di pare membuat metabolisme serta sistem pencernaan meningkat sehingga lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Makanya penting untuk memasukkan menu masakan pare ke dalam daftar menu harian kamu. Untuk membeli pare yang masih segar maka percayakan pada aplikasi Astro. Yuk, rasakan kemudahan belanja online bersama Astro! Temukan berbagai pilihan buah segar, produk makanan, produk kecantikan, dan lainnya. Download aplikasi Astro sekarang di App Store & Play Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie