Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Kamu tentu saja sudah tidak asing dengan makanan yang mengandung kalsium. Makanan yang mempunyai kandungan kalsium tinggi yang cukup populer pada umumnya adalah susu.

Susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi maka, sangat baik untuk kebaikan tulang supaya tetap sehat. Namun, perlu diingat bahwa masih banyak makanan yang memiliki kandungan kalsium selain susu.

Memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya sangatlah penting demi menjaga kesehatan tubuh kamu. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan asupan nutrisi jumlah harian kalsium dan vitamin D. 

Mengkonsumsi makanan yang terdapat kandungan kalsium dan vitamin D sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan baik juga untuk orang dewasa. Karena, kalsium adalah salah satu dari kandungan mineral yang tugasnya untuk menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan yang sehat. Bahkan, dengan mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, kamu sudah berupaya dalam pencegahan penyakit osteoporosis.

Mineral kalsium tersebut, ditugaskan untuk proses membentuk tulang, fungsi terhadap kinerja otot, seluler atau sel serta sistem saraf. Namun, ada juga sebagian orang yang sayangnya memiliki alergi pada laktosa.

Solusinya adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian supaya tubuh tidak mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D. Sebab, apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin D dan kalsium maka, akan menimbulkan penyakit khususnya pada tulang.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Makanan Sumber Kalsium dan Vitamin D

Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang bisa kamu dapatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kalsium dan vitamin D kamu. Ada apa saja, simak yuk!

1. Ikan Laut : Ikan Sarden

Ikan laut yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Perlu diingat bahwa tulang pada ikan sarden tersebut justru yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Tentu saja dengan hasil olahan yang baik supaya tulang ikan sarden lunak maka kamu tidak akan susah untuk mengkonsumsinya.

Pada umumnya, kamu akan mudah menemukan ikan sarden dalam kemasan kaleng. Pada 100 gram ikan sarden dalam kaleng yang kamu konsumsi maka kamu sama saja sudah memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 35%. 

2. Ikan Teri

Perlu diketahui, bahwa tulang pada ikan teri juga memiliki kandungan kalsium yang baik dan kandungan kalsium yang tinggi. Maka dari itu, akan lebih aman jika kamu mengolah ikan teri dan memakan bagian tulangnya juga, sebab kandungan kalsiumnya akan bantu kamu dalam memenuhi kebutuhan kalsium atau asupan kalsium harian.

3. Brokoli

Tentu saja kamu tidak asing lagi dengan sayur hijau dengan banyak nutrisinya yang satu ini. Brokoli juga mempunyai kandungan kalsium. Jika kamu mengkonsumsi brokoli sebanyak 128 gram, itu artinya terdapat kurang lebih 60 kalsium pada brokoli tersebut. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Tinggi Kalsium kamu di ASTRO!

Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

4. Bayam

Sayuran hijau selanjutnya adalah bayam, yang bisa jadi salah satu sumber makanan dengan kandungan kalsium terbaik bagi kesehatan tulang kamu. Untuk setiap takaran bayam sebesar setengah gelas itu sama dengan 125 ml yang artinya ada 130 miligram kandungan kalsium di dalamnya.

Bayam juga kaya akan mineral, vitamin A, vitamin C dan zat besi.

5. Susu

Terdapat susu sapi dan juga susu kambing yang sama-sama mempunyai kandungan kalsium yang paling baik dalam setiap olahan susu. Untuk setiap setidaknya satu gelas susu sapi saja, artinya ada 275 miligram sampai dengan 350 miligram kalsium di dalamnya. 

Kemudian untuk kandungan kalsium pada setiap satu gelas susu kambing, diketahui ada kandungan kalsium sebesar 330 mg.

Pada total keseluruhan kalsium tersebut artinya kamu sudah memenuhi asupan jumlah kalsium harian kurang lebih 27% sampai dengan 35%. Bahkan kandungan pada susu tidak hanya kalsium saja tetapi kamu bisa juga mendapatkan kandungan vitamin D, vitamin A, dan ada kandungan protein.

6. Jamur

Jamur diketahui dapat menghasilkan vitamin D apabila jamur tersebut mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Maka dikatakan bahwa jamur tiram yang mempunyai kandungan vitamin D dapat kamu pilih sebagai pilihan menu untuk dikonsumsi. Khususnya bagi kamu yang memang seorang vegetarian.

Demikian makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang kamu supaya tetap terjaga kesehatannya. Menjaga pola makan yang baik dan rutin adalah pola hidup yang sehat dan baik.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium dan Vitamin D Tinggi kamu, bisa langsung belanja di Astro yang akan selalu siap melayani pemesanan selama 24 jam. Selain itu, bisa juga download aplikasi Astro di Google Play Store dan App Store agar lebih mudah dalam mengaksesnya. Astro akan membantu segala kebutuhan pangan yang masih segar dan terjamin kualitasnya, harganya juga terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat sampai tujuan.

Arie Wahyu
Arie Wahyu