Rekomendasi 10 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imun Kamu

Semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan terjaga imunitasnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan menjadi sangat penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi makanan penambah imun tubuh yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Orang Demam

10 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Memperkuat Imun tubuh

1. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain jeruk, stroberi, kiwi, mangga, dan pepaya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale mengandung vitamin C dan vitamin E yang juga berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Jamur

Jamur memiliki kandungan beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain shiitake, maitake, dan jamur tiram.

4. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah yogurt yang mengandung kultur hidup yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah mengandung vitamin E dan selenium yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

10. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas, disamping itu memiliki efek prebiotik yang tentunya sangat bermanfaat bagi pencernaan tubuh kamu.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Untuk Membersihkan Paru Paru 

Dalam mengonsumsi makanan penambah imun tubuh, kamu juga perlu memperhatikan jumlah dan kualitas konsumsi makanan yang kamu makan. Pilihlah makanan yang sehat dan seimbang serta olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan hal tersebut, diharapkan sistem kekebalan tubuh kamu dapat terjaga dan mencegah berbagai macam penyakit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Buah-buahan, sayuran hijau, jamur, yogurt, bawang putih, teh hijau, kacang-kacangan, wortel, ikan salmon, dan dark chocolate dapat menjadi alternatif makanan penambah imun tubuh yang bisa kamu coba. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan jumlah dan kualitas konsumsi makanan serta olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan makanan sehat dan segar yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa belanja kebutuhan harian melalui aplikasi Astro dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam pilihan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, daging organik, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memilih dari berbagai merek makanan sehat yang terpercaya dan berkualitas.

Dengan belanja melalui aplikasi Astro, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga serta mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik. Jangan ragu untuk belanja sehat melalui aplikasi Astro dan jadikan hidupmu lebih sehat dan bugar!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu