Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan gunakan untuk merawat kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tidak hanya itu, rajin berolahraga pun dianggap bagus guna meningkatkan kualitas tidur. Lalu, kira-kira kapan waktu terbaik untuk berolahraga supaya manfaat olahraga dapat dirasakan dengan maksimal?

Ternyata olahraga sebelum tidur dapat kamu lakukan asalkan kamu berlatih memakai beberapa gerakan ringan. Hal ini dapat membantu kamu untuk meredakan stres, kecemasan dan menjadikan tubuh lebih rilek. Selain itu, ada banyak manfaat olahraga sebelum tidur yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Segudang Khasiat Olahraga Sebelum Tidur 

Secara umum, olahraga sebelum tidur sangat baik dibandingkan kamu tidak melakukan olahraga sama sekali. Setidaknya, kamu dianjurkan berolahraga selama 30 menit per harinya guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada sejumlah manfaat olahraga sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan, diantaranya yaitu: 

1. Kualitas tidur menjadi meningkat 

Ada yang menganggap jika olahraga malam dapat mengakibatkan kamu sulit tidur atau mengurangi kualitas tidur. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Beberapa penelitian menyatakan jika olahraga malam dapat menjadikan tidurmu lebih nyenyak dan kamu memiliki kualitas tidur yang lebih baik. 

Hal ini sebab olahraga malam dapat membuat kamu merasa kelelahan, sehingga sangat mudah untuk terlelap dan tidak akan terbangun pada tengah malam. 

2. Membuat pikiran lebih jernih 

Sama seperti olahraga pagi, olahraga malam pun dapat menjernihkan pikiran, khususnya sesudah kamu lelah beraktivitas atau bekerja seharian. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh bisa memproduksi endorfin yang dapat menurunkan stres dan memperbaiki suasana hati sehingga kamu dapat berpikir dengan lebih jernih. 

3. Membangun performa olahraga 

Berdasarkan sebuah studi, olahraga sebelum tidur dapat membangun performa ketika melakukan kegiatan fisik jika dibandingkan olahraga pagi. Ini sebab metabolisme dan paru-paru tubuh bekerja dengan sangat baik di malam hari. 

Selain itu, otot tubuh yang sudah lelah sesudah berkegiatan seharian bisa menjadi lebih fleksibel dan rileks. Dengan demikian, risiko kamu mengalami kram atau cedera semakin kecil ketika melakukan olahraga sebelum tidur. 

Baca Juga: Ini Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

Jenis Olahraga yang Dapat Dicoba Sebelum Tidur 

Ada baiknya kamu mengetahui berbagai jenis olahraga yang dapat dicoba sebelum tubuh. Dengan demikian, kamu dapat merasakan khasiatnya dengan baik. Di bawah ini jenis olahraga yang dapat kamu lakukan: 

1. Yoga 

Tidak hanya bisa meningkatkan kekuatan tubuh, dengan melakukan yoga di malam hari pun dapat membantu kamu mengurangi kecemasan dan stres. Hal ini menjadikan kamu lebih rileks sehingga bisa tidur lebih mudah di malam hari. 

Metode pemanasan yang dilakukan ketika yoga juga dapat membuat jantung mu lebih sehat. Ini dapat mempengaruhi kualitas tidur mu sehingga kamu tidak mudah terbangun saat sedang tidur. 

2. Jalan santai 

Tidak ada salahnya untuk melakukan jalan santai saat pulang kerja dengan teman jika rumahmu dekat dari kantor. Tidak hanya menjadikan otot dan tubuhmu semakin kuat, jalan santai pun dapat membantu kamu untuk memperoleh tidur yang semakin berkualitas. 

Olahraga ini dapat membantumu menurunkan stres sehingga istirahat pada malam hari menjadi sangat tenang. Kamu dapat jalan santai sekitar 30 menit dengan intensitas ringan. Lakukan aktivitas ini sebanyak 3 kali dalam satu minggu. 

3. Stretching

Saat kamu mengalami stres yang berlebihan, hal ini menjadikan otot di tubuh mu sangat tegang. Ada baiknya melakukan stretching supaya tubuhmu menjadi jauh lebih rileks sehingga tidak akan mengganggu tidurmu. 

Bukan hanya membuat tubuh lebih rileks saja, stretching juga dapat menjadikan pikiran lebih tenang. Ketika stretching, pakailah teknik pernapasan yang benar supaya pikiran menjadi lebih tenang. 

Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Sebelum Tidur 

Walaupun mempunyai dampak yang bagus untuk kesehatan, olahraga di malam hari yang berdekatan dengan waktu tidur dapat menyebabkan kamu sulit tidur. Keadaan ini disebabkan dari metabolisme dan suhu tubuh yang meningkat sesudah berolahraga, sehingga menjadikan kamu tetap terjaga. 

Oleh sebab itu, kamu tidak dianjurkan untuk berolahraga 1 jam sebelum kamu tidur. Tidak hanya itu, menentukan jenis olahraga juga sangat penting. Kamu disarankan untuk tidak berolahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi, seperti senam zumba, yang dapat meningkatkan suhu dalam tubuh. 

Supaya kualitas tidurmu tidak terganggu sesudah berolahraga, kamu juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein sebelum tidur serta makan malam dalam porsi yang kecil untuk meminimalkan terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Sehingga, olahraga sebelum tidur sebetulnya menyehatkan dan aman untuk dilakukan, tidak layaknya mitos olahraga yang selama ini beredar. Tetapi, kamu harus memperhatikan waktu, durasi dan jenis olahraga yang perlu dilakukan sehingga tidak membuat jam tidurmu terganggu. 
Demikianlah, segudang manfaat olahraga sebelum tidur yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan adanya ulasan di atas, kamu tidak cemas lagi untuk melakukan olahraga di malam hari. Selamat mencoba!

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu