Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Tidak hanya baik untuk jantung serta pernafasan, ternyata olahraga kardio juga bisa memperbaiki kualitas tidur, mengurangi stress dan memperbaiki kekuatan tulang. Jenis-jenis dari olahraga kardio sendiri juga sebenarnya sangatlah beragam kamu tidak perlu melakukannya dengan mendatangi tempat gym, tapi dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Jenis dari Olahraga Kardio

Sebenarnya untuk melakukan olahraga kardio kamu tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Sebab tanpa alat-alat khusus pun olahraga kardio dapat dilakukan secara mudah di mana saja baik di rumah ataupun area umum.

Lalu apa saja olahraga kardio yang bisa dilakukan secara sederhana, berikut adalah pilihannya:

1. Burpee

Merupakan satu dari sekian banyak jenis kardio yang bisa kamu lakukan ketika berada di rumah. Jenis olahraga ini dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak untuk gerakannya sendiri hanya harus melakukan squat, plank, kemudian lompat ke depan dan belakang, hingga berdiri kemudian duduk.

2. Lompat tali

Olahraga kardio selanjutnya adalah lompat tali atau yang dikenal dengan skipping. Kamu hanya harus memiliki skippingnya atau tali berukuran panjang yang dapat dibeli di toko peralatan olahraga. Lakukanlah lompat tali ini sebanyak yang kamu sanggup.

3. Jumping jacks

Untuk gerakan jumping jack ini tidak terlalu sulit sekalipun untuk para pemula. Kamu hanya harus berdiri dengan membuka kaki sejajar bahu, kemudian lompat sambil menepuk tangan ke atas kepala. Lakukanlah gerakan ini sekitar 10 kali atau semampu kamu.

4. Squat jump

Gerakan berikut dapat melatih bagian otot khususnya kaki. Kamu hanya harus melakukan gerakan sederhana, yaitu berdiri dan posisikan kaki terbuka sejajar dengan bahu. Kemudian taruh tangan di belakang kepala atau di depan dada, selanjutnya kamu melakukan gerakan ½ jongkok dengan sedikit melompat.

5. Jalan di tempat

Jalan di tempat merupakan salah satu olahraga yang paling banyak direkomendasikan apalagi jika kamu adalah seseorang yang tidak terlalu telat dan melakukan olahraga. Kamu dapat mengkombinasikan beberapa gerakan seperti lompat tali, burpee dan beberapa gerakan lainnya. Lakukanlah olahraga ini setidaknya 20-30 menit tiap hari.

6. Trunk rotation

Gerakan ini merupakan jenis olahraga kardio dimana berkontraksi pada bagian otot perut. Kamu dapat menggunakan beberapa alat, seperti bola, kettlebell dan lainnya. Atau bisa juga menggunakan peralatan rumah tangga yang serupa.

Gerakannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengangkat beban tersebut setinggi dada, kemudian putarlah tubuhmu ke kiri dan kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 10-15 kali tiap sisinya.

7. Screamer lunges

Screamer lunges, merupakan gerakan yang bisa membantu kamu untuk memperkuat otot kaki serta melatih jantung. Cara melakukannya adalah dengan berdiri dan buka kaki selebar pinggul, kemudian rentangkan kaki kanan ke posisi lunge.

Selanjutnya adalah dengan mendorong kaki sebelah kanan supaya mengangkat lutut bagian kanan setinggi pinggul. Kamu dapat melakukannya sambil melompat atau jika memiliki bobot tubuh terlebih hanya lakukan yang sederhana tanpa harus lompat.

8. Diagonal jump

Olahraga ini adalah salah satu jenis yang dapat melatih kinerja jantung setiap kali kamu melakukan lompatan. Silakan memposisikan diri seperti akan lunge, dengan kedua lutut yang ditekuk 90 derajat. Kemudian putar tubuh kamu ke kanan dan ke kiri.

Lakukan ini secara bergantian dalam beberapa kali hitungan. Jangan lupa untuk mengencangkan otot, mengayunkan lengan, serta menarik bahu. Hati-hatilah ketika kamu mendarat setelah lompat supaya tidak mengalami cedera.

9. Mountain climbers

Olahraga kardio yang terakhir adalah mountain climber hal ini merupakan gerakan yang seolah-olah kamu sedang mendaki gunung. Posisikan dirimu seperti akan melakukan gerakan plank, kemudian gerakan secara bergantian kaki kanan dan kiri seolah-olah kamu merangkak.

Untuk gerakan-gerakan olahraga kardio di atas apabila kamu bingung maka bisa mencari referensinya melalui channel YouTube atau mencarinya di mesin pencari Google.

Tips untuk Memperoleh Hasil Latihan yang Maksimal

Jika tadi kamu telah mengetahui apa saja olahraga kardio, Maka selanjutnya tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips berikut supaya olahraga menjadi lebih maksimal:

  • Pertama adalah dengan melakukan pemanasan, mulailah setiap sesinya dengan gerakan ringan antara 5-10 menit. Hal ini wajib untuk kamu lakukan supaya tidak mengalami cedera.
  • Kedua ketika melakukan gerakan-gerakan olahraga kardio, ada baiknya tidak langsung berhenti. Kamu dapat memperlambat gerakan di menit-menit terakhir.
  • Buatlah target setidaknya 150 menit untuk satu minggu ketika melakukan olahraga kardio.
  • Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan meminum air mineral selama proses olahraga berlangsung.
  • Apabila tubuh sudah mulai lelah, maka ada baiknya berhenti.Ini supaya jantung tidak bekerja terlalu berat.
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk melakukan pendinginan dan meregangkan otot.

Demikianlah informasi mengenai jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan tanpa menggunakan peralatan. Pastikan bila kamu melakukan olahraga sesuai dengan kapasitasmu, jangan memaksakan diri dan lakukan kegiatan tersebut secara perlahan.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu