Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Nama lain dari Vitamin D3 adalah cholecalciferol yang merupakan suplemen tambahan sebagai pencegahan serta solusi terhadap kurangnya vitamin D. Perlu diingat bahwa vitamin D3 punya tugas yang sangat penting dalam proses menyerap kalsium dan menyerap fosfor pada tubuh kamu.

Vitamin D dikenal dengan manfaatnya yang mampu jaga tulang kamu agar tetap sehat dan prima. Selain itu, manfaat yang bisa didapatkan pada vitamin D3 adalah bantu menunjang kinerja imun tubuh supaya tidak mudah terserang beberapa penyakit, infeksi dan infeksi pada saluran pernafasan.

Perlu diketahui bahwa vitamin D dibagi jadi dua tipe yakni vitamin D2 (pada bahan makanan nabati : jamur) dan vitamin D3 (dibentuk alami saat kulit sedang terpapar oleh sinar matahari secara langsung).  

Kamu bisa menemukan salah satu bentuk dari vitamin D yang ada yakni vitamin D3 yang ada pada jenis-jenis makanan yang mudah didapatkan. 

Jenis Makanan yang Mempunyai Kandungan Vitamin D3 

Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin D3 yang mudah didapatkan. Penasaran ada apa saja, simak yuk!

1. Hati Sapi

Dalam hati sapi terdapat beberapa kandungan selain D3 yakni ada kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin D dan vitamin E, zat besi, zinc, protein, magnesium dan ada juga kandungan selenium.

Namun, meskipun dengan adanya kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, mengkonsumsi hati sapi pada jumlah takaran yang berlebihan hanya akan membuat kamu mudah meningkatkan kadar kolesterol saja. 

Apabila sampai memiliki kadar kolesterol tinggi maka hanya akan menyebabkan plak yang mulai tertimbun pada dinding di pembuluh darah. Hal itu yang akan membuat dinding arteri menyempit, oleh sebab itu, akan mudah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

2. Telur Bagian Kuningnya

Telur juga memiliki kandungan sumber nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Protein akan banyak kamu temukan di dalam telur pada bagian putihnya. Sedangkan pada bagian kuning telurnya kamu akan menemukan kandungan lemak, dan vitamin serta mineral.

Kandungan yang ada pada vitamin D cukup banyak, salah satunya adalah vitamin D atau D3. Kandungan pada dua telur ayam yang kamu olah menjadi makanan memiliki kandungan kurang lebih 88 IU. Itu artinya kamu sudah berhasil memenuhi kebutuhan nutrisi sebanyak 15% yang bersumber dari makanan olahan telur.

3. Keju

Salah satu bentuk olahan dari produk susu adalah keju. Keju memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi dalam keju bantu dalam kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga, serta mampu memberikan kesehatan pada saluran pencernaan kamu.

Selain memiliki kandungan vitamin D3, keju juga mempunyai kandungan nutrisi lainnya yakni, kalsium, zinc, fosfor, vitamin A dan vitamin B12, karbohidrat, lemak, dan ada juga kandungan protein. Bahkan keju pun juga mempunyai kandungan omega-3, asam amino sistein, dan antioksidan.

4. Yogurt

Yogurt dikenal dengan manfaatnya dalam menjaga daya tahan tubuh supaya kebal. Produk olahan dari susu yang satu ini, punya kandungan probiotik yang baik. Bahkan, produk yogurt juga baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan yang masih usia anak-anak.

Tidak hanya vitamin D3 saja dalam yogurt, terdapat banyak nutrisi lainnya yang bisa kamu temukan di dalam yogurt. Nutrisinya adalah vitamin B2, vitamin B12, vitamin D dan diantara yang lain ada juga kandungan mineral, fosfor, kalium dan ada juga magnesium.

5. Minyak Hati Ikan Kod

Kandungan vitamin D3 pada minyak hati ikan kod sebesar 450 IU pada setiap satu sendok teh. Itu artinya kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian sebesar 75% setiap harinya. Maka bisa dikatakan bahwa kandungan nutrisi pada minyak hati ikan kod cukup tinggi.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal dengan kandungan nutrisinya yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pada setiap 100 gram ikan salmon khususnya pada salmon atlantik yang sudah dibudidayakan saha diketahui mempunyai kandungan vitamin D3 sebesar 526 IU. Itu sama saja dengan kamu telah mampu memenuhi nutrisi harian pada jumlah kurang lebih 66%. Maka sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan salmon.

Proses membentuk vitamin D3 akan terbentuk pada tubuh ketika tubuh kamu sedang terpapar oleh sinar matahari di waktu pagi secara langsung, sebab paparan sinar matahari di siang hari kurang baik. Kemudian, khusus kamu yang memang masih kurang asupan vitamin D3 maka, kamu bisa juga menunjang vitamin D3 dengan mengkonsumsi suplemen tambahan.

Demikian beberapa hal mengenai makanan yang mengandung vitamin D3 tinggi yang mungkin saja jarang diketahui oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian sangatlah penting, terutama hal-hal yang menyangkut kesehatan kamu, dengan gizi yang seimbang maka kamu sudah bantu dalam menjalankan pola hidup yang sehat. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan apapun secara berlebihan atau jumlah yang banyak. Sebab, itu bisa juga menumbuhkan beberapa penyakit.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin D3 Tinggi kamu, seperti ikan, yogurt, serta keju, bisa langsung belanja di Astro. Astro menyediakan banyak pilihan makanan bernutrisi yang siap dipesan selama 24 jam penuh. Yuk, langsung pesan melalui aplikasi Astro yang bisa didownload di Google Play Store dan App Store!

Referensi:

Alendronate And Cholecalciferol (Oral Route)

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu