Daftar Makanan yang Baik Untuk Tulang

Banyaknya kegiatan menuntutmu untuk selalu dalam kondisi yang sehat dan bugar. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang baik untuk tulang sangat penting agar organ tubuh bisa berfungsi secara optimal. Sebab bagian tubuh yang sangat penting adalah tulang. 

Tulang mempunyai peran untuk menyediakan struktur, menahan otot, melindungi organ, dan menyimpan kalsium. Seiring bertambahnya umur, kondisi tulang pastinya akan terus berubah. Apabila kamu tidak peduli dengan kesehatan tulang, hal ini bisa merugikan mu di kemudian hari nanti. 

Demi mempunyai tulang yang kuat, kamu harus berolahraga dengan rajin sebab sangat penting dilakukan. Misalnya, olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu jogging, sepak bola, bola basket, tenis, lompat tali dan lainnya. Sesuaikan jenis olahraga dengan keadaan fisikmu.  

Tidak aktivitas fisik, kamu pun harus memperhatikan makanan untuk tulang. Bukan hanya dari susu saja, kesehatan tulang pun bisa didukung dari berbagai makanan dan minuman. Lalu, apa saja makanan yang bagus untuk tulang dan bisa kamu konsumsi sehari-hari?

Baca Juga: Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Rekomendasi Makanan yang Bagus untuk Tulang 

1. Yoghurt 

Yogurt mempunyai kandungan vitamin D yang tinggi dan dibutuhkan oleh tulang. Dengan rutin mengkonsumsi yogurt setiap hari bisa membantu memenuhi asupan kalsium mu. Supaya bisa lebih sehat, kamu dapat mengkonsumsi yogurt plain yang tidak mengandung terlalu banyak gula. 

2. Keju 

Keju menjadi salah satu makanan dengan kandungan kalsium yang bagus untuk tulang. Tidak harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, kamu bisa memakan beberapa potong saja. Kamu bisa memilih keju cheddar sebagai pilihan yang lezat. 

3. Ikan sarden 

Apabila mencari makanan yang bisa menguatkan tulang dengan rasa yang lezat, maka kamu bisa memakan ikan sarden. Ikan yang sangat populer ini nyatanya mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi, sehingga cocok guna mendukung kesehatan tulang. 

Kamu dapat menumis ikan sarden ini dengan sambal supaya lebih nikmat. Jika kamu khawatir dengan ikan sarden kalengan, kamu bisa memilih ikan yang masih segar di pasar. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan Sehat kamu di ASTRO!

4. Ikan salmon 

Tidak hanya sarden, salmon pun menjadi makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Ikan yang satu ini diketahui memiliki vitamin D dan asam lemak omega-3. Pastikan kamu memilih ikan salmon yang segar supaya tidak tercemar oleh berbagai bakteri yang mengakibatkan penyakit. 

5. Ikan tuna 

Tuna dikenal menjadi sumber vitamin D yang berkualitas. Tidak hanya itu, jenis ikan yang satu ini pun mengandung berbagai mineral, seperti fosfor dan magnesium yang bagus guna kekuatan tulang. Protein di dalamnya juga sangat lengkap guna kebutuhan harian. 

6. Bayam 

Jenis sayuran yang bagus untuk membantu menjaga tulang yaitu bayam. Bukan hanya mempunyai kandungan kalsium saja, sayur bayam pun sangat menyehatkan karena memiliki vitamin A, zat besi dan serat. 

Baca Juga: Apa Saja Makanan Untuk Membersihkan Paru Paru

7. Ubi jalar 

Ubi jalar atau banyak dikenal sebagai sweet potato pada bahasa Inggris, jenis makanan yang satu ini menyimpan banyak nutrisi untuk menyehatkan tulang. Makan ini pun mengandung potasium dan magnesium yang juga mempunyai peran penting untuk menjaga kepadatan tulang. 

8. Tahu putih 

Bahan makanan ini kerap kali dimakan bersama tumisan dan sup ternyata bagus guna melindungi kesehatan tulang. Tahu putih mempunyai kandungan isoflavon dan kalsium. Dikatakan pada Research Gate, sifat estrogenik didalam isoflavon mempunyai efek menjadi antiosteoporosis sehingga bisa membantu menguatkan tulang. 

9. Walnut, flaxseed dan chia seed 

Ketiga jenis makanan ini menjadi sumber omega-3 yang sangat berguna untuk tulang. Berdasarkan riset, asam lemak omega-3 bisa mencegah hilangnya massa otot dan pengeroposan tulang selama masa penunaan nanti. 

10. Buah jeruk 

Kamu bisa mengkonsumsi buah jeruk sesudah makan, bukan hanya menjadi penyegar mulut saja, namun buah jeruk pun kaya akan vitamin C yang sudah terbukti bisa mencegah pengeroposan tulang. Di dalam satu buah jeruk mempunyai kandungan hingga 88 mg vitamin C. 

11. Kacang kedelai 

Kacang kedelai menjadi sumber vitamin yang sangat berguna untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Kandungan yang ada pada kedelai seperti vitamin B, vitamin D dan vitamin 3. Kandungan lainnya yang terdapat di susu kedelai seperti phytoestrogen dan isoflavon. 

12. Roti 

Roti mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga dapat menahan rasa lapar dengan waktu yang cukup lama. Tidak hanya mengandung karbohidrat saja, roti pun mengandung vitamin B1, B2, kalium dan zat besi yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. 

13. Telur 

Telur, khususnya kuning telur bisa menjadi makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang sebab mempunyai kandungan vitamin D yang tinggi. Di dalam 1 kuning telur diketahui terdapat 37 IU vitamin D dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin D harian sampai 5%.  

Tetapi, kadar vitamin D pada setiap kuning telur dapat berbeda-beda, tergantung dengan paparan sinar matahari pada indukan ayam dan vitamin D yang terkandung dalam pakan ayam. 

Saat diberikan pakan yang sama, ayam akan dibiarkan berkeliaran di bawah sinar matahari sehingga dapat menghasilkan telur yang mengandung vitamin D lebih tinggi 3 sampai 4 kali lipat daripada telur ayam yang hanya dibiarkan di dalam kandang. 

Tidak hanya itu, telur ayam yang diberi pakan tinggi akan vitamin D bisa mempunyai IU vitamin D sebanyak 6.000 untuk setiap kuning telurnya. Sehingga, telur dari ayam ternak yang diternak di luar kandang mempunyai kadar vitamin D yang sangat tinggi. 

Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Itulah rekomendasi jenis makanan yang baik untuk tulang dan harus kamu konsumsi setiap hari agar tulang mu selalu sehat dan tidak mengalami masalah pada tulang di kemudian hari.

Dapatkan makanan-makanan yang baik untuk tulang di atas hanya di Astro. Belanja semua kebutuhan harian di Astro, pengantaran cepat sampai dalam hitungan menit & pelayanan selama 24 jam penuh. Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store untuk dapatkan produk-produk berkualitas terbaik!

Arie Wahyu
Arie Wahyu