Ini Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

Sudah dibuktikan dengan banyaknya penelitian, jika lari memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga mental. Dengan rutin melakukan lari, juga bisa membuat kamu berumur panjang.

Karena itu, bila kamu memang tidak terlalu menyukai kegiatan olahraga yang berat atau angkat beban. Makan lari adalah pilihan yang tepat, apalagi aktivitas ini tidak membutuhkan alat apapun. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu setidaknya 30-1 jam setiap harinya, baik pagi atau sore hari.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Berbagai manfaat lari bagi kesehatan tubuh

Dibawah ini adalah beberapa manfaat olahraga lari yang harus kamu ketahui. Sebab manfaatnya tidak hanya untuk fisik saja, tetapi juga mental.

1. Dapat menurunkan berat badan

Manfaat olahraga lari yang pertama adalah untuk menjaga berat badan dan menurunkannya, karena memang aktivitas ini dapat membakar lemak secara cepat. Lakukanlah setidaknya 1 jam setiap harinya, bisa di pagi atau siang hari.

Ketika berlari, kamu tidak harus melakukannya dengan cepat. Tetapi lari pelan-pelan saja dan sesuaikan dengan kemampuan. Selain itu, supaya berat tubuh tetap ideal kamu juga harus menjaga pola makan. Jangan makan berlebihan setelah berolahraga, karena akan menjadi sia-sia.

2. Memperbaiki kinerja jantung

Seperti yang kita ketahui, jika berlari termasuk olahraga kardio yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya kardiovaskular dan jantung. Ketika berlari, pembuluh darah dan jantung nantikan akan memompa O2 atau oksigen bersamaan dengan darah keseluruh tubuh.

Ketika sirkulasi darah dalam tubuh bekerja dengan lancar, tentu akan dapat membantu untuk mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang tentunya akan menyehatkan jantung, disaat semua organ tersebut sehat pastinya resiko terkena penyakit kronis akan berkurang.

3. Membuat tulang dan otot lebih kuat

Dengan berlari, dapat membuat fungsi otot dan tulang menjadi lebih kuat, khususnya bagian kaki. Karena ketika otot-otot kaki terlatih dengan baik, akan membuatnya lebih fleksibel. Ini berarti, ketika kamu berlari tidak akan menjadi beban dan jauh lebih ringan.

Kemudian, tulangmu juga tidak akan mengalami cedera dan dapat merangsang regenerasi pada tulang baru. Dengan demikian bisa mengurangi resiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Tetapi pastikan, sebelum kamu berlari haruslah terlebih dahulu melakukan pemanasan. Ini adalah cara untuk menghindari terjadinya cedera, sebab ketika kamu tidak melakukan warming up, bisa saja terkena radang sendi dan ini membuat tulang rawan menjadi rusak.

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Tahukah kamu bila rutin berolahraga lari, setidaknya satu minggu sekali dapat mencegah beberapa penyakit kronis, salah satunya kanker. Bahkan perbandingannya 23% banding 27%, dimana mereka yang malas berolahraga sekalipun melakukan lagi akan lebih mudah terserang penyakit berbahaya seperti kanker.

Bahkan, ada peneliti yang menyarankan supaya kamu berlari setidaknya 1 jam per hari atau setidaknya lakukanlah 1 minggu sekali. Kamu dapat menyesuaikan waktunya, bisa pagi atau sore bahkan malam hari. Selain itu, menurut para ahli untuk para wanita yang rajin berjogging. 

Mempunyai resiko yang rendah terkena penyakit kanker payudara. Namun, semua itu tetap harus diseimbangkan dengan pola makan yang sehat. Kamu tidak boleh makan sembarangan, bila hobi makan-makanan cepat saji atau goreng-gorengan, sebaiknya dikurangi atau tidak sama sekali.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

5. Membantu mencegah terjadinya penyakit kronis

Melakukan olahraga lari memang bukanlah obat yang bisa menyembuhkan penyakit. Tetapi kamu harus tahu, bahwa dengan rutin menjalani aktivitas tersebut akan mencegah terjadinya penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya stroke dan serangan jantung.

Bagi para penderita hipertensi dan diabetes, sangat disarankan untuk melakukan olahraga lari. Karena, dengan rutin berjogging dapat membuat sistem imun tubuh meningkat. Tentu dengan demikian artinya kesehatan tubuhmu akan terjamin.

6. Meningkatkan kinerja fungsi otak

Semakin bertambah usia, memang dapat membuat kinerja otak baik mengingat ataupun berpikir menjadi menurun. Dimana penurunan fungsi tersebut membuat kamu lama-lama mengalami pikun atau bukannya tidak mungkin terkena demensia atau alzheimer.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, maka rutinlah melakukan olahraga secara rutin. Salah satunya dengan berlari, terkhusus bagi para lansia. Sebab ternyata bila berolahraga lari secara rutin dapat membuat seseorang lebih fokus dan ketajaman ingatan menjadi meningkat.

7. Memperbaiki mood

Setiap olahraga yang dilakukan tentunya dapat membuat kamu merasakan bahagia, termasuk dalam menjalankan aktivitas lari. Ada istilah yang dikenal dengan runner’s high. Kemudian, dengan rutin berolahraga lari, mereka yang mengalami depresi juga bisa lebih rileks.

Sebab, berlari dapat merangsang tubuh memproduksi hormon endocannabinoid secara alami. Hormon inilah yang bisa membuat hati seseorang merasa senang, bahkan dikatakan pula jika keberadaan hormon tersebut sama dengan rangsangan ketika mengkonsumsi ganja/ cannabis.Nah, itulah tadi beberapa manfaat olahraga lari yang harus kamu ketahui. Walaupun terkesan sederhana, namun nyatanya mempunyai banyak hal positif apabila kamu lakukan secara rutin. Tidak hanya kesehatan fisik dan organ tubuh, tetapi juga mental.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu