Jenis jenis Beras yang Berkualitas dan Baik Untuk Kesehatan Selain Beras Putih

Nasi adalah salah satu bahan pokok yang kerap dijadikan makanan utama di negara-negara besar termasuk salah satunya adalah Indonesia karena memang nasi sendiri mempunyai manfaat tersendiri salah satunya sebagai sumber energi.

Bahkan kamu harus tahu jika 50% dari populasi di dunia sangatlah bergantung pada beras untuk dapat memenuhi kebutuhan 20% kalori harian mereka. Kemudian beras juga mempunyai jenis-jenis yang beragam termasuk warna, nilai gizi serta rasanya yang berbeda. 

Beberapa dari jenis beras yang ada pada kenyataannya mempunyai nutrisi serta senyawa tanaman yang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan, kemudian yang lainnya mempunyai kandungan gizi yang tidak banyak. Karena itulah kamu tidak boleh asal dalam mengkonsumsi nasi supaya bisa tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat dan kalori.

Baca Juga: Daftar Resep Olahan Beras Merah Untuk Diet yang Tidak Membosankan

Beras Berkualitas Baik Bagi Kesehatan Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini adalah beberapa jenis jenis beras dengan kualitas terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh, yaitu:

1. Beras Cokelat

Jenis beras yang pertama dengan kualitas baik adalah beras coklat jenis beras ini tentunya tetap harus melewati proses penggilingan terlebih dahulu hanya saja pada beras coklat hanya memisahkan lapisan paling luar dan tidak membuang lapisan tengahnya.

Di Indonesia sendiri banyak orang yang menganggap bahwa beras coklat sama dengan beras merah padahal keduanya sebenarnya tidaklah sama, hanya saja beras coklat ketika dimasak masih mempunyai tekstur keras jika dibandingkan dengan jenis nasi lainnya termasuk nasi putih.

Tapi kamu harus tahu bahwa kandungan magnesium yang ada di beras coklat terbilang tinggi dan serat yang dihasilkan kurang lebih 1,8 gram per 100 gram nya. Tidak hanya itu saja beras coklat sendiri juga mengandung zat besi serta vitamin B6 yang dapat menjaga keseimbangan dari produksi sel darah merah serta hormon yang mengatur nafsu makan.

2. Beras ketan

Selanjutnya adalah beras ketan, biasanya kamu bisa memasak jenis beras ini untuk lemper atau jenis makanan khas lain yang memang menjadikan beras ketan sebagai bahan utamanya.

Mempunyai karakter yang lengket ketika sudah matang, pada kenyataan beras ini memiliki kandungan vitamin D dan B, fosfor serta kalium yang tinggi. Dimana kesemuanya tersebut dapat membuat tulang kamu menjadi lebih padat, kemudian memperbaiki imun tubuh, kinerja organ, saraf dan otak juga membaik.

3. Beras Hitam

Berikutnya adalah beras hitam di mana sesuai dengan namanya jika setiap bulir dari beras ini mempunyai warna yang hitam pekat dan biasanya akan berubah menjadi ungu ketika dimasak. 

Apalagi beras hitam mempunyai aktivitas antioksidan tertinggi dibandingkan dengan semua jenis beras yang ada dan membuatnya menjadi pilihan sebagai brush yang mempunyai gizi terbaik. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan oleh adanya kelebihan molekul dari radikal bebas. Keadaan tersebut dapat menimbulkan stres oksidatif dan membuat munculnya berbagai jenis penyakit kronis.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Memasak Nasi Ala Jepang yang Lezat dan Gurih

4. Beras Merah

Tentu kamu sudah tidak asing dengan beras merah yang mana jenis ini kerap kali direkomendasikan bagi para penderita diabetes dan juga mereka yang ingin menjalani diet. Karena memang pada beras merah memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang baik untuk melawan efek dari radikal bebas.

Beras merah sendiri mempunyai kandungan senyawa dan nutrisi tanaman yang bermanfaat karena terdapat protein dan juga serat yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih. 

5. Beras Liar

Berikutnya adalah beras liar atau dikenal sebagai gandum yang memiliki kandungan 3 kali lebih banyak protein dan juga serat dibandingkan dengan beras putih yang menjadi pilihan banyak orang untuk mengenyangkan rasa lapar mereka.

Beras liar sendiri setelah diteliti nyatanya bisa mengurangi kolesterol dan trigliserida, selain itu beras ini juga bisa menjaga resistensi insulin, stres oksidatif yang menjadi salah satu resiko terjadinya penyakit kanker dan jantung.

Kamu juga harus tahu bahwa beras liar adalah salah satu sumber mineral dan vitamin terbaik contohnya seperti magnesium, vitamin b dan mangan. Bahkan beras liar juga mempunyai antioksidan yang mencapai angka 30 kali lebih banyak dibandingkan beras putih.

6. Beras Basmati

Terakhir adalah beras basmati ini merupakan salah satu jenis beras yang cukup populer di kawasan Asia Selatan dan India. Basmati sendiri kamu punya aroma yang mirip dengan popcorn saat dimasak. 

Beras ini bila dibandingkan dengan jenis lainnya mempunyai kadar arsenik yang rendah, beras basmati juga memiliki serat yang banyak guna mencegah terjadinya masalah pada pencernaan, serta dapat membantu mengurangi terjadinya resiko penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga: Fakta Terkait Nasi Dingin Lebih Rendah Gula

Nah, itulah tadi beberapa jenis-jenis beras yang bisa kamu konsumsi dan memiliki kualitas yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mendapatkan berbagai beras berkualitas dan baik untuk kesehatan, seperti beras merah, beras ketan, dan lainnya kamu bisa belanja di aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu