Rekomendasi Makanan Untuk Orang Demam

Ketika demam sedang melanda tubuh, tentu saja akan menimbulkan perasaan cemas dan juga kamu akan merasa harus melakukan suatu hal agar demam itu bisa turun dan sembuh. Tentu saja ada beberapa hal yang bisa kamu usahakan agar demam itu bisa turun segera.

Salah satu yang bisa diupayakan adalah dengan makan makanan untuk orang demam yang khusus juga ada dan bisa kamu perhatikan. Jadi, tidak hanya segera ke dokter atau rumah sakit untuk minta diperiksa dan mengkonsumsi obat agar demam cepat turun.

Namun, ada hal yang juga harus kamu perhatikan bahwa ada makanan dan minuman juga yang khusus dilarang dan dianjurkan bagi kamu yang sedang demam. Apalagi memang ada banyak makanan berbagai jenisnya yang bisa bantu demam jadi lekas mereda.

Selain itu, hal yang bisa diupayakan adalah dengan mengukur berapa suhu tubuh kamu yang sedang demam itu dengan menggunakan alat termometer. Pada umumnya, orang bisa dinyatakan sudah demam pada suhu tertentu, yakni 37,5 derajat celcius. 

Ada juga berbagai alasan kenapa orang bisa mengalami demam. Yakni ada dua kemungkinan yang merupakan faktor penyebab orang bisa demam yakni bisa karena infeksi virus, dan juga bakteri.

Bisa dibilang bahwa virus dan bakteri yang bisa membuat orang bisa terkena demam adalah bagi orang yang memang memiliki tubuh yang kurang kebal atau kekebalan tubuhnya sedang menurun. Perlu kamu ingat bahwa tubuh yang sedang demam itu adalah tubuh yang sedang berupaya melawan adanya virus yang sedang menyerang tubuh kamu.

Sebagai contoh mudahnya adalah virus flu dan sejenisnya. Di sisi lain, adanya demam yang dapat terjadi yang disebabkan oleh adanya infeksi pada telinga, infeksi pada saluran kencing dan pneumonia.

Jika saja demam tidak mereda atau jadi semakin buruk, maka ada solusi terbaik dengan mengobatinya dengan benar di rumah. Hal utama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih makanan untuk orang demam yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imun Kamu

Makanan Untuk Orang Demam, Dijamin Manjur

Berikut ini adalah beberapa daftar dan rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi untuk orang yang sedang demam, simak yuk!

1. Makanan dari Sumber Protein

Ketika tubuh kamu sedang dilanda demam, maka usahakan untuk konsumsi makanan yang merupakan sumber protein yang baik. Karena nutrisi yang akan memberikan energi bagi kamu yang sedang demam dapat bantu kekebalan tubuhmu yang sedang melawan adanya virus atau infeksi tersebut.

Makanan dengan kandungan protein ini juga akan bantu suhu tubuh kamu jadi pulih dan lebih meningkat lagi. Adapun jenis makanan sumber protein ini adalah ikan, ayam, tahu, telur, susu, keju, dan juga tempe juga bisa.

2. Air Putih

Demam yang sedang tinggi juga tetap membutuhkan asupan air putih atau air mineral yang harus tetap kamu minum dengan rutin. Dengan minum air putih juga bisa bantu demam kamu jadi ikut turun.

Bahkan, tubuh yang sedang demam juga tidak akan mudah terkena dehidrasi. Maka dari itu harus tetap minum air putih meskipun sedang demam agar tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga: Jenis Makanan Untuk Pemulihan Setelah Sakit

3. Buah yang segar

Buah adalah makanan yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang demam, khususnya buah-buahan segar. Apalagi memang ketika sedang demam, tubuh kamu mengalami adanya kekurangan cairan yang cukup banyak.

Jika sudah begitu maka akan mudah terkena dehidrasi. Oleh sebab itu buah yang segar adalah solusinya yang bisa bantu meningkatkan cairan dalam tubuh yang sedang demam.

Selain itu, buah-buahan segar mempunyai nutrisi baik berupa vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan sejenisnya yang memiliki kandungan antioksidan agar kekebalan tubuh jadi lebih meningkat. Adapun buah yang bisa kamu konsumsi adalah nanas, kiwi, stroberi, pisang dan jeruk, serta ada semangka dan juga blewah.

4, Probiotik

Selanjutnya adalah makanan dari probiotik atau memiliki kandungan bakteri baik yang sangat direkomendasikan untuk yang demam. Bakteri atau probiotik ini baik untuk jaga agar keseimbangan bakteri yang ada pada usus jadi tetap terjaga. 

Makanan yang mengandung probiotik bisa kamu temukan pada yogurt dan juga tempe. Ini bisa bantu kamu dalam memperkuat sistem kekebalan pada tubuh yang sedang demam.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Mengandung Probiotik

Demikian beberapa makanan untuk orang demam yang harus kamu ketahui dan bisa jadi pilihan saat kamu sedang demam. Bisa konsumsi buah segar, minum air putih, makanan dengan sumber protein yang kaya, probiotik.

Dapatkan berbagai macam bahan makan yang baik dikonsumsi saat demam dengan harga terbaik di aplikasi Astro! Belanja di aplikasi Astro sekarang & belanjaanmu akan sampai dalam hitungan menit saja!

Referensi:

Demam Menyerang, Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu