Jangan Remehkan, Ternyata Manfaat Bangun di Pagi Hari Sangat Baik Untuk Tubuh

Jangan Remehkan, Ternyata Manfaat Bangun di Pagi Hari Sangat Baik Untuk Tubuh

Manfaat bagun di pagi hari dapat menjadikan pikiran lebih tenang dan kamu juga tidak terburu-buru dikejar waktu. Bangun pagi pun dapat memberikan waktu lebih banyak untuk kamu berpikir. Oleh karena itu, sangat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bangun pada pagi hari. 

Istilah “jangan bangun terlalu siang, takut rezeki dipatok ayam” seperti tidak salah untuk kamu ikuti. Tidak hanya mengenai rezeki, bangun lebih pagi pun nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya kesehatan fisik saja, manfaat bangun di pagi hari pun berlaku untuk kesehatan mental. 

Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan bangun lebih pagi? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Berbagai Manfaat Bangun di Pagi Hari 

Memang tidak semua orang dapat bangun pada pagi hari dengan mudah. Tetapi, sesudah melihat manfaat dari bangun pagi berikut ini tentunya kamu tidak ingin melewatkannya. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat dari bangun pagi. 

1. Membantu memiliki pola makan sehat 

Jika kamu bisa bangun lebih pagi, maka kamu mempunyai waktu untuk sarapan dan juga membuat makanan yang lebih sehat. Sedangkan, bila kamu bangun terlalu siang, biasanya akan terburu-buru dan tidak mempunyai waktu untuk memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat. 

Tidak sarapan dapat menjadikan kamu lebih tergoda untuk banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat pada siang hari. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu bisa bangun lebih pagi lagi agar bisa sarapan dengan makanan yang sehat. 

2. Bagus untuk kesehatan kulit 

Keutamaan dari bangun pagi yaitu kualitas tidur yang sangat terjaga. Dengan tidur yang cukup ini membuat kamu bisa mempunyai kulit yang lebih sehat. Tidak hanya itu, bangun pada pagi hari juga dapat memberikan kamu waktu yang banyak untuk melakukan berbagai perawatan yang bagus untuk kulit wajah. 

Misalnya sebelum berangkat ke kantor atau kuliah, kamu bisa menggunakan masker muka terlebih dahulu, lalu sesudah itu kamu bisa lanjutkan dengan memakai toner, serum dan sunscreen. Tentunya hal ini juga membuat kulit mu bisa lebih terawat dengan baik lagi. 

3. Buat anak menjadi sangat aktif

Ada salah satu penelitian yang dilakukan pada 204 anak dengan usia 12-40 bulan membuktikan jika anak yang bangun pagi, sangat aktif secara fisik daripada anak yang bangun pada siang hari. Kurangnya melakukan kegiatan fisik, dapat menjadi dampak buruk pada kesehatan fisik dan juga mental anak. 

4. Mudah untuk berkonsentrasi

Memulai hari dengan bangun lebih pagi dapat meningkatkan konsentrasi. Kamu jadi mempunyai lebih banyak waktu untuk fokus dengan tujuan dan list pekerjaan pada hari itu, tanpa terganggu dengan orang yang ada di rumah atau teman-teman yang ada di kantor mu. 

Selain itu, kamu juga memiliki lebih banyak waktu guna menyesuaikan diri sebelum kamu memulai pekerjaan. Hal tersebut bisa menjadikan kamu lebih peka akan situasi, khususnya pada jam-jam sibuk. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

5. Memiliki banyak waktu untuk olahraga 

Dengan kamu bangun di pagi hari, kamu bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan olahraga pada pagi hari. Rajin berolahraga di pagi hari bisa membuat kamu lebih segar dan energik sepanjang hari. 

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu hanya perlu jogging ringan di sekitar komplek saja selama 20-30 menit setiap hari. Pastinya kamu akan mendapatkan manfaat seperti badan lebih sehat, tidak mudah lelah dan lebih mudah berkonsentrasi. 

6. Bangun pagi dapat meningkatkan prestasi 

Bangun pada pagi hari pun dianggap bisa membantu meningkatkan prestasi dalam bidang akademis. Dalam sebuah riset yang dilakukan ke beberapa mahasiswa di Amerika Serikat, rata-rata indeks prestasi atau IP mahasiswa yang selalu bangun pagi, terbukti lebih tinggi daripada mahasiswa yang selalu begadang dan sering bangun siang. 

Para peneliti meyakini, hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kebiasaan yang telah dilakukan oleh kedua kelompok mahasiswa ini. Mahasiswa yang bisa bangun pagi, bisa masuk ke dalam kelas dengan tepat waktu dan mengikuti pelajaran dengan baik. 

Sedangkan, mahasiswa yang sering begadang karena melakukan kegiatan lain, mengalami penurunan keinginan untuk belajar dan juga konsentrasinya mudah hilang. 

7. Produktivitas meningkat 

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bila orang-orang yang sangat sukses di dunia ini merupakan mereka yang rajin bangun pada pagi hari. Ketika kamu bangun lebih pagi dibandingkan orang lain, kamu mempunyai waktu yang banyak untuk melakukan berbagai tugas penting tanpa adanya interupsi. 

Otak kamu juga bisa lebih fokus jika dipakai ketika pagi hari. Keputusan yang kamu buat ketika pagi hari umumnya lebih baik karena otakmu bisa berpikir dengan jernih dan keputusan mu juga menjadi masuk akal. 

8. Meningkatkan kualitas tidur 

Manfaat dari bangun pagi yang terakhir yaitu kualitas tidurmu bisa meningkat dengan baik jika bangun pagi. Hal tersebut dikarenakan orang yang bisa bangun pagi ini umumnya mempunyai jam tidur yang teratur. Hal ini menjadikan siklus biologis pada tubuh bisa berjalan dengan lancar, sehingga waktu istirahat dapat kamu maksimalkan dengan baik. 

Baca Juga: Cara Cepat Tidur Nyenyak Agar Tubuh Sehat 

Nah, saat ini kamu menjadi tahu semua manfaat bangun di pagi hari karena membaca ulasan di atas. Semoga dengan melihat ulasan ini, kamu bisa tidur dengan cepat agar bisa bangun lebih pagi untuk mendapatkan segudang manfaat dari bangun di pagi hari ini.

Selain itu, penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Untuk kamu yang mau coba gaya hidup sehat, kamu bisa andalkan Astro untuk mulai penuhi kebutuhan makanan sehat secara praktis. Cukup pesan lewat aplikasi Astro, semua pesanan kamu akan diantar dalam waktu singkat. Yuk, coba aplikasi Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu