Apa Saja Makanan Untuk Membersihkan Paru Paru 

Apa Saja Makanan Untuk Membersihkan Paru Paru 

Membersihkan paru-paru sangat bermanfaat untuk perokok, orang yang kerap kali terkena polusi udara dan mereka yang mempunyai keadaan kronis. Ada cara untuk membersihkan paru-paru, salah satunya dengan makanan. Mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat anti inflamasi bisa mengurangi peradangan dan meringankan penyakit paru-paru. 

Ada beberapa makanan untuk membersihkan paru-paru yang bisa harus kamu konsumsi secara rutin agar paru-paru selalu dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang berbagai virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit paru-paru berbahaya. Berikut ini makanan yang bisa membantu kamu untuk membersihkan paru-paru. 

Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Jenis Makanan Pembersih Paru-paru 

Sebetulnya, paru-paru merupakan organ tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri, sesaat sesudah ia terbebas dari berbagai kontaminasi paparan zat dan asap berbahaya. Misalnya saja, paru-paru dari mantan perokok. 

Tetapi, ada sejumlah makanan pembersih paru-paru yang dapat menghilangkan lendir dan iritasi di dalamnya seperti berikut ini. 

1. Teh hijau 

Teh hijau merupakan minuman yang mempunyai efek yang bagus bagi kesehatan. Salah satunya sebab terdapat kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG yang ada di dalam teh hijau. Zat ini mempunyai sifat anti inflamasi dan antioksidan serta sudah terbukti bisa menghambat fibrosis atau salah satu jaringan parut yang ada di dalam paru-paru. 

Harus kamu ketahui juga, fibrosis merupakan penyakit yang mempunyai gejala terganggunya jaringan parut progresif dalam fungsi paru-paru. Sejumlah riset menunjukkan jika EGCG bisa membantu mengobati penyakit ini. 

2. Bawang putih 

Bawang putih terkenal menjadi makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru, sebab mempunyai sifat anti inflamasi. Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih dapat melawan berbagai peradangan dan infeksi. Bawang putih pun diyakini menjadi makanan yang sangat efektif untuk meredakan gejala asma dan berpeluang mengurangi risiko paru-paru. 

3. Apel 

Buah berbentuk agar bulat ini dipercaya menjadi makanan yang bisa membersihkan paru-paru, sebab kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kamu ketahui jika vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kekebalan tubuh dan sistem pernapasan. Saat fungsi sistem pernapasan mu sehat, maka berbagai penyakit paru-paru bisa dicegah. 

4. Kunyit 

Kunyit bisa membantu kamu untuk meredakan peradangan yang terjadi karena penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Kandungan aktif yang ada di dalam kunyit bisa membersihkan paru-paru dengan cara alami. 

Tanaman herbal yang satu ini pun bisa membantu meningkatkan kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa mencampurkan kunyit bubuk atau batangan ke dalam smoothie, salad atau susu. 

5. Madu 

Madu merupakan pemanis alami yang sangat terkenal sebab sifat antibakterinya bisa membantu meredakan masalah pernapasan. Makanan ini pun bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru dan membersihkan udara di dalam paru. 

Kamu bisa mencampurkan sesendok madu pada air hangat yang sangat bermanfaat guna membersihkan paru-paru. Tidak hanya itu, manfaat lainnya juga bisa didapatkan untuk meredakan batuk dan pilek. 

Baca Juga: Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Tidak Mudah Lelah

6. Bluberi 

Makanan lainnya yang bisa membantu kamu untuk membersihkan paru-paru adalah bluberi. Buah yang satu ini mengandung nutrisi yang tinggi dan bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Termasuk menjaga dan melindungi fungsi paru-paru. 

Buah ini menjadi sumber anthocyanin, termasuk petunidin, delfinidin, peonidin, sianidin, malvidin. Anthocyanin merupakan pigmen yang sudah terbukti bisa melindungi jaringan paru dari berbagai kerusakan oksidatif. 

7. Kacang Brazil 

Kacang Brazil adalah mempunyai segudang selenium yang paling banyak dan dapat kamu konsumsi. Salah satu studi menunjukkan jika asupan selenium yang sangat banyak bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker paru-paru, membangun pertahanan antioksidan, meningkatkan fungsi sistem pernapasan untuk penderita asma dan fungsi kekebalan tubuh. 

Tentunya hal tersebut sangat bagus guna meningkatkan kesehatan paru. Bukan hanya kacang Brazil saja, tetapi kacang-kacangan yang lainnya juga mempunyai banyak nutrisi yang bisa membantu mendorong fungsi paru-paru, seperti kalium, zinc, zat besi dan magnesium.

8. Ikan teri 

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, nyatanya ikan teri menjadi makanan yang bagus untuk kesehatan paru-paru. Karena, ikan teri mempunyai kandungan asam lemak omega-3 dan nutrisi yang sangat tinggi di dalamnya. 

Ditambah lagi, ada salah satu studi menjelaskan jika asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan teri ini bisa mengurangi gejala asma. Tidak hanya itu, jangan menjadi makanan pembersih paru-paru ini menjadi alasan untuk kamu terus merokok. Tentunya mengkonsumsi ikan teri akan menjadi sia-sia, jika kamu masih tetap merokok. 

9. Buah ceri 

Buah ceri ternyata juga menjadi makanan untuk membersihkan paru-paru. Karena, buah ini bisa melawan peradangan yang terjadi di dalam paru-paru. Kamu harus waspada, peradangan pada paru-paru ini bisa mengakibatkan kamu kesusahan dalam bernapas dan menjadikan dada sangat berat. 

Dengan memakan buah ceri untuk membersihkan paru-paru ini, maka bisa membantu kamu untuk meredakan gejala kesulitan bernapas karena paru-paru mu bermasalah. 

10. Kakao 

Biji kakao atau biasa dikenal sebagai coklat hitam ini mempunyai kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi. Mereka pun dilengkapi dengan zat bernama theobromine yang bisa menjadikan saluran udara pada paru-paru menjadi rileks. 

Bahkan, pada salah satu studi, coklat hitam ini sudah terbukti bisa menurunkan risiko alergi saluran pernapasan dan bisa mencegah kanker paru-paru. 

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik Untuk Tulang

Mengkonsumsi makanan untuk membersihkan paru-paru, dibarengi dengan melakukan pola hidup sehat dapat menjadi gabungan cemerlang untuk menjaga kesehatan paru-paru mu. Oleh karena itu, sebelum terlambat, kamu harus sayangi paru-parumu dengan mengkonsumsi makanan di atas dan rajin berolahraga supaya terhindari dari berbagai jenis penyakit paru-paru yang berbahaya.

Belanja berbagai makanan sehat untuk jaga kondisi tubuh hanya di Astro. Pesan kebutuhan harian secara online di aplikasi Astro yang praktis sekarang dan pesanan kamu akan datang dalam waktu hitungan menit saja!

Download aplikasi Astro di App Store & Google Play Store!

Referensi:

Makanan Pembersih Paru-paru yang Jarang Diketahui Orang

Ini 7 Makanan Pembersih Paru-Paru yang Jarang Diketahui

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu