Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Tidak Mudah Lelah

Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Tidak Mudah Lelah

Menjalani aktivitas sehari-hari tanpa memiliki banyak waktu luang untuk beristirahat menyebabkan pikiran dan fisik kamu jadi kacau dan tidak tenang. Badan terasa lelah namun tidak mudah tertidur lelap. Justru hanya ada rasa kelelahan yang diakibatkan oleh kualitas tidur yang tidak baik seperti sebagaimana seharusnya.

Tidak sedikit dari adanya faktor yang menyebabkan kualitas tidur kamu jadi kurang baik. Bisa jadi itu datang dari faktor kesehatan kamu, atau sedang stres, suasana yang tidak nyaman saat tidur. Kendati demikian, faktor lain juga bisa saja datang dari makanan dan juga minuman yang kamu konsumsi.

Sebagai contoh, kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang di dalamnya terdapat kafein yang tidak sedikit, alkohol, serta makanan yang terlalu banyak kandungan gula tambahan.

Faktor lainnya juga bisa saja terjadi karena pengaruh penyakit tertentu, sudah terbiasa dengan kualitas tidur yang tidak benar, terbiasa mengkonsumsi obat tertentu.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Makanan dan Minuman yang Bantu Mengatasi Insomnia

Jika kualitas tidur sedang tidak baik atau insomnia, tentu akan ada efek samping yang dapat mengakibatkan tubuh kamu merasa kelelahan. Padahal, menjaga kualitas tidur itu adalah hal yang sangat penting. 

Kualitas tidur yang baik akan membuat kamu jadi memiliki mood yang bagus, emosi yang lebih terkendali, badan akan terasa segar, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya itu saja, kualitas tidur yang baik juga bisa meningkatkan stamina kamu agar pulih kembali.

Karena alasan itulah, tidak sedikit juga dari orang-orang yang mengalami insomnia yang memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur agar mudah terlelap. Sebenarnya, akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang alami untuk bantu mengatasi kualitas tidur kamu.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa bantu mengatasi kualitas tidur dan agar tidak mudah kelelahan, yaitu :

  1. Pisang
  2. Oatmeal
  3. Kiwi
  4. Kacang-kacangan
  5. Yogurt
  6. Teh kamomil
  7. Susu yang hangat
  8. Jagung
  9. Kefir (susu probiotik)
  10. Ikan
  11. Madu
  12. Nasi
  13. Bayam
  14. Kacang pistachio
  15. Cokelat hitam
  16. Oats bentuk bar
  17. Quinoa

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Peningkat Kualitas Tidur kamu di ASTRO!

Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Tidak Mudah Lelah

Baca Juga: Ini Cara Supaya Cepat Tidur Tanpa Obat, Dijamin Nyenyak

Tips Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Tidak Mudah Lelah

Selain mencoba solusinya dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa bantu kamu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih berkualitas. Tentu ada tips agar kamu bisa mengatasinya, sudah dijamin kamu tidak akan mudah kelelahan. Intip yuk!

  1. Pastikan waktu tidur kamu selalu dalam waktu yang sama untuk setiap harinya. Ini sama saja dengan melatih ritme tidur. Jika kamu sudah terbiasa dengan ritmenya, maka tubuh akan mudah dan otomatis merasa ngantuk dan ingin tidur di jam yang sama. Usahakan kamu tidur dalam waktu 7 sampai 8 jam setiap malamnya.
  2. Usahakan membuat aktivitas sebelum kamu tertidur. Aktivitas yang dimaksud yakni agar kamu mudah merasa ngantuk. Misalnya 30 menit sebelum tidur kamu harus membaca buku.
  3. Lingkungan kamar yang nyaman tentu akan membuat kamu semakin nyaman terlelap. Banyak orang yang tidak rajin merawat kamarnya sehingga ia tidak mudah tertidur. kamu bisa membersihkan kamar, matikan laptop, ponsel, televisi atau semacamnya sebelum tidur. Bisa juga dengan mematikan lampu kamar utama dan menyalakan lampu tidur agar mudah terlelap.
  4. Selanjutnya, jika kamu punya kebiasaan tidur siang sejenak di tengah aktivitas, usahakan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Sebab, jika sudah saatnya tidur malam hari, banyak yang akan jadi merasa susah untuk tertidur karena masih memiliki banyak energi. Hal ini juga bisa menjadi faktor menurunnya kualitas tidur malam kamu.
  5. Kemudian untuk tips yang terakhir, usahakan untuk tidak mengkonsumsi suatu makanan atau minuman tertentu sebelum waktunya tidur malam. Misalnya, makan berat yang pedas, makan dengan porsi yang tidak sedikit, minum air putih terlalu banyak. Justru hal-hal seperti itu yang nantinya membuat tidur kamu tidak nyenyak. kamu akan bangun di tengah malam dan akan susah untuk kembali tertidur. 

Tips yang sudah dijelaskan di atas, bisa bekerja dengan baik jika kamu rutin dan diimbangi dengan olahraga, menjaga pola hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat, dan pkamui mengendalikan stres kamu. Tambahan, usahakan saat sebelum tidur malam tidak merokok ataupun minum yang ada kandungan alkoholnya.

Demikian ulasan singkat tentang makanan untuk meningkatkan kualitas tidur yang wajib diketahui agar kamu bisa lebih mudah meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik juga bisa membuat pikiran kamu jadi lebih tenang dan fisik tidak akan mudah lelah.

Jika kamu membutuhkan segala macam bahan makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan kualitas tidur dan tidak mudah lelah, bisa pesan di Astro. Astro menyediakan layanan 24 jam non stop, barang kamu akan dikirim cepat kilat sampai tujuan. Pesan sekarang yuk!

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ternyata Manfaat Bangun di Pagi Hari Sangat Baik Untuk Tubuh

Arie Wahyu
Arie Wahyu