Ini Dia Rahasia Memasak Nasi Ala Jepang yang Lezat dan Gurih

Jepang terkenal dengan makanannya yang lezat dan bervariasi, salah satunya adalah nasi pulen atau yang disebut gohan. Nasi ini sangat berbeda dengan nasi biasa, karena memiliki tekstur yang lembut, berkilauan, dan tentunya sangat pulen. Tidak hanya enak, nasi pulen juga sangat mudah untuk diolah. Nah kali ini, Astro akan memberikan cara membuat nasi pulen ala Jepang yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Yuk, simak selengkapnya di bawah!

Menggunakan Bahan yang Tepat

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi pulen memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas dari nasi yang dihasilkan. Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah:

Pastikan untuk menggunakan beras Jepang berkualitas tinggi seperti Astro Goods Premium Japanese Rice yang merupakan produk beras ala Jepang (uruchimai (粳米)  terbaru dari Astro Goods. Beras Jepang ini memiliki kadar air rendah sehingga dapat menghasilkan nasi yang pulen dan lezat. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Nasi Jepang kamu di ASTRO!

Proses Memasak Nasi

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat nasi pulen ala Jepang:

1. Mencuci Beras

Cuci beras dengan air hingga bersih, lalu tiriskan selama 30 menit. Proses ini bertujuan untuk membuat butiran beras mengembang dan menghasilkan nasi yang lebih pulen.

2. Menakar Air

Tambahkan air ke dalam panci dan ukur dengan menggunakan jari. Pastikan air setinggi jari ketika diukur di atas beras.

3. Menambahkan Air Dashi

Tambahkan air dashi ke dalam panci sesuai dengan jumlah air yang sudah ditakar tadi.

4. Menambahkan Garam

Tambahkan garam ke dalam panci, lalu aduk hingga merata.

5. Menambahkan Beras

Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam panci, lalu ratakan hingga seluruh bagian terendam air.

6. Memasak Nasi

Nyalakan api dan tutup panci. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan nasi mendidih selama 10-12 menit. Setelah itu, matikan api dan biarkan nasi meresap selama 10-15 menit.

7. Mengaduk Nasi

Setelah nasi telah meresap, gunakan sendok kayu untuk mengaduk nasi dengan gerakan memutar dari bawah ke atas. Tujuannya untuk membuat nasi lebih pulen dan mengeluarkan uap yang terperangkap.

8. Menutup Panci

Tutup panci dan biarkan nasi meresap selama 10-15 menit lagi. Kemudian nasi ala Jepang siap dihidangkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, sekarang kamu dapat memasak nasi ala Jepang dengan mudah di rumah. Jangan lupa, untuk gunakan beras berkualitas ala Jepang Astro Goods Premium Japanese Rice yang bisa kamu pesan dari aplikasi Astro supaya hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Mau coba mengolah beras ala Jepang? Belanja Astro Goods Premium Japanese Rice dengan klik banner di bawah ini!

Arie Wahyu
Arie Wahyu